geosurvey.co.id, JAKARTA – Adopsi sepeda motor listrik kini semakin marak di kota-kota besar di Indonesia, seiring dengan semakin banyaknya fasilitas pengisian daya seperti stasiun pengisian daya dan penukaran baterai di tempat umum.
Sebenarnya seberapa iritkah sepeda motor listrik dibandingkan sepeda motor biasa jika digunakan sehari-hari?
Raditya Vibowo, CEO MAKA Motors, mengatakan sepeda motor listrik masih lebih irit digunakan dibandingkan sepeda motor konvensional dari segi konsumsi energi.
“Mobilitas pengendara sepeda motor di Indonesia sangat tinggi. Ada juga masyarakat yang menempuh perjalanan hingga 100 kilometer per hari, seperti kurir, tukang ojek, atau mungkin masyarakat yang tinggal di Sikarang namun bekerja di Jakarta,” ujarnya. dimulai. Obrolan, Sabtu, 23 November 2024.
“Kalau ada yang pakai sepeda motor bensin, katakanlah yang paling irit 110 cc, biaya operasionalnya mungkin Rp 765.000 per bulan. Sedangkan kalau pakai sepeda motor listrik, biayanya hanya Rp 144.000 untuk jarak yang sama. Bedanya jauh sekali, katanya.
Karena itu, dia menegaskan, dibandingkan sepeda motor berbahan bakar bensin, biaya operasional sepeda motor listrik pasti jauh lebih rendah.
“70 persen biaya pengoperasian sepeda motor untuk konsumsi energi, sisanya untuk perawatan. Kalau menggunakan sepeda motor listrik bisa berhemat karena biaya listrik jauh lebih murah dibandingkan biaya bensin,” jelasnya.
Perawatannya juga lebih murah karena tidak perlu ganti oli terus-menerus. Belum lagi tahun depan pemerintah juga akan melanjutkan program subsidi 7 juta dan diskon pajak kendaraan. Jadi layak banget punya sepeda motor listrik. Raditya Vibowo menambahkan.
Ia menambahkan, secara umum biaya pengoperasian, pemeliharaan, dan pengoperasian motor listrik menawarkan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang.
“Terutama dari segi biaya bahan bakar dan biaya perawatan,” ujarnya.
Menurutnya, dukungan kuat pemerintah terhadap pengembangan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan melalui kebijakan subsidi, insentif pajak, dan pengembangan infrastruktur pengisian daya membuat sepeda motor listrik semakin kompetitif di masa depan.
“Pengalaman berkendara sepeda motor listrik sebenarnya lebih baik dan nyaman dibandingkan sepeda motor bensin,” ujarnya.