geosurvey.co.id – Lihat 80 Soal ANBK SD, MI, Kelas 5 Paket A pada Materi Literasi dan Numerasi.
ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yaitu program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
ANBK kali ini akan diikuti oleh siswa kelas 5 SD MI dan angkatan A 28-31. Oktober 2024 (Tahap I) dan 4-7. November 2024 (fase ke-2).
Pada ANBK kelas 5 SD MI dan paket A siswa akan mengerjakan masing-masing 30 soal pada materi literasi membaca dan materi literasi matematika (angka).
Sebagai bahan latihan, geosurvey.co.id merangkum 80 soal ANBK untuk materi literasi dan matematika SD, MI, Paket A kelas 5 dari pusmendik.kemdikbud.go.id.
Berikut 80 soal ANBK materi Literasi SD, MI, Paket A Kelas 5 dan Matematika sebagai materi latihan, beserta kunci jawabannya: Soal ANBK materi Literasi SD, MI, Paket A Kelas 5. Dari pertanyaan 1-4 Buku Dokter
Sekolahku sedang mengadakan kompetisi.
Pemenangnya adalah anak yang paling banyak membaca buku. Dia akan mendapat gelar “Book Monster” dan saya juga meminjam beberapa buku dari perpustakaan.
Ternyata buku yang dipinjam Tutti banyak halamannya yang lepas. Sang ibu membantunya memperbaiki buku yang rusak di rumah.
Tutti dengan senang hati meminjam lebih banyak buku.
Sudah saatnya Tuti keluar membeberkan isi buku yang dipinjam Tuti hanya untuk dikoreksi, bukan untuk dibaca. Gelar “pemegang buku” akhirnya tidak mendapat gelar baru “dokter buku”.
1. Gelar apa yang akhirnya didapat Tutti?
Jawaban: Buku Dokter
2. Bagaimana Anda mendapatkan judul “Buku Monster” dalam kontes memilih benar atau salah untuk setiap pernyataan sesuai dengan isi teksnya?
Jawaban: Nama “Book Monster” diberikan kepada anak yang mampu menjelaskan dengan baik isi buku yang dipinjamnya. (Benar/Salah) b. Sebutan “book monster” diberikan kepada anak yang paling rajin membaca dan membaca buku dari perpustakaan. (benar/salah)
Jawaban: A (salah); b (benar)
3. Yang membuat Tutti antusias meminjam banyak buku a. Ia menerima gelar “Monster Buku”. B. Partisipasi dalam kompetisi sekolah.C. Mendapat gelar Doktor Buku d. Memperbaiki buku yang rusak.
Jawab : D, perbaiki buku yang rusak.
4. Tokoh Tutti manakah yang berdasarkan cerita a. Kaisar
Jawaban: a. adil; C. Perawatan Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 5-7 Kelelawar merupakan hewan nokturnal
Kelelawar merupakan hewan yang aktif pada malam hari. Inilah sebabnya mengapa kelelawar disebut hewan nokturnal. Pada malam hari, kelelawar mencari mangsa dengan mengandalkan telinga sebagai indera pendengarannya.
Seekor kelelawar mengeluarkan suara dari mulutnya. Getaran suara menghantam benda di depannya lalu memantul kembali. Pemantulan bunyi dapat menentukan arah dan jarak suatu benda. Beginilah cara kelelawar mencari makanan. Makanan kelelawar adalah buah-buahan, daun-daunan dan beberapa serangga.
Kelelawar akan tidur di siang hari. Biasanya digantung di dahan pohon, atap bangunan, kolong jembatan, gua dan tempat lainnya.
Kelelawar tidur bergelantungan menggunakan kakinya. Hal ini disebabkan keunikan model tubuhnya. Kakinya kecil dan tidak bisa digunakan untuk berdiri. Selain itu juga terhindar dari serangan predator.
5. Apa yang dimakan kelelawar?
Sebuah buah.B. Semua jenis serangga. C. serangga kecil.D. Cabang pohon.
Jawaban: Sebuah buah.
6. Bagaimana cara mencari kelelawar untuk setiap pernyataan menurut teks?
Kelelawar mengandalkan getaran suara dan pendengarannya untuk mencari sumber makanan. (Benar/Salah) b. Pantulan getaran suara kelelawar menunjukkan jenis makanan yang dicarinya. (benar/salah)
Jawaban: A (benar); b (salah)
7. Kelelawar menunjukkan perilaku yang berbeda pada siang dan malam hari. Pernyataan manakah yang mengandung perbedaan perilaku? A. Pada siang hari, kelelawar lebih aktif mengeluarkan suara dibandingkan pada malam hari. Kelelawar aktif pada malam hari dan pasif pada siang hari. Kelelawar mencari makan pada malam hari dan tidur pada siang hari.
Jawaban: B Kelelawar aktif pada malam hari dan pasif pada siang hari. Kelelawar mencari makan pada malam hari dan tidur pada siang hari. Lihat bacaan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan 8-10. Ayo berlatih silat!
Silat merupakan warisan budaya bangsa. Seni dalam silat ada dua jenis, yaitu tari dan bela diri. Caranya adalah dengan menekuk lutut dan menyandarkan kaki ke belakang.
Tangan siap di depan dada Ini adalah sikap yang kuat.
Belajar jatuh adalah bagian dari Silat. Silat melatih tangan untuk mengunci, meraih dan melepaskan diri.
Silat adalah uap yang kuat. Silat mengelak dengan cepat.
Silat adalah belajar yang sifatnya dengan melihat, mendengarkan, mengamati dan mendemonstrasikan.
Silat beradaptasi di semua tempat. Silat menyehatkan jiwa dan raga.
8. Gerakan apa saja yang dilakukan dalam Silat A? Posisi yang solid.B. Tangkisan yang kuat.C. Anggukan kepala yang kuat.
Jawaban : Kuda yang kuat.B. Tangkisan yang kuat.
9. Pernyataan apa yang benar tentang pandangan yang diungkapkan dalam Silat dalam teks ini?
A. Cara membuat kuda-kuda yang kuat adalah dengan menekuk lutut dan mencondongkan tubuh ke depan. (Benar/Salah) b. Jurus yang kuat dilengkapi dengan tangan di depan dada. (benar/salah)
Jawaban: A (Benar) B (Benar)
10. “Silat menyehatkan jiwa dan raga.” Oleh karena itu orang yang belajar silat akan mempunyai badan yang kuat dan pikiran yang tenang.B. Dengan belajar silat, secara tidak langsung kita menjaga kesehatan tubuh dan otak kita. Jadi gejala sakit pada tubuh kita akan bisa terbaca jika kita sudah mempelajari Silat.D. Itu sebabnya Anda harus melatih petarung yang baik dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang.
Jawaban: Ya, orang yang belajar pencak silat akan memiliki tubuh yang kuat dan pikiran yang tenang. Simak bacaan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 11-14 Kapan Gilang ingin seperti Kak Sita
Gilang ingin seperti Kak Sita. Pandai menggambar dan bercerita. Gilang ingin belajar menggambar, tapi kakak Sita tidak mau belajar. Kak Sita juga sering mengikuti penampilan menyanyi dan menari. Menari di atas panggung diiringi musik terlihat menyenangkan. Kak Sita juga pandai menari. Gilang ingin seperti Kak Sita. Namun Suster Sita berlatih sendirian di sanggar tari depan rumah. Gilang mengikutinya diam-diam. (pusmendik.kemdikbud.go.id)
Tiba-tiba Suster Sita menoleh ke arah Gilang. Oh-oh. Sister City tidak menyukai itu. “Anak laki-laki tidak boleh menari Bondan,” kata Kak Sita menasihati Gilang. Tari Bondan untuk anak perempuan. Kak Sita menyuruh Gilang menunggu.
Gilang bosan menunggu. Gilang ingin menari. Oh, apa yang terjadi di sana? Gilang nyaris tak mendengar suara musik pengiring tariannya. Itu adalah tarian untuk Gilang. Gilang suka menarikan tari jaranan. Menari untuk anak laki-laki.
Gilang juga menyukai tari kelinci. Gilang senang sekali bisa berdansa dengan Kak Sita.
11. Kenapa Kak Sita Ashar Gilling menari ikatan? Kak Sita tidak suka Gilling menari. Kak Sita ingin berlatih sendiri. Tari Bondan untuk wanita.D. Gilang diam-diam mengikuti Kak Sita.
Jawaban : C. Tari Bondan untuk wanita.
12. Kenapa Gilang diam-diam mengikuti Kak Sita menari? Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita.B. Kak Sita dimarahi Gilang karena menari. Gilanga Kak tidak mengajak Sita berlatih menari.
Jawaban: A, Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita. Gilanga Kak tidak mengajak Sita berlatih menari.
13. Bagaimana perbedaan sikap Gilang terhadap tari Bondan di awal dan akhir cerita?
A. Gilang awalnya sangat menyukai tari bandon. Ia mencoba meminta adiknya Sita untuk mendandaninya agar mereka menari bersama. (Benar/Salah) Bee Gilang pertama kali ingin menarikan tari bandon. Namun Kak Sita dan Gilang mengajaknya mencari tarian yang cocok untuknya. (benar/salah)
Jawaban: A (Salah) B (Benar)
14. Jika diperhatikan dengan seksama, gambar pertama dalam teks tidak sesuai dengan isi cerita. Apa alasan perselisihan tersebut? A. Di cerita, Suster Sita marah sambil menunjuk wajah Gilang, sedangkan di gambar dia hanya berteriak. (Benar/Salah) B. Dalam cerita, Kok Sita hanya tidak menyukainya, dia tidak marah dan membentak Gilang seperti di gambar. (benar/salah)
Jawaban: A (Salah) B (Benar) Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 15-16 Sarah sang detektif
Sari adalah siswa baru, pindahan dari sebuah sekolah di desa Cipeuteuy. Rambutnya lurus dan ditarik ke belakang menjadi kuda poni, kulitnya kecokelatan, dan seragamnya bukanlah barang baru.
Sari masuk ke dalam kelas didampingi kepala sekolah. Usai menyapa teman-temannya, Sari duduk di kursi belakang, satu-satunya kursi yang masih kosong.
Anak-anak mencuri pandang saat mendapat kesempatan. Sari menyimak pelajaran dengan serius.
Waktu istirahat akan tiba. Sari berdiri di dekat pintu dan menyapa anak-anak ketika mereka meninggalkan ruangan. “Izinkan saya memperkenalkan diri, saya Sari. Teman-teman lama saya memanggil saya detektif,” katanya.
Ketika Mirta mendengar ini, dia berseru: “Wah, detektif!” Anda pasti bisa membantu saya. Barang-barangku sering hilang.” Akhirnya mereka berjalan menuju kursi panjang di depan kelas untuk mendiskusikannya.
15. Mengapa Sari duduk di kursi belakang? A – Diceritakan oleh wali kelas. Bank adalah satu-satunya C yang kosong. Perintah Direktur.D. Mahasiswa baru harus duduk di belakang.
Jawaban: b. Bank itu adalah satu-satunya bank yang kosong.
16. Pernyataan manakah yang sesuai dengan tokoh Sarah menurut cerita A. Sarah gadis yang baru menikah, teman lamanya B. Sarah disukai oleh teman-temannya karena dapat membantu temannya yang kehilangan C. sebagai murid baru di sekolah, Sara memulai dengan presentasi.
Jawaban: A. Sari adalah gadis baru yang teman lamanya menjulukinya Detektif C. Sebagai siswa baru di sekolah, Sari mengawalinya dengan memperkenalkan diri. Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal 17-19 yang serupa tetapi tak sama
Jika didengarkan suaranya, kambing dan domba bisa dianggap sebagai hewan yang sama. Namun tahukah Anda kalau keduanya sebenarnya berbeda. Perbedaan utama antara kambing dan domba adalah bulunya. Kambing memiliki bulu yang lurus dan memanjang, sedangkan domba memiliki bulu yang sebaliknya. Telinga dan tanduk kedua hewan ini juga berbeda.
Hewan lain yang sering disangka sama adalah katak dan tikus. Katak memiliki tubuh ramping, kulit lembab dan berlendir, serta jari kaki berselaput. Sedangkan katak berbadan lebar dengan kulit kering dan jari bercakar.
Kura-kura dan kura-kura adalah hewan lain yang serupa tetapi berbeda. Kura-kura mempunyai empat kaki untuk berjalan. Ia juga bisa menyembunyikan lehernya. Berbeda dengan penyu yang kakinya menyerupai sirip renang. Ada perbedaan.
17. Apa ciri-ciri utama penyu? A, kakinya terlihat seperti sirip renang. Ia memiliki empat kaki untuk berjalan C. Ia dapat menyembunyikan lehernya.
Jawaban: b. Ia mempunyai empat kaki untuk berjalan. Itu bisa menyembunyikan lehernya.
18. Kambing dan domba mirip, namun tetap mempunyai perbedaan. Apa perbedaan kambing dan domba berdasarkan keterangan pada teks?
Jawaban: Bulu domba terlihat keriting dan bulu kambing lurus. (Benar/Salah) b. Bentuk telinga domba mengarah ke atas, sedangkan telinga kambing sedikit menggantung. (benar/salah)
Jawaban: A (Benar) B (Benar)
19. Apa yang dapat disimpulkan dari teks “Serupa, tetapi tidak sama”?
A. Hewan yang kita anggap sama ternyata berbeda sehingga tidak ditemukan persamaannya. (cocok / tidak cocok) b. Persamaan dan perbedaan hewan pada umumnya dapat dilihat dari ciri fisiknya. (pantas/tidak pantas)
Jawaban: A (kurang tepat) B (sesuai) Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 20-22 Budaya 5-S Budaya 5S (pusmendik.kemdikbud.go.id)
Apa itu budaya 5-S? Budaya 5-S (tersenyum, menyapa, menyapa, sopan dan baik hati) merupakan sikap yang dimiliki seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Budaya tersenyum adalah hal yang paling mudah bagi kami. Senyuman bisa menular, lho! Hanya dengan senyuman kecil, kita bisa membuat orang lain ikut tersenyum. Luar biasa, bukan?
Sementara itu, budaya penyambutan dan penyambutan ternyata sering kita miliki. Misalnya menyapa dan menyapa teman saat bertemu. Bayangkan saja Anda berjalan melewati teman Anda tetapi mengabaikannya. Anda pasti merasa sedih bukan?
Budaya santun dan santun dapat kita lihat ketika seseorang berbicara dan berperilaku. Orang yang menerapkan budaya ini pasti sangat anggun. Mereka akan menghindari kebiasaan berbicara kasar.
Apakah Anda berpendidikan? Sebagai generasi muda kita wajib menerapkan budaya 5-S. Terutama bagi orang lanjut usia. Membiasakan diri dengan budaya akan mengantarkan kita pada karakter jujur.
Menjaga perkataan dan sikap akan membuat kita berharga di mata orang lain. Jika kita terbiasa dengan sikap budaya ini, orang lain akan menghormati kita. Selain itu, kita akan bebas dari perselisihan.
20. Berdasarkan informasi tersebut, dampak positif apa yang dapat dirasakan seseorang setelah menerapkan budaya 5-S?
A. Tidak ada ucapan kasar. B. Hindari rasa iri dan dengki C. Hindari prasangka buruk.D. Tidak ada perselisihan.
Jawaban: D Tidak ada perselisihan.
21. Seseorang yang telah menerapkan budaya kesantunan akan terlihat dari cara berbicaranya dan
Jawaban: berperilaku
22. Gambaran apa yang harus ditambahkan ke dalam wacana?
Penjelasan budaya gambar 5-s.b. Gambar orang saling menyapa.C. Gambar orang saling menyapa.
Jawaban : B Gambar orang yang saling menyapa. Gambar orang saling menyapa. Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 23-25. Ayo ke taman!
Berkebun adalah kegiatan menanam dan merawat tanaman. Pertama, pilih jenis tanaman yang Anda sukai. Misalnya tanaman yang menghasilkan buah seperti tomat ceri juga bisa menjadi pilihan. Misalnya saja kaleng penyiram atau sekop mini yang bisa mempermudah pekerjaan kita.
23. Cocokkan urutan metode berkebun yang menyenangkan dengan aktivitas! Lihat foto yang cocok dengan rangkaian metode berkebun yang menyenangkan dengan aktivitas!
Menjawab:
Cara pertama – pilih jenis tanaman yang Anda suka.
Cara lain adalah dengan menggunakan peralatan berkebun khusus.
Cara ketiga – catat setiap perkembangan tanaman.
24. Teks tersebut menjelaskan kegiatan berkebun. Informasi apa yang sesuai dengan teks?
Klik pilihan benar atau salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
A. Read menjelaskan cara berputarnya dengan cara yang menyenangkan. (Benar/Salah) B Bacaan tersebut menjelaskan cara memilih tanaman yang baik. (benar/salah)
Jawaban: A (Benar) B (Salah)
25. Mengapa perawatan tanaman yang kita cintai itu baik?
Klik pada setiap jawaban yang benar! Lebih dari satu jawaban yang benar.
A. Kita dapat melihat pertumbuhan tanaman kitaB. Kita bisa memilih alat yang menarik untuk menyiram tanaman. Kita bisa mengabadikan keindahan tanaman di berbagai media.
Jawaban: a. Kita bisa melihat pertumbuhan tanaman kita. Kita bisa mengabadikan keindahan tanaman di berbagai media. Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 26-28 Jaket Abida
Anda meminjam jaket Avida tanpa izin. Padahal tahukah Anda, jika meminjam jaket Avida harus mendapat izin.
Sore itu, Ata belajar melukis di rumah dengan jaket Avida. Avida belajar berkelompok di rumah temannya.
Ata kurang hati-hati dan jaket Avida jadi kotor. Ata ketakutan dan menyembunyikan jaket Avid di bawah tempat tidur.
Avida berlari ke dalam rumah. Ayah sedang bersantai. Avida mengadu kepada ayahnya sambil menangis karena jaketnya hilang.
Ata tak suka melihat Ebid seperti ini. Saya menganggap Abidin yang menulis. Ternyata warna jaket Abida memang sudah berubah.
Avida akhirnya mengetahuinya dan marah pada Ata. Sang ibu mengetahui kekhawatiran Ata. Dan dia berkata, “Biarkan saja, serahkan saja pada Abda.”
“Maafkan aku, Abide,” kata Ata dengan suara rendah tertunduk.
Anda ingin memperbaiki jaket Avida. Terakhir, Ata melukis pelangi di rok Abida. Avida tersenyum lebar saat rok Avida menjadi indah.
26. Apa yang dilakukan Ata dan Avida sore itu?
A. Ata belajar melukis di rumah.B. Ata sedang bersantai di ruang tamu.C. Avida belajar berkelompok di rumah temannya.
Jawaban: Ato belajar melukis di rumah. Avida belajar berkelompok di rumah temannya.
27. Avida marah pada Ata. Mengapa Avida marah pada Ata?
Seseorang memiliki surat Avida yang kotor. (Benar / Salah) B. Ata membuat rok Abida berubah warna. (benar/salah)
Jawaban: A (Benar) B (Benar)
28. Bagaimana perasaan Abida saat mengetahui jaketnya hilang?
A sekarang B panik. Terharu.
Jawaban: a. Sekarang.B. Panik. Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 29-32 Delapan planet di tata surya
Planet adalah benda langit yang bergerak mengelilingi matahari. Setiap planet mempunyai jalurnya masing-masing yang teratur dan tidak saling bertabrakan. Berikut informasi mengenai planet-planet di tata surya. Delapan planet di tata surya (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
29. Cocokkan nama planet (di kolom kiri) dengan datanya (di kolom kanan) sesuai isi teks! Cocokkan nama planet (di kolom kiri) dengan keterangan (di kolom kanan) sesuai isi teks!
Menjawab:
Venus – permukaan planet ini gurun, kering dan dipenuhi bebatuan.
Uranus – planet ini disebut es karena suhu terendahnya bisa mencapai -226°C.
Merkurius – Planet ini adalah planet terkecil dan paling dekat dengan Putra.
30. Setiap planet di tata surya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Informasi apa yang benar mengenai ciri-ciri planet di tata surya?
A. Jupiter adalah hutang yang kacau di tata surya. (Benar/Salah) b. Permukaan planet Mars berwarna merah karena tertutup debu yang kaya akan zat besi. (Benar / salah)
Jawaban: A (salah) B (benar)
31. Apa perbedaan bumi dan Saturnus?
A. Bagian bumi terdiri dari air, sedangkan bagian saturin ditutupi oleh debu nutright. Bumi merupakan planet yang memiliki kehidupan, sedangkan Saturnus merupakan planet terbesar kedua di tata surya.
Jawaban: A (salah) B (benar)
32. Mengapa gambar planet Mars dan planet Saturnus disertai penjelasannya?
A. Gambar planet Mars ditunjukkan dengan warna merah.b. Gambar planet saturnus menunjukkan cincin di sekelilingnya. Gambar planet Saturnus dan Mars ditampilkan dalam ukuran sebenarnya.
Jawaban: A. Gambar planet Mars ditampilkan dalam warna merah. Gambar planet Saturnus ini memperlihatkan cincin yang mengelilinginya. Simak bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 33-35 sejarah kutu di negeri rambut
Di lahan subur, AJENG mempunyai ribuan telur. Dia sering berkoar-koar di kepala. Tak jarang rambut Ajeng menjadi tidak nyaman. Mereka melompat untuk mencari negara baru.
33. Dimana ribuan kutu milik orang Yahudi milikmu?
A di negara ini. B. Di rambut Ajeng.c. Di rambut seorang teman.
Jawaban:B. Di rambut Ajeng.
34. Menurut cerita “Sejarah Rambut Botak di Tanah” terdapat beberapa huruf didalamnya.
Cocokkan penjelasan pada kolom kiri dengan huruf pada kolom kanan! Lihat foto menurut cerita “sejarah kutu di negeri rambut” terdapat beberapa huruf didalamnya.
Menjawab:
Seorang tokoh yang di dalam Tuhannya terdapat ribuan kutu. (Yeng)
Tokoh yang tidak nyaman dengan Ajeng. (Rekan kerja)
Surat melompat untuk menemukan negara baru. (Telinga)
35. Kenapa teman-teman Ajeng merasa risih dengan kamu?
A. Rambut Ajeng panjang. Ajeng meninggikan sering meninggikan kepala. Rambut Ajeng AJeng penuh kutu.
Jawaban : C. Rambut Ajeng mempunyai banyak telinga. Ajeng meninggikan sering meninggikan kepala. Simaklah bacaan dibawah ini untuk menjawab soal nomer 36-39 3 jenis rempah-rempah
Bisakah Anda membedakannya?
1. Termer kunyit (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Kunyit atau kunyit memiliki kulit berwarna coklat tua. Dagingnya berwarna oranye. Kunyit bisa menjadi obat penyembuhan luka. Warna kuning juga bisa digunakan sebagai warna.
2. Lengkuas Lengkuas (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Kulit lengkuas atau Laos halus. Dagingnya berwarna putih. Lengkuas dapat mengobati penyakit pernafasan. Aromanya harum. Bau berkontribusi terhadap rasa makanan.
3. Jahe Inbinger (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Kulit jahe berwarna coklat muda. Dagingnya berwarna kuning tua. Jahe cocok dijadikan bahan minuman. Minum jahe menghangatkan tubuh.
36. Jamu yang dapat menyembuhkan luka adalah…
Termerick. jahe C. Laos
Jawaban: Kunyit
37. Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari teks tersebut?
A. Rempah-rempah merupakan bahan makanan pokok di Indonesiab. Rempah-rempah sebagai bahan campuran masakan dan minuman. Rempah-rempah sebagai bahan penyembuhan bagi masyarakat.
Jawaban: B rempah-rempah seperti campuran bahan masakan dan minuman. Rempah-rempah sebagai bahan penyembuhan bagi masyarakat.
38. Apa perbedaan kunyit, jahe dan lengkuas?
Cocokkan nama rempah-rempah berikut dengan kegunaannya! Lihat Foto Apa perbedaan kunyit, jahe dan lengkuas?
Menjawab:
Jahe – seperti bahan minuman panas.
Kunyit – seperti pewarna makanan.
Lengkuas – seperti wewangian masakan.
39. Gambar apa yang harus ditambahkan ke teks?
A. Gambar makanan atau minuman yang terbuat dari rempah-rempah. (Perlu / tidak perlu) Gambar lebah tentang penyakit yang disebabkan oleh rempah-rempah. (Wajib / Tidak Wajib)
Jawaban: A (perlu) B (tidak perlu) memperhatikan bacaan di bawah ini melindungi tanah
Benny dan Wavan bermain sendiri di pengadilan. Sang ayah membawakan sampah yang bertuliskan “Sampah Organik”. Wheres dan Benni ditolak ke sang Ayah.
“Ayo, bantu piring untuk memotong sampah!” Panggil Tempel. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Dator, Beni dan Wovon sudah mencium bau sampah ini, sehingga bisa diangkat dengan mudah. Kemudian sampah yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam tong yang sudah disiapkan. Jangan lupa tambahkan sedikit air dan tutup tong kesehatannya. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
“Silakan buka keG #3, Ben!” – kata sang ayah bertanya.
– Aku tidak mau – kata Benny menolak.
“Sudah tujuh hari lebih, komposnya sudah siap. Asapnya tidak seperti kemarin,” jelas sang ayah sambil tersenyum.
– Kemarin baunya, soalnya belum jadi ya? Di mana ditanya.
“Ya, dia sudah selesai kemarin, kemarin dalam waktu singkat, sehingga udara di alat peraga tidak boleh terlalu panas.”
Setelah itu sang ayah menggantikan posisi para ayah. Dengan bantuan Benny dan wovon kata Date memberikan Camposts untuk tanaman tersebut. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
40. Mengapa harus dipotong kecil-kecil saat membuat kompos?
Jawab : Supaya mudah diuraikan / Agar mudah diuraikan / Mudah diuraikan dan soal-soal anbk SD, Usaha, Paket A materi numerik kelas 5.
Tahukah anda tentang Caravitan adalah seni musik tradisional yang digunakan dalam caravidan. Salah satunya adalah Cenderung Ketavang. Kempziang, Kempul dan Gong terdapat ketukan tertentu ketika memainkan alat musik tersebut. GENDING KETAWANG (Pusmendik.kemdikBud.go.id)
41. Setelah pengukuran ke-13, akan dimainkan Kempdiang untuk pengukuran ke-13
Jawaban: 15
42. Saat kami memainkan Gending Ketawang, kami memainkan beberapa alat musik. Klik pilihan benar atau salah untuk setiap pertanyaan berdasarkan isi teks!
A, di perusahaan 1 lebah 16 memainkan keras empat kali. (Benar / focch) b. Jands 16, Catch, Instrumen Game Naturally, Catcuke, pendidikan, pembangkitan. (Benar / salah)
Jawaban : A (benar) B (salah) perhatikan bacaan dibawah ini untuk menjawab soal nomor 13-14 Batik Jlamprang
Anda bisa bisa? Batik merupakan salah satu kain yang memiliki motif unik. Salah satu contohnya adalah Batik Jlamprang dari Peckalongan. Motifnya berbentuk bulat dengan garis bintang bercahaya. Gambar dibawah ini menunjukkan motif Batik Jlamprang. Batik JLamprang (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Kemudian motif tersebut dipadukan dengan pola berikutnya. Batik JLamprang (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Seri yang sama dengan seri 1 akan dibuat dengan 13 motif. Batik JLamprang (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
43. Berapa banyak motif palang merah yang diperlukan untuk melengkapi rangkaian tersebut?
A 3 motif berbicara B4 motif berbicara G5 motif berbicara
Jawaban: B4 Gerakan yang Mahal
44. Batik jagung warna warni mempunyai corak yang sama dengan rangkaian 2 Batikatik Jlamprung yaitu motif hijau – Batik motomendik kuning (Pusmendik.kemdikbud.Go.id)
Devi ingin membuat seri dengan 14 motif. Berikut penjelasan kebutuhan Devi terhadap produksi rangkaian Batikatics. Klik Setiap Jawaban yang Benar! Lebih dari satu jawaban yang benar.
A 5 Motif HijauB4 Motif Gel G4 Motif Hitam
Jawaban: A. 5 Motif Hijau C. 4 Motif Hitam Perhatikan bacaan dibawah ini untuk menjawab soal nomor 45-46 pernafasan lumba-lumba
Delpins adalah jenis ikan khusus yang bernapas dengan paru-paru dan dapat bernapas di laut terluas selama 600 detik seperti yang dilakukan di laut habis. Delfin bernafas (Pusmendik.kemdikbud.go.ID/)
45. Seekor lumba-lumba diamati muncul ke permukaan selama 30 detik untuk bernapas. Berapa kali delfin muncul ke permukaan?
A 6 kali B 10 kali CD. 12 kalid. 15 kali
Jawaban: A 6 kali
46. Dua ikan delfin secara bergantian muncul ke permukaan laut. Lumba-lumba pertama muncul ke permukaan laut sebanyak 60 kali. Lumba-lumba kedua menyelam ke dasar laut sebanyak 12 kali. Mungkinkah kedua Lumba-lumba bisa muncul ke permukaan dan menyelam ke dasar laut secara bersamaan? Berikan alasan Anda.
Jawaban : Ya, karena mereka melakukannya selama 120 detik. Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 47-48
Minggu adalah wanita Nur dan wanita yang mengemis kepada murid-muridnya dalam perjalanan ke kebun binatang. Ada 2 minibus yang akan mengangkut mereka. Di minibus pertama ada tujuh siswa dan satu guru. Sementara itu, ada empat siswa dan satu guru di dalam minibus lainnya. Minibus (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Di setiap minibus duduk seorang guru tepat di belakang pengemudi. Minibus (Pusmendik.kemdikbud.go.id) Minibus (Pusmendik.kemdikbud.Go.id)
47. Dari susunan tempat duduk 2 minibus, klik pilihan benar atau salah untuk setiap pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan posisi kutipan dari desain 2 bus tersebut.
Seorang nurol sedang duduk untuk Andrew. (Benar/Salah) B. Bella berada di sebelah kanan Ricky. (Benar / salah)
Jawaban: A (benar) B (benar)
48. Dari susunan tempat duduk di kedua bus tersebut, anak di bus 1 manakah yang posisi duduknya sama dengan anak di bus 2? Klik Setiap Jawaban yang Benar! Lebih dari satu jawaban yang benar.
A citra dan anisyah b Andre dan rikik. Putri dan Bella
Jawaban: A. Citra dan Aisyah C. Putri dan Bella Perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 49-50 membuat soal Perescope sederhana
Pereskop adalah optik yang diinstruksikan untuk mengenali objek tersembunyi. Periskop (Pusmendik.kemdikBud.go.id)
Siswa kelas 4 akan membuat preeskop sederhana seperti gambar di bawah ini. Membuat periskop sederhana (Pusmendik.kemdikBud.go.id)
Mereka membuat pereskop menggunakan kemasan pasta gigi. Pertama mereka memberi lubang persegi dengan sisi 4 cm. Kemudian siapkan gelas berukuran 10 cm x 5 cm. Sketsa Pereskop yang akan dibuat tampak seperti gambar berikut. Membuat periskop sederhana (Pusmendik.kemdikBud.go.id)
49. Sebelum membuat Pereskophophophesh ini, maka ketahuilah terlebih dahulu ciri-ciri setiap bagian dari Perescope. Manakah dari kesimpulan berikut yang benar? Klik Setiap Jawaban yang Benar! Lebih dari satu jawaban yang benar.
A. Lubang Pereskop depan 16 cm⊃2; Bagian atas Pereskop adalah 28 cm⊃2 C. Satu gelas paresup ukuran 50 cm⊃2;
Jawaban: A. Lubang Pereskop depan 16 cm⊃2; Satu gelas paresup ukuran 50 cm⊃2;
50. Sebuah periskop sederhana yang dibuat oleh siswa akan dilapisi dengan kertas berwarna. Ada 2 warna, hijau untuk bagian samping dan gel untuk bagian depan dan belakang. Stok kertas hijau berukuran 250 cm⊃2;, sedangkan kertas kuning berukuran 300 cm⊃2;. Klik pilihan benar atau salah pada pernyataan berdasarkan isi teks!
A: Kertas hijau yang tersedia cukup untuk menutupi sisi Perescope. (Benar/Salah) Lebah memberikan kertas kuning secukupnya untuk menutupi bagian depan dan belakang Perescope yang masih melubangi. (Benar / salah)
Jawaban: A (benar) B (benar) perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 51-52 berbelanja di suatu toko
Salsa dan ibu pergi berbelanja di toko dekat rumah. Di dalam toko, beberapa barang dipajang di rak-rak seperti pada gambar di bawah ini: Belanja di toko (Pusmendik.kemdikBud.Go.id)
51. Barang yang dijual di toko mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Benda apa saja yang berbentuk balok dan kubus?
Blok A-Astapan ABEC = kedaulatan B dan cub-closed anbought = jam sama sekali Benda berbentuk balok = karton susu dan benda berbentuk kubus = kotak jus. Benda berbentuk balok = jam B dan benda berbentuk kubus = Kawat A.
Jawaban:B. Benda berbentuk balok = karton susu dan benda berbentuk kubus = kotak jus.
52. Berbagai jenis benda dengan berbagai bentuk dijual di toko. Tentukan pernyataan yang benar tentang bentuk benda dan jumlahnya klik pada setiap jawaban yang benar! Lebih dari satu jawaban yang benar.
A. Benda berbentuk persegi panjang berjumlah 3 buah B. Benda berbentuk bulat berjumlah 2 buah C. Benda berbentuk segitiga berjumlah 3 buah.
Jawaban: A. Ada 3 benda berbentuk persegi panjang C. Ada 3 benda berbentuk segitiga. Simak bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 53-54 membangun kolam
Pac Joco memiliki lahan kosong di belakang rumahnya. Perancangannya untuk mengubah lahan menjadi kolam renang dan taman, desain dan ukurannya ditampilkan pada gambar berikut. Membangun Kolam Renang (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
53. Seluruh area dekat kolam renang PAC Joko akan ditumbuhi rumput sintetis seperti pada gambar, tekan pilihan benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut!
A. Pac Joco membutuhkan 10.000 cm⊃2 rumput sintetis; Tutup bagian I. (benar/salah) b. Pac Joco membutuhkan 20.000 cm⊃2 rumput sintetis; Tutup bagian II. (Benar / salah)
Jawaban: A (benar) B (benar)
54. Keramik serupa ditempatkan di sekeliling kolam seperti pada gambar. Pac Joco mempunyai keramik sebanyak 100 buah, apakah keramik tersebut cukup jika diletakkan disekitar kolam? Berikan alasanmu!
Jawab: Belum cukup, karena ukuran keramiknya 10 cm (10 cm, perhatikan bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 55-56 mini pizza.
Winda membeli sekotak 6 buah pizza mini. Satu kotak berisi 1 pizza mini. Winda berencana menyebarkan pizza mini itu kepada Keke dan Coco. Ini dia mini pizza yang dibelikan Winda.
Keterangan: Pizza Mini (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
55. Jika Keke makan satu pizza sosis mini dan coco makan dua tomat pizza mini. Pizza mini apa yang boleh dimakan di jendela? Klik Setiap pilihan jawaban yang sesuai! Jawabannya lebih dari satu.
Yi 1 Sosis Pizza Mini dan 1 Udang Pizza Mini. 1 pizza Udang Mini dan 1 pizza tomat mini. 1 pizza sosis mini dan 2 pizza udang mini
Jawaban: A. 1 Pizza Mini Loust dan 1 Pizza Mini Pizza Mini. 1 pizza sosis mini dan 2 pizza udang mini
56. Winda kembali membeli 2 buah udang mini dan 2 buah sosis pizza mini.
Klik pada pilihan yang mungkin atau tidak mungkin untuk setiap kejadian berikut!
A. Keke makan 4 udang pizza mini. (Mungkin/tidak mungkin) b. Coco makan 3 pizza tomat mini. (Mungkin / tidak mungkin)
Jawaban: a (mungkin) B (tidak mungkin)
57 Ibu telah memberikan baju dan celana yang kasar. Sang ibu memberikan beberapa baju dan celana sebagai berikut. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)
Ahim, akan membawakan baju dan celana yang diberikan ibunya selama berkemah.
Pasangan dan celana mana yang paling sering dibawa para ibu saat berkemah?
A. Memainkan Celana 2 dan 1 M. Baju 2 dan celana 1k. Pakaian 2 dan celana 2
Jawaban:B. Baju 2 dan celana 1 simak bacaan dibawah ini untuk menjawab soal nomor 58-59 wickpillars bintang putih
Pernahkah Anda melihat binatang berwarna putih? Burung jalak putih dipelihara karena kicauannya yang merdu. Tak heran jika Pak Budy juga mengangkat bintang putih. Budi Budy memberi makan seekor bintang putih dengan 4 jenis Ulat. Ada Caterpillar A, Caterpillar tipe B, Caterpillar C, dan Caterpillar tipe D.
Suatu hari Pak Budyyenyfaded Ju gu dalam mangkuk. Setelah isi wadah : Ulat Bintang Putih (Pusmenndik.kemdikbud.go.id)
58. Semua Ulat di dalam tangki ditugaskan ke bintang putih Lord Wake. Ayah mana yang paling mungkin memakan burung?
Ulat Telur AB. Ulat tipe BC. CD CD CEATERPILARFARY. Ulat D
Jawab : A. Tipe Ulat a
59 ulat bintang putih (Pusmennndik.kemdikbud.go.id) Ulat bintang putih (Pusmendik.kemdikbud.go.g)
Berdasarkan diagram, klik pilihan yang benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut!
A. Jumlah ulatnya tetap. (Benar/salah) b. Hanya nomor track yang dikurangi dari aslinya. (Benar / salah)
Jawaban: A (benar) B (benar)
60. Toko sepeda
Ayah mempunyai pekerjaan sepeda. Saat ini ayah saya sudah membuka tiga cabang sepeda di beberapa kota. Sepeda Bapak Buruh ini menjual beberapa jenis sepeda.
Setelah daftar sepeda di setiap toko bersepeda yang dimiliki oleh The Father: Bicycle Shop (Pusmennndik.kemdikbud.id.id) Menawarkan (Pusmennis
Sang ayah ingin meningkatkan jumlah sepeda di setiap perdagangan bersepeda.
Toko bersepeda setiap ayah hanya dapat memegang 250 sepeda.
Klik setiap opsi respons opsional! Jawabannya lebih dari satu.
A. Orang tua dapat menambahkan 60 anak memanggang ke toko sepeda di Bali.B. Sang ayah dapat menambahkan 30 sepeda lipat ke perdagangan bersepeda di Jakarta.c. Sang ayah dapat menambahkan 25 sepeda gunung di toko sepeda dalam volifikasi.
Jawaban: Ayah telur dapat menambahkan 60 anak sepeda ke perdagangan sepeda di Bali.C. Ayah dapat menambahkan 25 sepeda gunung di toko sepeda dalam volifikasi. Pikirkan tentang membaca untuk menjawab pertanyaan No.61 -62 Layanan Sosial SD Tunas Jaya
2 Siswa SD Tunas Jaya mengadakan layanan sosial. 23 siswa, 2B dan 2C diminta untuk mengumpulkan pakaian menjadi dibawa. Kelas 2A mengumpulkan 95 pakaian. Kelas 2B mengumpulkan 68 pakaian. Sementara CD Kelas 2 mengumpulkan 89 pakaian. Pakaian yang dikumpulkan akan disumbangkan ke panti asuhan Berka Centos. OAM ANBK Kelas 5 (PusMennndik.kemdikbud.go.id)
61. Perbandingan jumlah pakaian yang disumbangkan oleh setiap kelas adalah …
A. Pakaian Kelas 2 lebih kecil dari Kelas 2B.B.B. Pakaian Kelas 2 kurang dari Kelas 2C.C. קלאַס 2 ב קליידער איז ווייניקער ווי אַ קלאַס 2C קליידער.
ענטפער: C. קלאַס 2 ב קליידער איז קלענערער ווי קלאַס 2C קליידער.
62. עס זענען 75 קינדער אין די אָרפאַנאַדזש אין די אָרפאַנאַדזש. יעדער קינד געץ איין ה-העמד. איז די קליידער פון יעדער קלאַס גענוג צו פאַרשפּרייטן?
A. קלאַס 2 קליידער זענען גענוג, ווייַל די נומער פון קליידער איז מער ווי די נומער פון קינדער. בי קלאַס 2 ב קליידער זענען גענוג, ווייַל די נומער פון קליידער איז ווייניקער ווי די נומער פון קינדער. קלאַס 2C קליידער זענען נישט גענוג, ווייַל די נומער פון קליידער איז מער ווי די נומער פון קינדער.
ענטפער: A. קלאַס 2 קליידער זענען גענוג, ווייַל די נומער פון קליידער איז מער ווי די נומער פון קינדער. ופמערקזאַמקייט צו לייענען אַראָפּ צו ענטפֿערן פֿראגן נומ 63-64 לערן צו טשאָקאָ קיכלעך קייקס
הייַנט, מיין מוטער האָט פארבעטן מיר צו לערנען צו ריין די שטיקל קייקס. די מוטער וועט נוצן איין רעצעפּט. איין רעצעפּט קענען פּראָדוצירן 35 ברעקלעך פון שטיקל.
די נייטיק ינגרידיאַנץ זענען: 3/4 קג מעל 1/3 קג פּודער מילך 1/4 קג קאַקאָ פּודער 6/4 קג פון ראַבערייזד צוקער 9/6 קג מאַרגאַרין 2 יי יאָוק 2 שטיקל פּאַקידזשיז
די ינגרידיאַנץ זענען בארעכטיגט אין שטוב 6 KG מעל, 2 קג פון ראַפינירט צוקער, 3 עגגס און 1 פּאַק פון טשאָקאָ קיכלעך.
באַזירט אויף די נויט פֿאַר די ינגרידיאַנץ צו מאַכן אַ שטיקל, דריקט אויף די גומע אָדער פאַלש סעלעקציע פֿאַר יעדער דערקלערונג באזירט אויף די אינהאַלט פון די טעקסט!
A. די נומער פון מאַרגאַרין דאַרף איז קלענערער ווי ראַפינירט צוקער. (רעכט / פאַלש) ב. די סומע פון מעל דאַרף איז מער ווי אַ מילקי פּודער. (רעכט / פאַלש)
ענטפער: א (פאַלש) ב (רעכט)
דער ווייַטער טאָג מיין מוטער האָט פארבעטן מיר צו העלפן איר מאַכן אַ סדר פון 9 טשאַפּס פון דזשאַרז (180 ברעקלעך שטיקל שטיקל). דריקט אויף די רעכט אָדער מיסקאַנסעפּשאַן פֿאַר יעדער ויסזאָגונג באזירט אויף די אינהאַלט פון די טעקסט!
יי די מוטער האט צו קויפן מער עגגס מער עגגס. (רעכט / פאַלש) ב. צו מאַכן 3 שטיקל דזשאַרז, איר דאַרפֿן 5 טשאָקאָ קיכלעך פּאַקידזשיז. (רעכט / פאַלש)
ענטפער: א (רעכט) ב (פאַלש) באַצאָלן ופמערקזאַמקייט צו לייענען לייענען צו ענטפֿערן די נומער 65-66 נומער נומער
אַני, סינטאַ און טוטי אנטייל אין די קראַנט פאַרמעסט אין די געשעעניש 17. אויגוסט. אַני האט אַ קאַסטן נומער 12, און די וואָרוט האט אַ קאַסטן נומער ווייניקער ווי די סינט. נומער פון טשעסץ פֿאַר ראַנערז (Pusmenndik.kemdikbud.go.id)
65. וואָס איז די קאַסטן נומער פון די קוטיי?
ענטפער: 06
66. באַזירט אויף די אינפֿאָרמאַציע צוגעשטעלט, גיט די ריכטיק אָדער פאַלש סעלעקציע פֿאַר יעדער דערקלערונג באזירט אויף די אינהאַלט פון די טעקסט!
יי טוטי האט דער קלענסטער קאַסטן נומער פון דרייַ ראַנערז. (רעכט / פאַלש) ב. אַני האט אַ קאַסטן נומער ווייניקער ווי די סינט. (רעכט / פאַלש)
ענטפער: א (אמת) b (אמת) באַצאָלן ופמערקזאַמקייט צו לייענען צו ענטפֿערן די פֿראגן נומ 67-68 סטודענטן נומער אין SD ANNING
די גאַנץ נומער פון סטודענטן אין סד איז 450 קינדער. קלאַס 4 אין סד באשטייט פון צוויי קלאסן, ניימלי קלאַס 4 אַ און 4 ב. קלאַס 4 און כּולל 15 יינגלעך און 6 גערלז. רובֿ סטודענטן פון 4 אַ טראָגן ברילן. קלאַס 4B באשטייט פון 10 יינגלעך און 14 גערלז. נומער פון סטודענטן אויף סד אַנינינג (Pusmendik.Kemdikbud.Go.id)
67. די פאלגענדע ויסזאָגונג רעפערס צו סטודענטן אין קלאַס 4 אַ מיט בעראַרד און נישט ברילן. דריקט אויף די רעכט אָדער מיסקאַנסעפּשאַן פֿאַר יעדער ויסזאָגונג באזירט אויף די אינהאַלט פון די טעקסט!
יי. סטודענטן פון קלאַס 4 אַ פון דעם לאַגער וועקסל מער ווי די נומער פון סטודענטן פון 4 אַ גראַדעס. (רעכט / פאַלש) ב. סטודענטן פון 4 אַ מיינונג מיט קייפל ברילן ווי סטודענטן וואָס זענען נישט ברילן. (רעכט / פאַלש)
ענטפער: א (אמת) ב (אמת)
68. הייַנט איז אַ שולע דיין געבורסטאָג געשעעניש. יעדער קלאַס איז 1 שטיק פון דער שטיקל פון די זעלבע גרייס צו עסן צוזאַמען. די קייקס זענען צעטיילט ווי גרעסער ווי פילע סטודענטן אין די קלאַס.
דריקט אויף יעדער אַפּשאַנאַל ענטפער אָפּציע! און דער ענטפער איז מער ווי איין!
A. דער שטיקל אָפּטיילונג פון אַלע 4 אַ זכר סטודענטן איז מער ווי אַ טייל פון דעם שטיקל פון אַלע 4b.B.B.B. די שטיקל אָפּטיילונג פון אַלע 4 ב גראַדעס פון מיינונג איז מער ווי אַ שטיקל טייל פון אַלע מענטשן פון 4A.C.C.C. יעדער קינד 4b געץ אַ קליין שטיקל פון אַ שטיקל פֿאַר יעדער קינד 4 אַ.
ענטפער: (אַ) טייל פון דעם שטיקל פון אַלע 4 אַ סטודענטן זענען מער ווי די טייל פון דעם שטיקל פון אַלע 4 ב-אָטש. (C) יעדער 4B מיינונג קינד באקומט אַ קליין שטיקל פון דעם קינד פֿאַר יעדער קינד פון 4 אַ.
69. די מוטער וועט לערנען די ריינם צו מאַכן אַ בראַסלעט פון אַ קרעל. די מוטער קאַמפּיילד אַ ביסל קרעלן ווי גייט: די מוטער וועט לערנען די ריינם צו מאַכן אַ בראַסלעט פון קרעלן. (Pusmendik.Kemdikbud.go.id)
רינאַ מוזן פאָרזעצן די קרעל פּלאַן אַז די מוטער געוויזן, וואָס איז דער ווייַטער פּלאַן פון די ווייַטער קרעלן? View פאָטאָ ענטפער פאָטאָ פֿאַר ANBK 9 סד
ענטפער: ענטפֿערס צו ANBK קלאַס 5 עלעמענטאַר שולע (Pusmendik.Kemdikbud.Go.id)
. פרוי מילאַ האט אַ ליבלינג הינדל. עס זענען 3 מענטשן ס טשיקאַנז, 6 ווייַבלעך טשיקאַנז און 8 טשיקאַנז. דער ווייַטער טאָג איז געווען סאַפּרייזד אַז עטלעכע פון זיין טשיקאַנז זענען פעלנדיק. די בילד אונטן ווייַזן אַ הינדל וואָס נאָך יגזיסץ. יבו מילאַ האט אַ הינדל ליבלינג. עס זענען 3 מענטשן ס טשיקאַנז, 6 ווייַבלעך טשיקאַנז און 8 טשיקאַנז. (Pusmendik.Kemdikbud.go.id)
באַשרייַבונג: באַשרייַבונג (Pusmendik.Kemdikbud.Go.id)
וואָס פעלנדיק די נומער פון טשיקאַנז?
A. 3 Ayamb. 4 הינדל C. 5 טשיקאַנז
ענטפער: C. 5 טשיקאַנז
71. זאל ס קוק אין די בילד אונטן. (Pusmendik.Kemdikbud.go.id)
פּאָר די רעכט נומערן. זען די פאָטאָ
ענטפער: 19, 8, 26 72. אָרגאַניזירן בלאַקס
די יינגער ברודער פיעסעס אין קאַמפּיילינג בלאַקס. די פארבן פון בלאַקס קאַמפּאָוזד זענען רויט, געל און גרין. ()
פאַקטיש קאָליר פֿאַר אומבאַקאַנט בלאַקס איז …. A. Redb. IGLLC. Hijau
ענטפער: C. גרין
73. אָרגאַניזירן סכוירע אויף די לערנען טיש
קיאָ עריינדזשד זיין טינגז אויף דעם לערנען שרייַבטיש אין זיין פּלאַץ.
די פאלגענדע איז אַ בילד פון די לערנען טיש און עטלעכע פון די קרעכצן זאכן.
באַזירט אויף די פאָרעם פון אַבדזשעקץ אין די קיאָ צימער, וואָס דערקלערונג איז ריכטיק? קובע-פאַבריקאַנט צו ויסמעקן אַ בלייַער. B. קאַרטאַן ונטער דער טיש פון קיאָ לערנען אין די פאָרעם פון אַ קוב. C. פּען ערטער מיט שטראַל.
ענטפער: A. Cube – סעלעקציע צו ווישן די בלייַער. C. פּען ערטער מיט שטראַל.
74. קיאָ שטעלן עטלעכע זאכן אויף זיין ווערקשיל. אַלע לאַנג ווירע און דרייַעק אויף שטיין 1. שעה אויף שטיין 2. בוך אויף דער פּאָליצע אויף די 5 בלייַער 6.
באַשטימען די רעכט אָדער פאַלש פֿאַר יעדער פון די פאלגענדע סטייטמאַנץ!
A. Rudnik ס פּאָליצע איז אויף די זייגער וואַך. (רעכט / פאַלש) ב. די בוקשעלף איז אונטער פעדער. (רעכט / פאַלש)
ענטפער: א (רעכט) ב (פאַלש)
75. עקספּרעס פון קייקס (PUSMANTIK.KEMDIKBUD.GO.ID)
די מוטער געפרעגט Ciko צו באַפרייַען דעם שטיקל. פֿון Ciko.rumah Ciko הויז איז אַ הויז נומער 5.
פּאָר די רעכט נאָמען און היים נומער!
VinaIausiska נאָמען
הויז ניט .23467
ענטפער: ווייַן (2) יייו (7) סיסאַק (4)
76. די ווייַטקייט צווישן די הויז ייו צו די הויז איז … נומער.
ענטפער: 5
77. כאַרדאַנינג
די מוטער איז קאַלעקטינג די רעזולטאַטן פון דעם גאָרטן. עס זענען פאַרשידענע טייפּס פון וועדזשטאַבאַלז, טובערס און פירות ווי געוויזן אין די בילד. טייל פון די שניט וועט זיין געגעבן צו שכנים.
וואָס אינצידענט איז אוממעגלעך? Q. די מוטער גיט 2 טייפּס פון פירות און 1 טובערס. B. מוטער גיט 5 טייפּס פון וועדזשטאַבאַלז און 1 טיפּ פון פרוכט. די מוטער גיט 2 טייפּס פון פירות און 2 טייפּס פון וועדזשטאַבאַלז.
ענטפער: B. מוטער גיט 5 טייפּס פון וועדזשטאַבאַלז און 1 טיפּ פון פרוכט.
78. Wahan אין די שפּילפּלאַץ
Ardan, Bagas און Cankica זענען 3 ברידער. זיי גיין צו די שפּילפּלאַץ צוזאַמען. זיי וועלן צו פאָר פאַרשידן רידעס.
אָבער עטלעכע רידעס האָבן טנאָים.
פֿאַר יענע וואָס זענען יינגער ווי 10 יאָר, זיי מוזן זיין באגלייט דורך די משפּחה. וואָס זענען זיי מעגלעך? באַגאַס דרייווז אַ פאָרמיטל בילן זיך. קאַנטאַקאַ דרייווז וואַהאַן אַלאַפּ-אַלאַפּ מיט ardan.c. די באַגגגע איז דרייווינג אַ טאָרנאַדאָ פאָרמיטל.
ענטפער: A. Bagas דרייווז אַ באַרקינג בילן פאָרמיטל. קאַנטאַקאַ דרייווז וואַהאַנאַ אַלאַפּ-אַלאַפּ מיט אַרדאַן.
79. וויטאַמין יי.
צי האָט איר וויסן? וויטאַמין אַ איז זייער נוציק פֿאַר אונדזער גוף. וויטאַמין אַ איז נוצלעך צו טייַנען אויג געזונט.
די נומער וואָס אַקיאַפּייז הונדערטער פון וויטאַמין אינהאַלט אין די קאַרקאָץ איז …. A. A. A. 9B. 5C. 4
ענטפער: C. 4
80. וויטאַמין א איז ליגן אין פילע וועדזשטאַבאַלז און פרוכט. באַזירט אויף דאַטן אויף וויטאַמין אַ אינהאַלט, באַשליסן די רעכט אָדער פאַלש פֿאַר יעדער פון די פאלגענדע סטייטמאַנץ!
A. וויטאַמין אינהאַלט אין מאַנגאָדי איז נידעריקער ווי קעראַץ. (רעכט / פאַלש) ב. דער אינהאַלט פון וויטאַמין א אין קעראַץ איז גרעסער ווי שפּינאַט. (רעכט / פאַלש)
ענטפער: א (רעכט) ב (פאַלש)