geosurvey.co.id – Ukraina memamerkan kendaraan udara tak berawak, atau drone, untuk kegiatan spionase dan ofensif terbarunya.
Drone yang dianalogikan dengan drone Mavic buatan China ini kini menjadi andalan misi pengintaian dan pengeboman pasukan Rusia.
“Ukrainform” melaporkan bahwa Kementerian Industri Strategis Ukraina melakukan presentasi kepada beberapa produsen lokal yang berpartisipasi dalam produksinya.
Menteri Perindustrian Strategis Herman Smetanin mengatakan drone ini merupakan pengembangan pertama Ukraina dan dilakukan tanpa adanya intervensi atau pasokan bahan asing.
“Kami menawarkan produk unik Ukraina yang berfungsi sebagai analogi drone Mavic Tiongkok, yang saat ini merupakan drone pengintai paling populer yang digunakan oleh pasukan keamanan dan pertahanan Ukraina. Ini adalah produk dari delapan pengembang Ukraina dan produksinya di pasar domestik akan memastikan kemandirian dari pasokan asing,” kata Smetanin.
Menurut Smetanin, tujuannya adalah menciptakan siklus produksi yang lengkap dan tertutup, menekan biaya produksi, dan memasok drone dalam jumlah yang cukup.
“Mencapai siklus produksi penuh adalah salah satu tantangan yang dihadapi industri saat ini. Namun, lokalisasi basis produksi secara menyeluruh adalah tugas yang sulit. Kita membutuhkan drone yang terjangkau, dengan kemampuan pengiriman dalam jumlah banyak,” ujarnya. dikatakan . Buat catatan.
Anton, perwakilan salah satu perusahaan manufaktur, mengklaim bahwa pengembangan tempur mereka melampaui Mavic sipil dan dapat dengan mudah dioperasikan oleh pilot drone Mavic.
“Kendaraan udara tak berawak (EW) sipil tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Tidak peduli kamera apa yang mereka punya. Yang terpenting adalah mencapai titik misi. Dalam hal ini, drone kita jauh lebih unggul dari Mavic karena dirancang khusus. untuk terbang di bawah interferensi elektromagnetik yang intens.
Salah satu UAV Ukraina yang dipamerkan memiliki jangkauan lebih dari 40 km, ketinggian operasi 350 meter, zoom optik 30x, durasi penerbangan satu jam, ketahanan terhadap penindasan EW, dan dapat bertindak sebagai relay untuk peralatan lainnya.
Namun, biayanya masih tinggi, kata Marco, perwakilan pabrikan lainnya.
“Sebuah sepeda motor dapat dibeli di China seharga $70 atau dibuat di Ukraina seharga $150. Anda dapat membuat bodi serat karbon atau plastik yang lebih murah, tetapi Anda memerlukan cetakan yang harganya $10,000 hingga $20,000 dan Anda memerlukan 50. Ini berlaku untuk semua orang. Komponen Mavic, karena mereka diproduksi dalam jumlah jutaan dan produksi khusus berarti produksi mahal, biayanya akan turun.” Marco menjelaskan.