geosurvey.co.id, JAKARTA – 50 destinasi wisata terbaik pilihan dari berbagai daerah Tanah Air dihadirkan hari ini di Motor Awards Day hari ini di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu 17 November 2024.
Program ini diselenggarakan Kementerian Pariwisata RI untuk mengajak masyarakat Jakarta dan sekitarnya melihat langsung keunikan dan potensi destinasi wisata utama Indonesia.
Dalam kegiatan tersebut berbagai macam barang dipamerkan, seperti aneka kerajinan tangan, aneka makanan ringan dan minuman, lukisan, dan lain-lain yang dipajang di toko-toko dengan penuh kemeriahan.
Desa-desa wisata yang ditampilkan banyak menjadi tempat yang tidak hanya menjadi kebanggaan, namun juga mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau-pulau tersebut.
“Perhatian besar kepada orang -orang yang diwakili dalam kegiatan hari kebebasan mobil ini menunjukkan bahwa kebenaran memiliki kota -kota wisata yang kami banggakan terhadap mereka, desa -desa wisata adalah yang penting bagi pengembangan ekonomi pariwisata, desa -desa pariwisata adalah pemilik manfaat bagi masyarakat, “kata Haryanto, wakil menteri pariwisata Republik Indonesia.
Haryanto mengatakan bahwa tahun ini, di antara 6.016 desa wisata terdaftar, pemilihan dilakukan secara bertahap, dan 13 hakim independen berpartisipasi.
“Langkah pertama adalah menyaring desa -desa ke dalam 500 teratas, lalu 300 teratas, 100 teratas, sampai akhirnya desa -desa wisata terbaik dipilih untuk tahun 2024. Desa -desa ini akan dievaluasi pada daya tarik keterbukaan pariwisata, bisnis, dan bisnis orang -orang. Haryanto, Wakil Direktur Pembangunan Pembangunan dan Infrastruktur di Kementerian Pariwisata Indonesia.
Usai pengumuman pemenang, desa-desa wisata yang mewakili berbagai kota/wilayah di Indonesia akan diundang untuk tampil pada Pameran Pekan Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Jakarta di pusat Taman Mini Indonesia Indah.
Dijelaskannya, acara ini tidak hanya sekedar presentasi produk, namun juga menjadi ajang diskusi mengenai peran strategis desa wisata dalam meningkatkan destinasi, produk dan inovasi di tingkat pulau, apalagi telah membuka lahan yang luas untuk wisatawan. desa wisata. Perluas saluran komunikasi, menarik investor dan membangun hubungan yang mendukung pengembangan desa wisata. Persediaan harian dari desa -desa wisata di Sumatra Barat.
Dalam proyek ini, desa wisata terpilih mewakili keberagaman pulau, dan membagi ruang pameran sesuai nama pulau di Indonesia, seperti Pulau Jawa diwakili 13 desa wisata, Pulau Sumatera memiliki 12 desa wisata yang menarik perhatian. , Pulau Kalimantan. dan 7. Desa -desa wisata, dan pulau Sulawesi melalui 8 desa wisata.
Ada pula Kepulauan Maluku 3 desa wisata, Pulau Papua 3 desa wisata, Kepulauan Nusa Tenggara 3 desa wisata, dan Pulau Bali 1 desa wisata.
Keunikan pameran produk ini juga terlihat dari desain visual tenda peserta yang dihiasi barang-barang batik dari berbagai daerah, menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Versi ini lebih menarik dan mengundang pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya lokal.
Selain menampilkan produk -produk inovatif dari desa -desa wisata, acara ini juga akan menampilkan program interaktif dan permainan yang menarik untuk menghibur pengunjung dan memastikan mereka tetap sibuk dan tidak bosan selama musim ini.
Karya ini dikerjakan oleh Kevin Aprilio dan Ghea Indrasari.
Malam penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang digelar di Stadion Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), malam ini akan dibagi dalam beberapa kategori.
Proyek ini juga untuk meningkatkan kredibilitas dan visi desa wisata untuk menciptakan lingkungan pariwisata yang baik. Hal ini menjadi peluang untuk meningkatkan persaingan, meningkatkan kerjasama, mendorong inovasi di sektor pariwisata, dan pada akhirnya mendukung pengembangan perekonomian lokal dan nasional.