PUBLICATIONS
Peran Teknologi LiDAR Dalam Manajemen Kebun Kelapa Sawit Recents
Rabu, 07 Agustus 2016 by Listyo Fitri

Teknologi LiDAR untuk pemetaan belum terlalu populer di kalangan komunitas kelapa sawit Indonesia. Selain karena memang terbilang baru, juga karena banyak komunitas perkebunan yang belum begitu mengenal peta. Padahal di bidang pertambangan, posisi LiDAR bisa dibilang sangat berperan. Sertifikat JORC (Joint Ore Reserves Committee) dalam dunia pertambangan menyaratkan untuk menggunakan teknologi LiDAR dalam proses pemetaan di area IUP mereka. Sertifikat JORC ini selanjutnya berlaku bankable. Sehingga pemegang IUP, baik kecil maupun besar harus melakukan pemetaan dan spesifik menggunakan teknologi LiDAR.

 

Secara garis besar di bidang perkebunan, teknologi LiDAR bisa membantu mulai dari manajemen perencanaan pembuatan kebun sampai dengan manajemen kebun yang telah tertanami. Dalam manajemen pembuatan kebun, LiDAR bisa masuk sampai ke tahap Feasibility Study (FS) dengan memberikan peta topografi sampai dengan skala 1:2000 dan 1:1000. Dalam tulisan ini akan difokuskan pada pembahasan penggunaan teknologi LiDAR untuk membantu manajemen kebun yang telah tertanami.

Peran Teknologi LiDAR Dalam Manajemen Kebun Kelapa Sawit Manajemen Sumberdaya Alam Lewat Foto Multispectral
Archieves 2016

Read More...

Manajemen Sumberdaya Alam Lewat Foto Multispectral
Kamis, 08 September 2016

Para penggelut bidang fotogrametri, pasti tidak asing lagi dengan kamera udara dari Leica, RC30. Si hijau besar ini telah banyak digunakan untuk pemotretan udara di Indonesia, bahkan sampai dengan beberapa tahun terakhir. Kamera tangguh dengan kualitas bagus. Hanya saja media film dengan ukuran besar 23 cm x 23 cm telah lama ditinggalkan, dan susah didapat di pasaran. Sulitnya mendapatkan film format besar, menjadi kendala bagi pengguna kamera RC30 untuk pekerjaan pemetaan udara saat ini.

Leica kemudian mengembangkan format baru dari RC30, yaitu RCD30. RC(Digital)30, dengan menggunakan digital back untuk penyimpanannya, bukan lagi film ukuran besar. RCD30 hanya sekitar 30 cm untuk tingginya, jauh lebih kecil dibandingkan dengan RC30 yang membutuhkan  1 mobil sendiri untuk mengangkutnya. Di tulisan ini, tidak akan dibahas detil tentang spesifikasi teknis dari RCD30.  Tetapi akan difokuskan pada kemampuan RCD30 untuk mendapatkan foto udara multispectral berikut aplikasinya.

 

Read More...

LiDAR and Digital Photogrammetry
@ Copyright 2016 . All Right Reserved PT ASI Pudjiastuti Geosurvey