geosurvey.co.id – Inilah soal Tes Kemahiran Siswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Tahun 2024 lengkap dengan kunci jawabannya.
UKMPPG merupakan tahapan kunci dalam rangkaian Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Artikel ini akan memperkenalkan tes tanya jawab UKMPPG sebagai bahan latihan bagi calon
Kumpulan soal UKMPPG 2024 berikut ini meliputi materi pembelajaran, bidang pembelajaran, metode pengajaran dan metode pengajaran yang efektif.
Simak di bawah ini 50 Kunci Soal dan Jawaban UKMPPG 2024 yang dihimpun TribuneNews.com dari berbagai sumber. Contoh Soal UKMPPG 2024 dan Kunci Jawabannya
Strategi komunikasi empatik apa yang digunakan guru ketika mereka menyadari bahwa mereka telah menjawab pertanyaan dengan salah?
A: Perintahkan dia untuk membaca bahan pelajaran untuk kedua kalinya B. Minta teman sekelasnya membantunya menjawab pertanyaan Ulangi pertanyaan tersebut untuk membantunya menjawab pertanyaan dengan benar Minta dia untuk mengerjakannya di rumah sebagai pekerjaan rumah Kunci Jawaban: C
2. Semangat guru meliputi pengorbanan dalam masyarakat Hal ini sangat penting karena…
A: B. Mohon berdonasi sebagai inspirasi kebaikan Pendidikan yang relatif tinggi D. Kewajiban membayar pajak E. Kunci Jawaban Mahasiswa : A.
3. Seorang kepala sekolah di sebuah daerah kumuh di kota besar yang sebagian besar siswanya berasal dari keluarga kurang mampu. Ia mempertimbangkan nilai keadilan ketika memutuskan wisuda murid-muridnya Jadi, prinsip karakter utama…
A. Upacara wisuda mengundang keluarga siswa B. Orang tua menjadi panitia acara wisuda siswa C. Siswa yang nilai belum lengkap akan diwisuda. Hasil karya mahasiswa dipamerkan pada acara wisuda tersebut Menyelenggarakan upacara wisuda sederhana Kunci Jawaban: e
4. Sebuah tradisi yang dikembangkan oleh seorang guru ketika mengambil keputusan dalam rapat sekolah…
A. Praktek musyawarah untuk mencapai mufakat B. Memperhatikan pendapat seluruh anggota C. Memperhatikan waktu yang tersedia dalam rapat. Berdasarkan minat banyak orang Kunci Jawaban : D.
5. Guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai siswa berdasarkan kemampuannya?
A. Silabus B. Lembar Penilaian RPPC Kunci Jawaban : B
6. Istilah pengukuran dalam suatu sistem penilaian adalah suatu kegiatan yang?
A. Kuantitatif B. Kualitatif C. Kunci Jawaban Jawaban : A.
Perhatikan petunjuk untuk pertanyaan berikut: “Jelaskan ciri-ciri rangkaian paralel”.
Pertanyaan apa yang paling tepat untuk mengukur keberhasilan indikator-indikator ini pada tes kertas dan pensil?
A. Tuliskan ciri-ciri rangkaian paralel B. Jelaskan ciri-ciri rangkaian paralel C. Sebutkan ciri-ciri rangkaian paralel! Kunci Jawaban: A
Fokus pada keterampilan dasar berikut: “Rancang desain untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju difusi zat.”
Apa saja pertanyaan panduan yang sesuai dengan keterampilan dasar ini?
A. Menganalisis data Mengumpulkan data C. Menentukan variabel penelitian Kunci Jawaban : C
9. Di halaman sekolah tempat Pak Ali mengajar banyak terdapat berbagai jenis tanaman seperti jambu mete, ubi jalar, bunga jam empat dan henna air. Pak Ali ingin mengajarkan murid-muridnya tentang pergerakan air dan unsur hara terlarut pada tumbuhan. Sistem transportasi pada tumbuhan dapat divisualisasikan dengan menggunakan beberapa tumbuhan yang cocok sebagai bahan percobaan Bagaimana kombinasi model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat yang sebaiknya digunakan Pak Ali?
A: Tes Kertas dan Pensil Kooperatif. Tes kinerja PBLC Kunci Jawaban Tes Riset Kinerja : C
10. Apakah ini merupakan kegiatan di mana guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka mengingat materi yang telah mereka pelajari?
A. Memberikan bimbingan B. Memberikan pengujian awal C. Memberikan koneksi kunci Kunci Jawaban : C
Apa faktor utama penyebab rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa?
A. Pembelajaran tidak menghargai perbedaan individu siswa B. Ruang kelas kurang mendapat kesempatan belajar secara utuh C. Siswa tidak mendapat bimbingan dari orang tua D. Guru tidak memberikan umpan balik secara langsung Kunci Jawaban : B
Pada saat pemeriksaan analisis kadar abu terjadi kecelakaan kerja, seorang siswa tersentuh wadah bahan panas. Apa tindakan pertama yang tepat jika bagian tubuh siswa terkena benda panas?
A. Lumasi dengan alkohol Oleskan pasta gigi C dengan es Kunci Jawaban : C.
13. Teori belajar yang memandang belajar sebagai hasil hubungan antara stimulus dan respon?
A. Konstruktivis B. BehavioristikC. kognitif D. humanistik Kunci Jawaban : b
14. Dalam teori perilaku, bagaimana proses pembentukan perilaku melalui bimbingan bertahap untuk mencapai suatu tujuan?
A. Penguatan B. Kondisi C. Bentuk D. Kepunahan Kunci Jawaban : C
15. Teori apa yang mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa?
A. Behavioris B. Konstruktivis C. Kognitif D. Humanistik Kunci Jawaban : B
16. Apa metode pengajaran di mana siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas bersama?
A. pembelajaran kooperatif B. pembelajaran berbasis proyek pembelajaran berbasis masalah D. pembelajaran berbasis permintaan Kunci Jawaban : A
Pak Asep sedang mempersiapkan RPP pembuatan magnet dengan induksi elektromagnetik Skenario yang paling tepat dilakukan Pak Asep, ilmu apa yang pertama tentang mahasiswa?
A. Medan listrik dan arus listrik B. Rangkaian listrik dan medan listrik C. Kunci Jawaban Rangkaian Listrik dan Medan Magnet : C.
18. Manakah dari kegiatan fungsional berikut yang termasuk dalam HOTS?
A: mempersiapkan, menjelaskan, menentukan B membandingkan, mengidentifikasi, mengevaluasi Buat, Pilih, Bandingkan Kunci Jawaban : C
18. Siswa yang membutuhkan pengayaan pada ulangan IPA dengan nilai di atas 70?
(Nilai ujian : Maya 67, Melanie 70, Yoga 90, Andy 70, Nana 85, Revy 77, Ayu 77, Diana 86)
A. Maya dan Melanie B. Yoga dan Diana C. Andy dan Melanie Kunci Jawaban Nana dan Ravi : b
20 Fokus pada keterampilan dasar berikut:
“Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya melalui eksperimen”. Indikator kinerja bidang kompetensi yang serupa dengan kompetensi dasar di atas?
A. Jelaskan desain eksperimen untuk menyelidiki sifat pantulan cahaya pada berbagai media Jelaskan desain eksperimen untuk membuktikan sifat cahaya yang dipantulkan pada media yang berbeda Percobaan mendemonstrasikan sifat-sifat cahaya reaktif pada berbagai media Kunci Jawaban: C
21. Guru merancang penilaian berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran yang ditentukan dalam RPP. Penilaian dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar dan kemajuan siswa, lalu penilaian seperti apa yang tepat?
A: Penilaian singkat b. Penilaian diagnostik Penilaian formatif
Kunci Jawaban: A
Perhatikan tujuan pembelajaran berikut ini:
Faktor-faktor yang mengkomunikasikan yang mempengaruhi besarnya medan magnet di sekitar kawat pembawa arus listrik ditemukan melalui penelitian ilmiah. Pendekatan apa yang paling tepat yang sebaiknya diterapkan dalam pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan tersebut?
A. Pembelajaran berbasis masalah B. Ilmiah C Instruksi langsung
Kunci Jawaban : b
Dalam percobaan untuk menguji kandungan glukosa makanan, Fehling menyalakan pembakar alkohol yang digunakan untuk memanaskan suspensi makanan yang dicampur dengan A+B. Apa penyebab utama kebakaran tersebut?
A. Fehling A dan Fehling B mudah terbakar Tekan pembakar semangat untuk memadamkan c Glukosa bereaksi dengan roh dan api
Kunci Jawaban : b
24. Pak Orman menerapkan model pembelajaran kooperatif di kelas pada topik/kegiatan mencari sifat-sifat bayangan pada lensa cembung. Kegiatan apa saja yang sesuai yang harus dilakukan Pak Arman pada tahap kelima (penilaian formatif)?
A: Minta kelompok mempresentasikan hasilnya, kelompok lain hanya mendengarkan, guru memberikan feedback dan penguatan
B. Meminta kelompok mempresentasikan hasilnya, memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi, guru memberikan umpan balik dan penguatan.
C. Meminta kelompok mempresentasikan hasilnya, memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi, guru mendengarkan dan menilai
Kunci Jawaban : b
25. Pak Andy menerapkan pendekatan saintifik pada topik/kegiatan kelistrikan dinamis di kelas Kegiatan apa yang benar yang harus dilakukan Pak Andy pada langkah mengasosiasi (M-4)?
A. Mengumpulkan dan menganalisis data Menganalisis data dan menarik kesimpulanC Melakukan eksperimen dan mengumpulkan data
Kunci Jawaban : b
Apa metode yang digunakan dalam penilaian dengan menggunakan tes?
A. Menentukan tujuan penilaian penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, atau penilaian akhir pada satuan pengajaran B. Menentukan skor setiap jenjang C. Menyusun rubrik Jawaban : A
Apa faktor utama penyebab rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa?
A. Pembelajaran tidak menghargai perbedaan individu siswa B. Kurangnya kesempatan belajar secara utuh di kelas C. Siswa tidak mendapat bimbingan dari orang tua D. Guru tidak memberikan feedback secara langsung : B
28. Dimensi pengetahuan berikut ini adalah…
A
Faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah dalam proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk berdiskusi B. Rumusan masalah yang akan dibahas Jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran Kunci Jawaban : B
30. Nantikan KD selanjutnya!
Sikap KD: Berkontribusi dalam percobaan Pengetahuan KD: Menjelaskan sifat-sifat bahan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik
A. Observasi, tes tertulis, tes unjuk kerja B. Observasi, tes unjuk kerja, tes tertulisC Tes Tertulis, Observasi, Tes Kinerja Kunci Jawaban : A
31. Secara garis besar tujuan evaluasi program pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali?
A. Menentukan sejauh mana tujuan program telah tercapai B. Menentukan besarnya pengeluaran yang dikeluarkan dalam pelaksanaan program Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan pelaksanaan program pembelajaran Kunci Jawaban : b
32. Penilaian berupa penugasan yang tujuannya untuk mengukur kemampuan sekelompok siswa dalam melakukan sesuatu?
A. Penilaian Mandiri B. Penilaian Portofolio C. Penilaian Proyek Kunci Jawaban : C
Istilah pengukuran dalam suatu sistem penilaian adalah suatu kegiatan yang?
A. Kuantitatif B. Kualitatif C. Kunci Jawaban Tes : A.
Perhatikan petunjuk untuk pertanyaan berikut: “Jelaskan sifat-sifat rangkaian paralel.” Pertanyaan apa yang paling tepat untuk mengukur keberhasilan indikator-indikator ini pada tes kertas dan pensil?
A. Tuliskan ciri-ciri rangkaian paralel B. Jelaskan ciri-ciri rangkaian paralel C. Sebutkan ciri-ciri rangkaian paralel! Kunci Jawaban: A
Fokus pada keterampilan dasar berikut: “Rancang desain untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju difusi zat.” Apa saja pertanyaan panduan yang sesuai dengan keterampilan dasar ini?
A. Menganalisis data Mengumpulkan data C. Menentukan variabel penelitian Kunci Jawaban : C
36. Rencana pembelajaran yang menekankan pada proses memperoleh dan memperoleh informasi dengan cara mengamati atau bereksperimen untuk mencari jawaban, pemilihan model yang tepat adalah…
A. Discovery Learning B. Pembelajaran Inkuiri Pemecahan Masalah Kunci Jawaban : B
37. Pak Sugick memberikan permasalahan kehidupan nyata dan meminta siswa untuk menyelesaikannya Model pengajaran yang digunakan oleh Pak Sugick adalah…
A. Pembelajaran Berbasis Proyek B. Pembelajaran Berbasis Masalah C Kunci Jawaban Pembelajaran Inkuiri : b
38. Bu Lea meminta siswa membuat alat dari bahan yang berbeda-beda, model yang digunakan Bu Lea…
A. Pembelajaran kooperatif B. Pembelajaran berbasis masalah Pembelajaran berbasis proyek Kunci Jawaban : C
39. Secara garis besar tujuan evaluasi program pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali…
A. Menentukan sejauh mana tujuan program telah tercapai B. Menentukan besarnya pengeluaran yang dikeluarkan dalam pelaksanaan program Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan pelaksanaan program pembelajaran Kunci Jawaban : b
Fokus pada keterampilan berikut: “Jelaskan proses fotosintesis dengan melakukan percobaan pada proses ini.”
Jika ingin siswa memperoleh keterampilan tersebut, maka alat/bahan/media yang tepat digunakan dalam pembelajaran adalah…
A: salinan akarnya. CD video fotosontesis. Seni Media Berbasis IT: Ini
41. Dalam mempelajari dan mengembangkan materi pembelajaran, Bu Murny Nagroho selalu menjadi materi pembelajaran yang tidak teruji dan bermanfaat untuk dipahami. Keseriusan pembelajaran konsinyasi dan seleksi seleksi memenuhi standar seleksi…
A. Harga studi B. utilitas c Minum bunganya D. Kunci Balasan yang Valid : D
42. Dalam membuat pembelajaran, seorang guru harus mampu menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan barangnya. Berdasarkan jangkauannya, media dapat dibagi …
A. Media yang berbunyi saja dan Media apa saja yang dapat dilihat oleh Media. B. Media Dua Dimensi dan media tiga dimensi. Media yang liputannya lebih luas dan media yang liputannya terbatas D. Media Tradisional dan Media Utara yang berbasis ICT Kunci : C
43. Ruang media terdapat berbagai macam media yang berdebu dan agak aus. Sebagai pemabuk kreatif, Anda harus bisa menggunakan media dan memilih media mana yang ingin Anda gunakan. Dia memiliki banyak penilaian.
A. Tujuan Siswa, Ciri-ciri Media, Waktu Kerja, Sasaran, Tujuan Sekolah, Tujuan Sekolah, Tujuan Sekolah, Tujuan Sekolah, Kegiatan Sekolah C. Taritas C. Tujuan, Tujuan Siswa, Tujuan Media, Ciri-ciri Tujuan Media, Waktu Kerja, Nilai, ketersediaan, dan kualitas teknis d Budaya sekolah, niat, waktu kerja, dan karakteristik media: C: C
44. Seorang pendidik harus mampu memanfaatkan pembelajaran medis untuk mencapai tujuan keberhasilan pendidikan. Pernyataan berikut yang benar mengacu pada media pembelajaran…
A. Tidak perlu media pilih media jadi tidak masalah b. Media jaringan learfness terbaik adalah media tengah berbasis iSet C. : D
45. Seorang guru dapat menampilkan materi siaran yang menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran. Visi siaran ini nyaman digunakan oleh Microsoft Sebuah aplikasi sederhana dari Microsoft yang dapat digunakan untuk melakukan penyampaian presentasi …
A. Microsoft PowerPoint B. Basis Data Microsoft Sy. Rilis Desktop Microsoft D Speulasi Microsoft Seet APPRADE Seet Nortion key: Er
46. Kemampuan membangun hubungan dan kemampuan mendorong kemampuan mendorong diri sendiri…
A. Gimologi B. Moral C Emosional D. Sosial Kunci Jawaban : C
47. Seorang siswa selalu ingin mendominasi dalam kelompok belajar. Ia tidak memberikan kesempatan kepada anggota lain untuk mengutarakan pendapatnya. Ketika teman yang lain menguasai gerak diskusi, dia mengejar diri sendiri dengan memisahkan diri sendiri. Siswa tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangannya….
A.rohani b. Moral kognitif D. Kunci Jawaban Sosial-Emosional : D
48. Siswa mempunyai moralitas yang benar-benar terinternalisasi dan tidak berdasarkan kriteria orang lain. Dia mengenali jalan moral alternatif, dan kemudian menguji pilihannya, dan kemudian memutuskan berdasarkan kode moral individu. Ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahap ini.
A. Argumentasi Tradisional B. Argumentasi Tradisional D. Kunci Jawaban Archasent yang Tidak Diklaim : B
49. Tindakan indikator berfungsi sebagai penanda.
A. Kesuksesan yang Berhasil B. Kesuksesan yang Disarankan C. Keterampilan C. Kesuksesan Resmi D. Kunci pencapaian keterampilan dasar: C
Kebijakan yang sistematis adalah sebagai salah satu silabus yang dikembangkan …..
A: Menunjukkan, Materi Asli/Solusi, pengalaman pendidikan, cukup untuk mencapai cakupan keterampilan dasar dan sistem penilaian.
B adalah cakupan reposisi barang dalam sealabas di sealabal terhadap tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, emosi dan spiritual.
C. Komponen sealabus dalam mencapai kemampuan mencapai khasiat. Kunci jawaban satu sama lain : c
*) Tolak : Soal UKMPG 2024 dan Kunci Jawaban sebagai pedoman proses pembelajaran untuk memandu proses pembelajaran sebelum menghadapi percobaan sesungguhnya.
(geosurvey.co.id/m Alvian Fakka)