geosurvey.co.id – Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dan komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, KB Bank bersama dengan perusahaan afiliasi KB Financial Group (KBFG) di Indonesia yaitu Sunindo Kukmin Best Finance, KB Data Systems Indonesia, KB Insurance Indonesia, KB is termasuk. Valbury Securitas, KB Valbury Asset Management dan KB Financia Multi Finance meluncurkan program aksi sosial.
Tema program aksi sosial ini adalah “KB Indonesia Berbagi Kebaikan”. Tujuan dari program ini adalah fokus pada peningkatan gizi anak-anak kurang mampu melalui penyediaan makanan sehat dan bergizi.
Sebab, menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), prevalensi stunting di Indonesia masih sebesar 24,4 persen pada tahun 2023. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap upaya pemerintah untuk menurunkan angka tersebut hingga di bawah 14 persen pada tahun 2024.
Oleh karena itu, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini mencerminkan komitmen KBFG dalam upaya memberikan gizi seimbang kepada anak-anak dan meningkatkan kesehatan masyarakat meskipun terdapat kendala ekonomi. Selain itu, program ini juga melibatkan pegawai asal Korea Selatan sebagai relawan yang membantu masyarakat Indonesia dalam kegiatan tersebut.
Dalam upaya mendukung kebutuhan gizi anak, KB Bank dan afiliasi KBFG di Indonesia bekerja sama dengan Hungry Happy Center, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) Korea Selatan yang memiliki misi serupa. Kolaborasi lintas negara ini bertujuan untuk mengatasi tantangan gizi buruk dan stunting yang masih menjadi masalah serius di Indonesia.
Terlebih lagi, aksi ini diharapkan menjadi langkah awal bagi KB Bank dan rekan-rekan KBFG di Indonesia untuk berperan aktif dalam menanggulangi permasalahan kesehatan terkait gizi di berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan.
Kegiatan CSR yang menciptakan kesadaran gizi
Kegiatan “Bersama KB Indonesia, Berbagi Kebaikan” diawali dengan sesi memasak bersama antara manajemen Bank KB, perwakilan perusahaan afiliasi KBFG di Indonesia, serta tim Hungry Happy Center.
Menu terpilih adalah 4 Sehat 5 Makanan Utuh yang kemudian dibagikan kepada anak-anak dan masyarakat di kawasan Kelapa Geding Jakarta Utara (Jakut). Menu ini telah dirancang dengan cermat untuk memberikan anak nutrisi dan keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat dan kuat.
Direktur Utama KB Bank Tom (Woo Yeul) Lee menekankan pentingnya kesehatan anak-anak dalam proses pembangunan negara. Ia percaya bahwa anak yang sehat adalah kunci pembangunan negara. Oleh karena itu, melalui kegiatan CSR yang dilakukan bersama mitra KBFG, kami berharap dapat membantu mengurangi prevalensi gizi buruk dan stunting di Indonesia.
“Kami juga ingin program ini tidak hanya memberikan bantuan langsung berupa makanan bergizi, namun juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya gizi seimbang bagi tumbuh kembang anak kebiasaan makan yang sehat akan meningkatkan kualitas hidup anak,” kata Tom Lee.
Tom Lee menambahkan, pendekatan KB Bank dan rekan-rekan KBFG di Indonesia tidak terbatas pada satu program saja. Kedepannya, KB Bank dan mitra KBFG di Indonesia berencana untuk mengembangkan lebih banyak program yang dapat menghasilkan dampak sosial yang positif dan bertahan lama.
“Kami ingin program CSR ini menjadi bagian dari strategi jangka panjang untuk meningkatkan kesadaran kolektif tentang pentingnya asupan nutrisi yang tepat. Ini bukan sekedar menyediakan makan siang hari ini, tapi apa yang kita lakukan untuk generasi penerus bangsa bagaimana menciptakan masa depan yang sehat,” kata Tom Lee. Ya,” kata Tom Lee.
Langkah-langkah masa depan dalam membangun budaya ESG di seluruh rekanan KBFG
Program “Bersama KB Indonesia, Kebaikan yang Berbeda” juga merupakan cerminan komitmen KB Bank dalam mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), khususnya di bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Dengan mengedepankan pendekatan lingkungan hidup, sosial dan tata kelola (ESG), KB Bank dan rekanan KBFG di Indonesia berharap seluruh karyawan dan rekanan dapat aktif terlibat dalam kegiatan sosial yang berdampak lebih luas bagi masyarakat.
Kedepannya, KB Bank berencana untuk mengintegrasikan nilai-nilai ESG ke dalam operasional perusahaan serta mengajak rekanan lainnya untuk berpartisipasi dalam berbagai inisiatif sosial dan lingkungan.
Melalui kolaborasi dan partisipasi aktif, KB Bank berharap tindakan tersebut dapat menciptakan budaya yang lebih inklusif dan peduli di lingkungan kerja. Program CSR yang dilaksanakan juga diharapkan dapat menjadi pemicu bagi perusahaan lain untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan menciptakan dampak positif yang bertahan lama.
Terakhir, melalui program ini, KB Bank dan rekanan KBFG di Indonesia berkomitmen untuk memperkuat komitmennya dalam membantu anak-anak Indonesia, khususnya anak-anak dari keluarga kurang mampu, dalam memberikan akses terhadap makanan bergizi dan kehidupan yang lebih baik.