geosurvey.co.id, TANGERANG – Bodywork Trijaya Union, Tangerang, meluncurkan medium bus baru berdesain futuristik dan kekinian, Triun MX, di kantor pusat bodywork ini di Bitung, Tangerang, Banten, pada Sabtu, 7 Desember 2024.
Konsumen pertama yang menggunakan Triun MX adalah PO Puspa Jaya di kota Bandar Lampung.
Chief Executive Officer PT Trijaya Union (TJU) Dhimas Yuniarso mengatakan, “Triun MX New Generation merupakan hasil kolaborasi tim desain dan engineering TJU untuk memenuhi permintaan pasar dan memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan dalam dunia transportasi darat.
Dijelaskannya, Triun MX New Generation mengusung konsep desain bertema modern, simpel, dan ergonomis.
Bus ini dilengkapi dengan lampu depan full LED terbaru dengan DRL dan lampu kabut proyektor LED untuk standar keselamatan tinggi saat perjalanan siang dan malam. Desain bodi belakang medium bus Triun MX ini dibuat oleh Karoseri Trijaya Union yang diluncurkan di Tangerang pada Sabtu, 7 Desember 2024.
Konfigurasi kabin Triun MX Generasi Baru berkapasitas 29 penumpang jika bodi bus diaplikasikan pada sasis Fuso Canter FE 86 G.
Kabin penumpang dan kompartemen bagasi bus ini dinilai paling luas di kelasnya. Dasbor bergaya mobil penumpang
Hal yang menarik dari bus mid size Triun MX ini adalah desain dashboardnya yang terlihat minimalis, dengan kepala terangkat yang berani, yang sering kita temukan pada mobil listrik modern dan mobil penumpang.
Kepala ini tampaknya terintegrasi ke dalam cluster pengukur, membuatnya terasa khas.
Menurut Dhimsa, Triun MX merupakan bus pertama buatan Indonesia yang memberikan sentuhan modern dan minimalis pada dashboard dan tampilan atas di Indonesia. Header mid-bus Triun MX tampak terintegrasi ke dalam cluster gauge, sehingga terlihat khas.
Selain itu, desain lampu lalu lintas belakang merupakan ciri khas Triun MX. Begitu pula dengan desain lampu depannya yang terlihat sangat tajam.
Desain ini mengingatkan kita pada desain lampu depan truk berat Volvo FH16 700 di Eropa.
Dhimas optimistis bus medium Triun MX dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan operator angkutan tanah air yang membutuhkan armada bus penumpang yang nyaman, stylish dan aman.
Kedepannya, perusahaan akan memproduksi Triun MX dalam beberapa varian sekaligus untuk segmen pengguna berbeda.
Mulai dari model Basic Trim untuk kebutuhan transportasi, staff, bus sekolah, hingga model Super Premium Trim dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan armada bus eksekutif dan wisata. Speaker audio mid-bus Triun MX terintegrasi ke dalam pilar A.
Varian Triun MX di atas akan dilengkapi dengan berbagai pilihan dukungan sesuai permintaan/kebutuhan pelanggan.
Dhimas mengatakan, sejak diluncurkan pihaknya sudah bisa menerima pesanan bus Triun MX dengan proses produksi sekitar 2 bulan. Direktur Utama PT Trijaya Union (TJU) Dhimas Yuniarso dan bus Triun MX.
Mereka berjanji pengerjaan bodi Triun MX Anda akan selesai tepat waktu.
Untuk model bus medium sebelumnya, bodi yang diproduksi hingga saat ini akan terus diproduksi jika ada pesanan yang masuk.
Namun ke depan, mulai tahun 2025, perseroan hanya akan memproduksi bus medium dengan model Triun MX. Desain kaca spion pada bus Triun MX dilengkapi dua kaca spion untuk memaksimalkan visibilitas pengemudi di titik buta depan.
Soal harga, kata Dhimas, akan sangat kompetitif dibandingkan bus medium produksi seri bodi ternama lainnya. “Kami 10 hingga 20 persen lebih kompetitif dalam hal harga,” katanya.
Menurut Dhimas, bodi Triun MX juga bisa diaplikasikan pada sasis merek lain di luar Fuso, misalnya bisa diaplikasikan pada varian sasis Isuzu NQR 71, Hino GB 150 L atau Mercedes-Benz OF 917 dengan standar 35 jok dan sasis. varian panjang dengan 39 kursi. Konfigurasi kursi penumpang bus medium Triun MX.