geosurvey.co.id – Simak, berikut kunci jawaban buku Pendidikan Pancasila Kelas 10 Kurikulum Mandiri SMA/MA halaman 46.
Pada buku Pendidikan Pancasila kelas 10 SMA/MA Kurikulum Merdeka halaman 46 terdapat soal pada bab 1.
Dalam kuis ini, siswa diminta menjawab serangkaian pertanyaan interaktif.
Sebagai catatan, sebelum melihat buku Kunci Pendidikan Pancasila Kelas 10 SMA/MA Kurikulum Merdeka halaman 46, siswa diminta menjawab sendiri soal-soal tersebut.
Kunci jawaban inilah yang dijadikan pedoman dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anaknya.
Berikut Kunci Jawaban Belajar Mandiri Pancasila Kelas 10 Halaman 46: Pancasila Pemersatu Dunia Kunci Jawaban Belajar Mandiri Pancasila Kelas 10 Halaman 46
Pengujian Dinamis 1.4
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
1. Bagaimana Pancasila digunakan dalam kehidupan internasional? Apakah itu terjadi atau tidak?
Menjawab :
Penerapan Pancasila dalam kehidupan dunia antara lain dapat dilakukan dengan menggunakan asas-asas Pancasila yang terkandung dalam seluruh undang-undangnya.
Berikut beberapa contoh tugas dan tantangan dalam penerapan Pancasila: Sudah dilaksanakan:
Pancasila telah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan seperti pemerintahan, pendidikan dan masyarakat.
Contohnya adalah adanya program pemerintah yang berlandaskan hukum kesehatan masyarakat, kerjasama dan kemasyarakatan. Masalah instalasi:
Meski penggunaannya meluas, penerapan Pancasila masih menghadapi permasalahan seperti korupsi, disharmoni sosial, dan intoleransi.
Permasalahan-permasalahan tersebut menghambat terbentuknya masyarakat berdasarkan asas Pancasila.
2. Jika ya, berikan contohnya! Jika tidak, tolong beri tahu saya betapa sulitnya!
Menjawab :
Ya, ini adalah sebuah contoh. Prinsip pertama: saling menghormati hak masing-masing dalam mengamalkan agama sesuai keyakinan dan kepercayaannya. Posisi kedua: tidak ada diskriminasi, perundungan, ujaran kebencian, dan kekerasan terhadap orang lain. Aturan ketiga: jangan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan perpecahan dalam negeri seperti menghina agama, ras, suku, dan budaya lainnya. 4: Jangan memaksa orang lain untuk menyetujui apa yang kita katakan atau lakukan. Prinsip kelima: meningkatkan pemahaman masyarakat dengan melakukan berbagai hal yang dapat membantu sesama, seperti kerjasama, silaturahmi, donor darah, konser amal, dan lain-lain.
3. Apakah kehidupan masyarakat sekitar anda sesuai dengan prinsip Pancasila?
Menjawab :
Kehidupan orang-orang di sekitar saya menunjukkan bahwa mereka berusaha menerapkan prinsip-prinsip Pancasila, meski itu belum cukup. Berikut beberapa hal yang menarik:
A) Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa
Mengenai kehidupan negara ini, fakta pertama ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat menjalankan ajaran agamanya tanpa adanya gangguan.
B) Perilaku Benar dan Unggul
Yang kedua ini memberikan pemahaman bahwa seluruh negara Indonesia sangat terhormat, diakui dan diperlakukan sesuai dengan penghormatan dan arti pentingnya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
C) Persatuan Indonesia
Prinsip ketiga ini penting agar seluruh negara Indonesia tetap bersatu. Persatuan di sini bukan berarti persamaan dalam berbagai hal. Melalui prinsip ini, setiap warga negara Indonesia harus menghargai kerja sama dan bekerja sama untuk membangun negara.
D) Demokrasi yang Dipimpin Secara Intelektual dalam berpikir/representasi
Dalam konteks dunia, prinsip ini menekankan bahwa segala keputusan dalam diri manusia harus diambil dengan segala kebijaksanaan melalui proses yang sadar.
E) Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Keadilan merupakan hal universal yang harus dilaksanakan oleh seluruh negara Indonesia. Keadilan di sini bukan hanya soal hukum.
Dalam kehidupan bernegara, keadilan disini dapat diartikan bahwa seluruh rakyat Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama, baik dalam harkat, martabat, kebebasan dan tanggung jawab.
*) Disclaimer: Artikel ini ditujukan untuk orang tua dalam membimbing anaknya dalam belajar. Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri pertanyaannya terlebih dahulu, kemudian menggunakan teks tersebut untuk meningkatkan hasil pekerjaan siswa.
(geosurvey.co.id/Namira Yunia Lesanti)