geosurvey.co.id – Di bawah ini adalah “Seberapa Perhatian Seorang Guru Dalam Berpikir?” Contoh jawaban atas pertanyaan diberikan.
Soal-soal tersebut terdapat dalam salah satu modul pembelajaran Merdeka Platform Pembelajaran Merdeka (PMM).
Dalam artikel ini, “Seberapa sadarkah guru dalam melakukan refleksi?” Menjelaskan kunci jawaban dari pertanyaan tersebut.
Setelah guru menyelesaikan refleksi guru pada modul pembelajaran Platform Merdeka Merdeka Mengajar (PMM), kepala sekolah mencatat catatannya.
Di bawah ini adalah contoh pengisian catatan kepala sekolah refleksi guru pada modul PMM. Pertanyaan: Seberapa sadarkah guru ketika berpikir? Menjawab:
“Seberapa sadarkah guru ketika berpikir?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sutradara harus memilih salah satu dari tiga pilihan berikut:
1. Ketahuilah bahwa kesulitan dan penyebabnya berada di luar kendali Anda. (Jika guru menjelaskan penyebab kesulitan terkait dengan faktor eksternal, seperti infrastruktur, anggaran, koneksi atau sinyal, dll.).
2. Ketahuilah bahwa kesulitan dan penyebabnya berada di bawah kendali Anda. (Jika guru menjelaskan alasan kesulitan karena kemampuan atau keterbatasannya)
3. Ketahuilah bahwa kesulitan dan penyebabnya berada dalam kendali Anda dan konsekuensinya. (Jika guru menjelaskan penyebab kesulitan dalam batas kemampuannya sendiri, berdasarkan data, pandangan lapangan, penelitian atau rapor, maka hal itu menyampaikan dampaknya terhadap mutu pendidikan siswa)
Setelah memilih salah satu pilihan, berikan penjelasan singkat mengenai penilaian/catatan.
1. Jika memilih pilihan pertama, menunjukkan bahwa guru mengetahui bahwa kesulitan yang dihadapinya disebabkan oleh faktor-faktor di luar kendalinya. Kesadaran ini penting karena meskipun ada keterbatasan, guru berusaha mencari solusi dan meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan memahami situasi saat ini, guru dapat lebih fokus pada apa yang dapat mereka lakukan dan melakukan advokasi terhadap perubahan yang mendukung pembelajaran yang lebih baik.
2. Jika Anda memilih opsi kedua, kesadaran guru akan tantangan yang mereka hadapi merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan profesional mereka. Dengan mengidentifikasi keterbatasan dan mengambil inisiatif untuk memperbaikinya, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik bagi siswa. Alasan ini menekankan pentingnya pengembangan diri dan tanggung jawab guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal.
3. Jika memilih pilihan ketiga, mencerminkan pemahaman yang mendalam dari guru bahwa permasalahan yang dihadapinya bukan hanya permasalahan pribadi saja, namun juga berdampak langsung pada kualitas pendidikan anak didiknya. Dengan memahami dan menganalisis akibat dari keterbatasan pribadi, guru dapat mengambil langkah perbaikan yang konkrit. Hal ini penting dalam meningkatkan lingkungan belajar dan pengembangan profesional berkelanjutan, yang pada akhirnya meningkatkan kompetensi dan keberhasilan siswa.
Setelah itu, klik tombol “Kumpulkan” untuk menyelesaikan proses pengunduhan.
Jika Anda masih ragu dengan rating yang Anda buat, klik tombol “Ubah” dan perbaiki rating yang Anda anggap salah.
*) Penafian: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya untuk informasi bagi guru yang mungkin menghadapi pertanyaan terkait di platform Merdeka Mengajar. Jawaban dapat disesuaikan dengan keadaan masing-masing kegiatan pembelajaran.
(geosurvey.co.id/Latifah)