geosurvey.co.id, JAKARTA – Dalam dunia usaha di era digital, UKM memiliki peluang yang besar untuk berkembang, namun persaingan yang ketat dengan perusahaan besar menjadi tantangan tersendiri.
Salah satu strategi utama yang dapat diterapkan oleh UKM adalah dengan menggunakan platform digital untuk pemasaran.
Dengan menggunakan media sosial, e-commerce, dan website, UKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek.
Bapak Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, masih banyak lagi potensi sumber daya yang akan digali dan dikembangkan sebagai sumber perekonomian baru.
Oleh karena itu, kami bersiap meluncurkan beberapa perusahaan start-up yang didirikan khusus untuk mulai memanfaatkan teknologi guna mendukung pengembangan UKM di sektor manufaktur, kata Teten baru-baru ini.
Teten berharap UKM dan start-up di Indonesia bisa meniru ekosistem bisnis UMKM di Korea, Jepang, Belanda, dan Australia.
Selain itu, platform digital memudahkan proses penjualan dan komunikasi dengan konsumen.
Optimasi SEO dan SEM juga menjadi langkah penting bagi UMKM agar produk dan jasanya lebih mudah ditemukan di mesin pencari.
Dengan mengoptimalkan kata kunci yang relevan, UMKM dapat meningkatkan visibilitas organik melalui SEO, sedangkan SEM dapat mempercepat pertumbuhan trafik melalui iklan berbayar. Kedua strategi ini memungkinkan UKM bersaing lebih efektif di pasar digital yang kompetitif.
Transformasi digital dalam operasional bisnis juga menjadi kunci keberhasilan. UKM dapat memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan stok, sistem kasir, dan pembukuan otomatis.
Dengan cara ini, UKM tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga mengurangi kesalahan manusia dan biaya operasional. Pemanfaatan teknologi dalam operasional akan memperkuat landasan bisnis UMKM untuk tumbuh lebih cepat.
Strategi pemasaran digital lain yang efektif adalah bekerja sama dengan influencer atau duta merek. Influencer dengan pengikut setia dapat membantu mempromosikan produk UMKM ke khalayak yang lebih luas, sedangkan brand duta membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dengan secara konsisten merekomendasikan produk. Kemitraan ini terbukti meningkatkan brand awareness dan kepercayaan konsumen.
Menggunakan jasa pengiriman barang berbiaya rendah merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan branding bisnis. Dengan biaya pengiriman yang wajar dan layanan yang lebih andal, bisnis dapat mengurangi biaya operasional dan menawarkan harga yang kompetitif kepada pelanggan.
Lionel Express mungkin jawabannya karena memiliki reputasi yang baik, biaya yang wajar, dan daya tanggap untuk memastikan pengalaman pengiriman yang lancar. Perusahaan ini terkenal dengan sistem pengiriman yang efisien, jaringan pengiriman yang luas dan keamanan produk yang terjamin.
Terakhir, penggunaan data dan analisis adalah kunci untuk membuat keputusan yang lebih baik. Dengan menganalisis data pelanggan dan menerapkan periklanan digital, UKM dapat menyesuaikan strategi pemasaran dan produk sesuai kebutuhan pasar.
Fleksibilitas dan inovasi dalam merespons perubahan tren juga akan membantu UKM menjadi relevan dan lebih baik dalam persaingan bisnis digital.