geosurvey.co.id – Inilah 20 Soal Tes Kelayakan Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPG) Tahun 2024.
Soal UKPPPG 2024 beserta kunci jawaban sebagai bahan latihan atau ujian bagi pengajar ke rumah.
Soal UKPPPG 2024 meliputi tes Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Situational Judgment Test (SJT).
Soal UKPPG 2024 diperuntukkan bagi guru yang sedang mengikuti PPG Daljab 2024 dan PPG Guru Tertentu.
Setelah selesai belajar mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM), guru peserta PPG akan mengikuti UKPPG.
Untuk mencapai nilai yang memuaskan, guru dapat berlatih mengerjakan soal-soal pada UKPPPG 2024.
Dikutip dari berbagai sumber, berikut contoh 20 soal UKPPPG 2024 beserta kunci jawaban sebagai bahan latihan di rumah beserta materi SJT dan PCK: Soal UKPPPG 2024 Materi PCK
1. Pak Ranu adalah seorang guru matematika SMP di daerah pesisir yang ingin merancang bahan ajar data dan penyajian data. Kegiatan apa yang mencerminkan pembelajaran berbasis proyek untuk konten ini? Pilihlah jawaban yang benar! Lebih dari satu jawaban yang benar.
A. Siswa (dalam kelompok) menganalisis hasilnya. B. Siswa (secara berkelompok) mengidentifikasi beberapa peralatan penangkapan ikan di sekitar rumah.C. Siswa akan menguji pengetahuannya tentang data dan penyajiannya.D. Siswa menyajikan data dalam diagram batang. Siswa bekerja berpasangan untuk menjawab pertanyaan guru. Jawaban: A. Siswa (dalam kelompok) menganalisis temuannya. B. Siswa (secara berkelompok) mengidentifikasi beberapa peralatan penangkapan ikan di sekitar rumah.C. Siswa akan menguji pengetahuannya tentang data dan penyajiannya.D. Siswa menyajikan data dalam diagram batang.
2. Seorang guru sedang mengajarkan keterampilan menulis teks deskriptif kepada siswa Tahap B. Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu menulis teks deskriptif dengan menggabungkan informasi deskriptif dan akurat tentang topik yang berbeda ke dalam kalimat yang berbeda. Untuk mendapatkan gambaran, guru bertanya kepada siswa tentang tempat-tempat umum yang pernah mereka kunjungi. Guru memutar video penjelasan stasiun. Terjadi percakapan antara siswa dan guru di stasiun. Setelah itu, siswa mengamati gambar-gambar berbagai tempat umum yang ditunjukkan oleh guru. Siswa diminta memilih salah satu tempat umum. Siswa menulis kosa kata tentang tempat umum yang dipilih. Guru mendampingi siswa dalam mengeksplorasi kosakata tentang ruang publik yang dipilih.
Setelah menulis kosakata, kegiatan selanjutnya untuk siswa…
A. Menyajikan kosakata di depan kelas agar diketahui siswa lain B. Mendiskusikan kosakata berbagai topik tempat umum secara berkelompok C. Membuat laporan daftar kosakata tempat umum pilihan RD. Mengembangkan kosakata menjadi paragraf deskriptif dan penjelasan yang sesuai. E. Menghafal kosakata yang berkaitan dengan tempat umum yang dipilih. Jawaban : D. Mengembangkan kosa kata dalam paragraf deskriptif yang deskriptif dan tepat.
3. Tujuan pembelajaran dirumuskan sebagai berikut “Mencari hubungan sisi-sisi segitiga siku-siku”. Jika luas suatu persegi dipelajari, maka media pengajaran yang paling tepat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah…
A. Slide presentasi yang memperlihatkan panjang dan luas segitiga siku-siku. Papan dipaku dan karet untuk membuat model segitiga siku-siku. Flipchart yang berisi panjang seluruh sisi segitiga dan tabel luas segitiga. Penyajian berbagai bentuk termasuk ukuran segitiga siku-siku E. Model segitiga siku-siku dengan panjang sisi 3 satuan, 4 satuan, dan 5 satuan Jawaban: B. Papan yang diberi paku dan karet untuk membuat model segitiga siku-siku
4. Banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan tempat anda tinggal. Untuk melatih kemampuan berpikir kritis, dalam kegiatan pembelajaran IPA dan IPA guru memaparkan permasalahan seringnya terjadi banjir pada musim hujan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan guru dalam menulis di lembar kerja adalah siswa…
A. Mengidentifikasi sumber permasalahan B. Menemukan penyebab terjadinya banjir C. Mengumpulkan data-data terkait banjir. Tentukan penyelesaiannyaE. Membuat sintesis solusi permasalahan banjir. Jawaban : A. Tentukan sumber permasalahannya
5. Siswa kelas 3 sedang membaca informasi pelajaran tentang kebersihan diri. Guru meminta siswa untuk membuat daftar kosa kata baru yang berkaitan dengan topik tersebut. Siswa membaca kosakata tersebut di depan kelas. Banyak siswa; Mudah dibaca, tetapi masih banyak siswa yang kesulitan. Manakah respons yang tepat terhadap situasi tersebut?…Pilihlah jawaban yang benar. Mungkin ada lebih dari satu jawaban yang benar.
A. Memotivasi siswa agar membaca lebih cepat B. Mengevaluasi proses pembelajaran hari ini C. Memberikan saran agar hafalan materi kuliah efektif d. Menyediakan metode pemahaman bacaan yang berbeda. Merevisi pembelajaran dengan bantuan guru sejawat Jawaban: A. Mendorong siswa membaca cepat. Menyediakan metode pemahaman bacaan yang berbeda. Belajar kembali dengan bantuan guru sejawat
6. Ibu Siti guru kelas IV SD Tunas Bangsa mengajarkan materi membangun jati diri dalam keberagaman. Dalam pembelajaran mata kuliah tersebut Ibu Siti bercerita tentang Program Sumpah Pemuda dan meminta siswa menganalisis bagaimana Program Sumpah Pemuda berkontribusi terhadap persatuan bangsa Indonesia. Saat menyiapkan bahan ajar untuk kelompok belajar yang berbeda, pendekatan Bu City yang benar…
A. Menggunakan pendekatan pembelajaran yang sama untuk semua siswa. Kerja kelompok mengabaikan perbedaan individu siswa. Fokus pada siswa yang berprestasi baik saat terlibat dalam pembelajaran. Evaluasi formatif terhadap materi yang diajarkan di akhir pembelajaran oleh E. Menggunakan pendekatan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan siswa Jawaban: e. Menggunakan pendekatan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan siswa
7. Pak Surya, seorang guru IPA sekolah dasar, ingin memperkenalkan teknologi sekaligus mengajar siswa mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari. Teknik yang dipertimbangkan mencakup aplikasi simulasi. Video pembelajaran dan perangkat lunak teknologi interaktif sangat efektif dalam membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran tersebut…
A.Aplikasi simulasi bagi siswa untuk mendemonstrasikan pemanfaatan gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari. Video pembelajaran yang melibatkan persepsi dan jenis gelombang cahayaC. Aplikasi kuis interaktif untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pemanfaatan gelombang cahaya. Buku teks digital tentang konsep gelombang cahaya dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Video berita tentang pengaruh gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari Jawaban: A. Aplikasi simulasi bagi siswa untuk mendemonstrasikan pemanfaatan gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari
8. Ibu Erica belajar dengan mengajarkan indikator untuk menganalisis hubungan antara komponen ekosistem dan jaring makanan di lingkungan sekitar. Untuk mengukur kemampuan HOTS pada siswa, perlu dikembangkan rumusan indikator pertanyaan yang tepat pada pertanyaan:
A. Menjelaskan penyebab punahnya suatu bagian rantai makanan dan proses makan dan dimakan pada beberapa ekosistem. Jelaskan peran beberapa organisme dalam rantai makanan yang ditunjukkan pada Gambar C. Menilai perubahan yang akan terjadi pada ekosistem tertentu jika salah satu bagian dari rantai makanan punah atau meningkat pesat. Sebutkan organisme yang dapat menduduki sebagian rantai makanan. Berikan contoh organisme tertentu dalam rantai makanan yang ditunjukkan pada diagram: C. Memprediksi perubahan yang akan terjadi pada ekosistem tertentu jika ada bagian dari rantai makanan yang punah atau berkembang pesat.
9. Ibu Fani ramah lingkungan. Untuk mengukur kemampuan HOTS pada siswa, maka dibuatlah indikator soal yang paling tepat untuk dikembangkan pada soal:
A. Menjelaskan tujuan adaptasi tumbuhan secara tertentu. Berikan contoh hewan yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Identifikasi bagaimana beberapa hewan beradaptasi dengan lingkungannya. Jelaskan cara tumbuhan beradaptasi terhadap lingkungannya. Tunjukkan kecocokan antara nama hewan dan cara adaptasinya Jawaban: D. Jelaskan cara adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya
10. KOMPETENSI KETERAMPILAN GURU MENYIAPKAN INDIKATOR PRESTASI 4.4 Mendemonstrasikan hasil penggalian manfaat persatuan dan kesatuan untuk menciptakan keselarasan. Perumusan Indikator Kinerja Kompetensi yang Tepat:
A. Membaca temuan dengan suara yang benar untuk mengeksplorasi manfaat persatuan dan kohesi untuk menciptakan harmoni. Menganalisis manfaat persatuan dan kesatuan untuk menciptakan keharmonisan. Menyusun laporan hasil penggalian mengenai manfaat persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan. Mewujudkan persatuan dan kesatuan Mewujudkan persatuan dan kerukunan Memberikan pemahaman kepada kelas tentang manfaat persatuan Mewujudkan kerukunan Soal UKPPPG 2024 Topik SJT
1. Pak Putra mengajarkan materi tentang keanekaragaman budaya di Indonesia. Dalam mengajar, Pak Putra menciptakan pendidikan yang berpusat pada siswa. Terdapat dua kelompok gaya belajar auditori dan kinestetik di kelas Sri Putra. Pak Putra telah mengembangkan materi yang beragam secara budaya untuk memungkinkan semua siswanya belajar…
A. Memudahkan guru dalam mengevaluasi siswa B. Memudahkan guru dalam pembelajaran bagi siswa C. Memberikan informasi lebih banyak kepada siswa dalam waktu yang lebih singkatD. Temui gaya belajar siswa yang berbeda dan jadikan pembelajaran lebih menarik. Memastikan konten tersampaikan dengan cepat dan mudah dipahami siswa Jawaban: D. Melayani gaya belajar siswa yang berbeda-beda dan menjadikan pembelajaran lebih menarik
2. Dalam upaya menciptakan lingkungan yang inklusif dan bersahabat bagi seluruh siswa, guru harus memastikan bahwa setiap siswa merasa diterima dan didukung. Langkah terbaik bagi guru…
A. Memberikan nilai yang tinggi kepada seluruh siswaB. Hindari mengkritik siswa yang kesulitan C. Menjalin hubungan positif antara siswa dan guruD. Memberikan preferensi kepada siswa dengan kualifikasi akademik yang lebih tinggi. Menyusun ulang kursi setiap hari Jawaban: C. Membangun hubungan positif antara siswa dan guru
3. Untuk menciptakan lingkungan kelas yang bersahabat bagi seluruh siswa, guru hendaknya memastikan bahwa perbedaan antar siswa seperti latar belakang, kemampuan dan kebutuhan khusus tidak menjadi hambatan dalam belajar. Langkah tepat yang diambil guru…
A. Menggunakan metode pengajaran yang sama untuk semua siswa B. Menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Mengutamakan siswa yang cepat memahami materi. Memberikan pekerjaan yang sama kepada semua siswa. Menjaga suasana kelas tetap tenang tanpa terlibat percakapan Jawaban: B. Menyesuaikan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa
4. Seorang guru sedang mengajar suatu kelas dan dia menemukan seorang siswa yang terus-menerus mengganggu proses pembelajaran. Guru mengetahui bahwa siswa tersebut mempunyai masalah di rumah yang mempengaruhi perilakunya di sekolah. Sebagai seorang guru yang berusaha mewujudkan makna hidup, tujuan dan cara pandang berdasarkan keimanan terhadap prinsip moral dan Tuhan Yang Maha Esa, hal-hal yang perlu dilakukan ketika menjadi guru tersebut …
A. Mengajak siswa untuk berbicara satu sama lain setelah kelas selesai untuk memahami permasalahan yang dihadapi siswa dan mencari solusi bersama. Mintalah siswa untuk meninggalkan kelas sejenak untuk memikirkan tindakannya dan suruh dia membacanya lagi dengan janji untuk tidak melakukannya lagi. Memberikan peringatan keras kepada siswa di depan seluruh kelas agar tidak mengulangi perilaku tersebut lagi. Kepala sekolah dan orang tua menginformasikan perilaku siswa untuk mencari sumber masalahnya. Pahami terus perilaku siswa dan belajarlah seperti biasa serta ajaklah siswa lainnya untuk memahami hal tersebut. Jawaban : A. Mengajak siswa untuk berbicara secara privat seusai kelas agar mereka memahami permasalahan yang dihadapinya dan bersama-sama mencari solusinya.
5. Anda adalah guru di sekolah dasar. Suatu hari, Anda mendapati bahwa kolega dan guru Anda juga memberikan nilai yang tidak adil kepada beberapa siswa karena alasan pribadi. Anda tahu bahwa undang-undang ini melanggar kode perilaku guru. Sebagai rekan kerja dan guru, apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga situasi ini ketika guru menerapkan kode etik dalam pekerjaan dan praktik …
A. Pahami masalah ini karena Anda tidak ingin berkonflik dengan rekan kerja dan fokus pada pekerjaan Anda. Kumpulkan bukti untuk tindakan lebih lanjut dan laporkan rekan tersebut ke Komite Etik Sekolah. Untuk memahami alasannya, sarankan seorang kolega untuk berbicara secara pribadi dan meningkatkan nilainya sesuai dengan kinerja siswa. Diskusikan masalah ini dengan Kepala Sekolah dan minta agar Kepala Sekolah mengikuti kebijakan yang ada. Meniduri rekannya langsung di depan guru lain agar dia mengganggu dan tidak mengulangi jawabannya. C. Untuk memahami alasannya, ajaklah seorang rekan untuk berbicara secara pribadi dan menasihati mereka untuk meningkatkan nilainya sesuai dengan kinerja siswa.
6. Setelah mengajar sampai semester, Anda menyadari bahwa beberapa metode pengajaran yang Anda gunakan tidak akan memberikan hasil yang maksimal bagi perkembangan siswa. Anda ingin meningkatkan efek pengajaran Anda pada semester berikutnya. Persyaratan pengembangan diri yang berpusat pada siswa yang dapat Anda pikirkan dan rencanakan …
A. Mencoba mencari teknik pengajaran baru tanpa melibatkan kesadaran diri siswa dan hasil yang kurang memuaskan. Berdasarkan masukan dari siswa dan rekan mereka didiagnosis dengan metode pengajaran yang merencanakan strategi yang efektif dan baru. Metode pengajaran yang disadari dan hasil berpikir belum tentu menunjukkan hasil yang nyata. Jadikan konsekuensi dari ide tersebut sebagai isi kesadaran diri agar semester depan lebih baik lagi. Ikuti pelatihan profesional secara mandiri dan uji semua metode pembelajaran pada siswa Anda. Jawaban: B. Diagnosis teknik pengajaran yaitu mereka merencanakan strategi yang efektif dan baru berdasarkan masukan dari siswa dan rekan kerja.
7. Di kelas Anda, ada kebutuhan khusus untuk memahami instruksi lisan. Dalam pelajaran hari ini, apakah Anda mengajarkan perasaan baru bahwa Anda bisa mengambil langkah terbaik?
A. Memberikan instruksi lisan yang panjang dan lebih rinci. Menggunakan bantuan visual dan kinerja untuk menggambarkan konsep. Jika siswa belum paham, beritahu agar jangan sungkan bertanya. Setelah semua materi dikirimkan ke siswa lain, penuhi kebutuhan siswa. Menemukan cara untuk mengikuti teks dan menemukan cara untuk memahami isi dengan baik: C. Siswa menyuruh mereka untuk tidak bertanya jika belum ada pemahaman.
8. Setelah mengikuti berbagai pelatihan pengembangan diri, Anda mendapatkan banyak metode baru yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang Anda gunakan untuk menerapkan hasil perbaikan diri ini, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran…
A. Simpan metode baru yang dipelajari untuk digunakan di masa mendatang, karena Anda merasa memiliki metode yang sangat bagus saat ini. Identifikasi kebutuhan spesifik siswa, dan kemudian pilih metode yang paling relevan sebelum menerapkannya di kelas dan menerimanya. Berpartisipasi dalam pelatihan kejuruan dan menguji semua metode yang dipelajari dalam aplikasi pada siswa. Menerapkan semua metode baru secara bersamaan tanpa menerima karakteristik dan kebutuhan siswa. Pilih banyak metode yang dianggap paling baru dan terapkan pada kelas tanpa evaluasi terlebih dahulu. Jawaban: B. Identifikasi kebutuhan spesifik siswa, lalu pilih metode yang paling relevan sebelum menerapkannya di kelas dan ikuti metode tersebut
9. Pada setiap tahap terdapat banyak konsekuensi pembelajaran berupa kemampuan belajar pada setiap tahap, memberikan gambaran rumusan CP tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu, diperolehnya tujuan tersebut pada satu tahap, diuraikan sebagai berikut:
A. Guru memulai kerjasama pada tahap yang sama untuk menciptakan pengajaran yang efektif bagi siswa. Memberikan kesempatan kepada guru untuk belajar kepada siswanya. Memungkinkan guru untuk membuat dan melaksanakan praktik yang fleksibel. Mendorong guru untuk fokus pada latihan CP di akhir fase tanpa memperhatikan perkembangan siswa. Jawaban untuk mengupayakan kemampuan belajar: D. mendorong D. guru fokus memperoleh CP di akhir fase tanpa memperhatikan perkembangan siswa.
10. Anda mengetahui bahwa siswa sering tidur saat belajar. Anda sudah menegurnya berkali-kali, namun dia tidak menunjukkan upaya untuk berubah dan sering menyerang Anda saat memberi peringatan. Faktanya, hal itu membuat Anda sulit mengendalikan amarah. Meski pelajarannya tidak terlalu buruk, namun terungkap bahwa para siswa tersebut sering tidur di pelajaran lain. Apa tugasmu?
A. Hubungi rekan guru lainnya mengenai perilaku apa yang perlu Anda gunakan dalam menghadapi masalah ini. Untuk mengetahui penyebab perilaku siswa digunakan sebagai bahan evaluasi orang tua pada saat memberikan laporan hasil belajar. Mempelajari manajemen guru untuk meningkatkan efisiensi diri dalam menjaga emosi. D. Perlu dipahami bahwa perilaku ini tidak boleh dialihkan kepada guru kepada wali kelas terkait untuk memahami siswa. Jawaban belajar pengendalian diri agar tetap tenang meskipun reaksi memberontak dari siswa menjadi tenang : B. Menemukan alasannya bagi siswa untuk dijadikan bahan evaluasi pada saat memberikan laporan hasil belajar
*) Nonigasi : Artikel ini hanya berupa bahan praktek bagi guru untuk bekerja di UKPG 2024.
Sebelum melihat kunci jawabannya, guru harus menjawab sendiri. Setelah itu, gunakan artikel ini untuk memperbaiki pekerjaan tersebut.
(geosurvey.co.id/sri Juliati)