geosurvey.co.id – Lihat kunci jawaban postes modul Persiapan Pembelajaran Diferensiasi PMM.
Setelah menyelesaikan 3 materi pada modul Persiapan Pembelajaran Diferensiasi, guru dapat mengikuti post-test pada platform Merdeka Mengajar (PMM).
Terdapat 5 soal pasca ujian pada modul Persiapan Pembelajaran Diferensiasi PMM.
Post-test modul Persiapan Pembelajaran Diferensiasi dapat diakses ketika guru melengkapi dokumen lanjutan opsional: Pilihan Pembelajaran dari Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal pasca ujian pada modul Persiapan Pembelajaran Diferensiasi dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai referensi.
Berikut jawaban post test modul Mempersiapkan Pembelajaran Diferensiasi PMM selengkapnya. Modul Persiapan Pasca Tes Pembelajaran Diferensiasi PMM, Soal 1 dari 5
Perhatikan unsur-unsur berikut: Kebutuhan siswa Kondisi kelas Kebutuhan guru dan kepala sekolah Lingkungan sekolah
Aspek apa saja yang harus diperhatikan ketika guru mengubah pembelajaran?
A.1 dan 2B. 2 dan 3c. 3 dan 4d. 1 dan 3
Jawaban: A.1 dan 2 Soal 2 dari 5
MS. Esther membagi siswanya menjadi beberapa kelompok sehingga ia dapat memberikan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Tampaknya Ny. Esther masih mengalami kendala karena semua siswa menanyakan pertanyaannya dan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Apa yang bisa Ny. Ester?
A.Ny. Ester dapat mempraktikkan pelepasan tanggung jawab secara bertahap. Ia mengajak siswa bekerja mandiri dalam kelompok tanpa pengawasan guru. Tanggung jawab guru lebih besar dibandingkan tanggung jawab siswa.B. MS. Ester dapat mempraktikkan pelepasan tanggung jawab secara bertahap. Beliau mengajak para mahasiswa untuk bekerja kelompok secara individu mengenai hasil kerja yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah. Siswa tidak perlu bekerja sama untuk memahami konsep.C. MS. Ester dapat mempraktikkan pelepasan tanggung jawab secara bertahap. Ia mengajak siswa secara berkelompok untuk mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan konsep yang dipelajarinya. Bersama-sama, siswa memperkuat pemahaman mereka tentang konsep. Siswa mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan guru.D. Semuanya salah
Jawaban : C. Mbak bisa praktek. Ester secara bertahap melepaskan tanggung jawabnya. Ia mengajak siswa secara berkelompok untuk mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan konsep yang dipelajarinya. Bersama-sama, siswa memperkuat pemahaman mereka tentang konsep. Siswa mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan guru. Pertanyaan 3 dari 5
Guru akan melakukan kegiatan pembelajaran selama pembelajaran. Ia melihat siswa di kelas tersebut tidak pernah diberikan materi yang ingin diajarkannya. Apa yang harus dia jelaskan kepada siswa di awal pelajaran?
A. Dia mungkin mengatakan bahwa mata pelajaran ini sulit, jadi perlu belajar terus-menerus. Dapat dikatakan materi ini memerlukan banyak latihan, sehingga mahasiswa harus menguasai seluruh peralatan laboratorium sebelum perkuliahan dimulai.C. Dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, menggugah pengetahuan siswa terhadap materi tersebut, betapa pentingnya materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.D. Beliau mampu menjelaskan dengan cepat dan bertanya terkait materi agar siswa terbiasa.
Jawaban : C. Ia mengetahui bagaimana menjelaskan materi yang ingin diajarkan secara umum, memotivasi siswa untuk mempelajari materi tersebut, betapa pentingnya materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pertanyaan 4 dari 5
Pak Bonu suka mengajak murid-muridnya untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, terutama pada tahap perencanaan. Satu langkah yang dilakukan Pak. Bonusnya adalah:
A. Mengajak siswa menyepakati tujuan pembelajaran. Mengajak siswa mendiskusikan cara belajar dan strategi pembelajaran yang ingin dipelajari C. Jawaban A dan B salahD. A dan B adalah jawaban yang benar
Jawaban: D. A dan B adalah jawaban yang benar pada soal 5 dari 5
Nona ditemukan Artinya banyak siswa yang belum begitu paham atau memerlukan aktivitas lebih di kelas. Langkah apa yang terbaik untuk mengatasi masalah ini?
A. Dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang membedakan proses dan isi bagi siswa yang memerlukan perlakuan remedial.B. Ia dapat mengerjakan banyak pekerjaan rumah sehingga siswa dapat belajar sendiri di rumah. Ia menghubungi orang tua anak tersebut dan memberitahukan bahwa anak tersebut kurang belajar.D. Beliau meminta setiap siswa untuk menyerahkan tugas di akhir pembelajaran.
Jawaban: A. Dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mengidentifikasi proses dan isi bagi siswa yang memerlukan remediasi.
Jangan lupa klik “Kumpulkan” setelah selesai menjawab.
*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi kepala sekolah untuk menjawab pertanyaan terkait platform Merdeka Mengajar.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)