geosurvey.co.id – Di bawah ini adalah kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 7 SMP/MTS Kurikulum Kemerdekaan.
Pada Kuliah Menengah Kelas 7 Pendidikan Pancasila hal. 178–179, mahasiswa belajar tentang upaya perlindungan lingkungan hidup Republik Indonesia.
Sebelum mulai mengerjakan soal latihan pada halaman 178-179, siswa terlebih dahulu mempelajari informasi yang diperoleh sebelumnya tentang langkah-langkah menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sewaktu siswa membahas topik ini, mereka mencoba mengerjakan soal latihan di halaman 178–179 di kolom Berpikir. Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 7 SMP Halaman 178 179 Program Studi Mandiri :
Meditasi
1. Beri tanda (V) pada gambar yang menggambarkan perasaan anda setelah mengetahui Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jawaban: Sesuai dengan perasaan masing-masing siswa.
2. Silakan tandai (V) bagian di bawah ini sesuai dengan pemahaman anda terhadap pelajaran sebagai berikut.
1 = kurang paham 2 = paham sedikit 3 = paham 4 = paham betul
Membalas:
1. Situasi dan Nilai Situasi = 3
2. Wilayah Negara Republik Indonesia = 3.
3. Indonesia sebagai negara tidak bersatu = 4.
4. Contoh upaya menjaga keutuhan masyarakat = 2
3. Apa keuntungan menjelajahi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia?
Membalas:
Pengertian Geografi dan Kebudayaan : Dengan mempelajari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita dapat memahami ciri-ciri geografis dan kebudayaan yang ada pada setiap daerah. Indonesia memiliki ribuan pulau dengan suku, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, menjadikannya negara yang kaya akan keberagaman. Pengetahuan ini membantu kita menghargai dan melestarikan warisan budaya.
Kesadaran akan Keberagaman: Indonesia beragam secara etnis, bahasa, agama, dan budaya. Dengan mempelajari masyarakat Indonesia kita mempunyai ilmu yang paling penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan diantara perbedaan yang ada.
Pentingnya manajemen dan keselamatan. Memahami batas wilayah Indonesia membantu kita lebih memahami pentingnya menjaga kedaulatan pemerintah. Selain itu, pemahaman tersebut juga terkait dengan pertahanan dan keamanan negara dalam menghadapi ancaman eksternal dan internal.
Pemanfaatan sumber daya alam: Indonesia mempunyai beragam sumber daya mulai dari pertambangan, hasil laut hingga sumber daya hutan. Dengan mempelajari lingkungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita akan mampu memanfaatkan sumber daya tersebut secara bijak untuk mencapai kesuksesan bersama, serta menyadari pentingnya melestarikan dan melindungi lingkungan hidup.
Melaksanakan pemerataan pembangunan: Pengetahuan tentang wilayah Indonesia membantu merencanakan dan melaksanakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah. Dengan memahami kondisi lokal dan kebutuhan daerah lain, pemerintah dapat mengembangkan kebijakan yang lebih tepat sasaran.
Meningkatkan rasa cinta tanah air: Dengan mengenal lebih jauh negara dan tempat Indonesia, kita bisa semakin mencintai tanah air dan bangga menjadi bagian dari NKRI. Hal ini membantu terciptanya rasa nasionalisme dan persatuan di kalangan warga.
4. Hasil apa yang anda peroleh dari mempelajari wilayah Negara Republik Indonesia Serikat?
Jawaban: Kesimpulan yang dapat diperoleh dari mempelajari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain:
Cinta untuk Tanah Air
Dengan memahami batas-batas wilayah Indonesia, baik daratan maupun perairan, kita mulai semakin mencintai tanah air dan bangga dengan keberagaman yang ada di negeri ini.
Pandangan dunia dan keduniawian
Memahami pentingnya menjaga kedaulatan negara, kita harus mempunyai semangat yang tinggi untuk mencintai dan melindungi negara yang bersatu dan berkontribusi bagi kemajuan negara.
Nilai keberagaman
Dengan menjelajahi luasnya wilayah Indonesia yang merupakan rumah bagi berbagai pulau, suku, budaya dan bahasa, kita belajar menghargai keberagaman dan keberagaman yang ada di Indonesia.
Pelayanan kepada pemerintah
Kajian ini juga mengajarkan kita tentang tanggung jawab untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia dari ancaman eksternal dan potensi konflik internal.
Disiplin dan Kepatuhan
Mengetahui tentang batas negara juga mengingatkan kita untuk disiplin dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk dalam menjaga batas dan kedaulatan negara.
Memahami pentingnya kerja sama
Cara mengajar ini mengajarkan kita bahwa meskipun Indonesia mempunyai banyak pulau dan wilayah yang luas, namun kita tetap harus bahu membahu dan bersatu untuk mencapai tujuan bersama demi kemajuan dan keutuhan negara.
Meningkatkan pengetahuan geografis
Melalui penelitian ini, kita mendapatkan informasi mengenai geografi Indonesia, seperti letak Indonesia yang strategis di antara dua samudera dan dua benua, yang dapat menambah pemahaman kita mengenai potensi dan tantangan negara di bidang ekonomi, politik, dan pertahanan.
Secara umum mempelajari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia mengajarkan kita untuk lebih mencintai tanah air, menjaga keutuhan wilayah, dan memiliki semangat persatuan dalam pembangunan negara.
5. Rencana tindak lanjut apa yang akan Anda buat?
Membalas:
Memahami pentingnya wilayah nasional
Tindak lanjut: Melakukan diskusi kelompok atau pembelajaran untuk memperdalam pemahaman konsep wilayah nasional, seperti batas wilayah, sumber daya alam dan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup nasional bagi kesejahteraan negara. Memperkuat pengetahuan tentang batas-batas negara
Langkah Selanjutnya: Meneliti dan mendiskusikan batas-batas darat, baik darat, laut, maupun udara.
Informasi mengenai sengketa perbatasan juga dapat dimasukkan dalam diskusi.
Kajian sistem pengelolaan dan pengendalian regional
Langkah Selanjutnya: Mengetahui struktur pemerintahan dan pengendalian regional negara. Misalnya saja bagaimana suatu negara dibagi menjadi beberapa wilayah, wilayah atau kota, serta peran pemerintah dalam mengatur wilayah tersebut.
Pengelolaan sumber daya alam di wilayah nasional
Langkah selanjutnya: Memahami bagaimana pengelolaan sumber daya alam suatu negara berdampak pada perekonomian dan kehidupan masyarakat.
Kewarganegaraan dan kewajiban terhadap wilayah negara
Tindak lanjut: Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat nasional dengan mempelajari hak dan tanggung jawab warga negara dalam menjaga keutuhan dan kemajuan masyarakatnya.
Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di Komunitas Internasional
Tindak lanjut: Mengintegrasikan teknologi ke dalam kajian lingkungan hidup dunia, misalnya menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang menampilkan peta dunia, data geospasial, atau analisis regional digital.
Kerjasama internasional
Tindak lanjut: Mendorong siswa untuk memahami hubungan antar negara dari sudut pandang negara teritorial, seperti dalam perjanjian batas internasional, kerjasama regional, atau organisasi internasional yang mengatur wilayah. 6. Sikap apa yang harus Anda miliki?
Membalas:
Memahami pentingnya wilayah nasional
Tingkat Lanjut: Membuat peta interaktif atau menggunakan teknologi GIS (sistem informasi geografis) untuk membuat peta geografis dunia sehingga siswa dapat melihat perbedaan antara batas negara dan wilayah ekonomi dan sosial di dalamnya.
Penguatan informasi mengenai batas negara
Langkah Tambahan: Buat model sengketa batas wilayah di mana siswa bertindak sebagai perwakilan atau pihak yang terlibat dalam mencari penyelesaian sengketa secara damai dan adil.
Kajian sistem pengelolaan dan pengendalian regional
Langkah selanjutnya: Mengembangkan proyek kelompok untuk mengelola suatu wilayah negara, dengan mempertimbangkan faktor geografis, sosial dan ekonomi.
Hasil proyek ini dapat disajikan dalam bentuk laporan atau presentasi.
Pengelolaan sumber daya alam di wilayah nasional
Langkah selanjutnya: Melakukan kegiatan lapangan, seperti perjalanan ke kawasan yang kaya sumber daya, untuk mempelajari pro dan kontra pengelolaannya.
Kewarganegaraan dan kewajiban terhadap wilayah negara
Langkah Berikutnya: Mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau lingkungan di komunitas mereka sebagai bagian dari praktik kewarganegaraan yang baik.
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan daerah
Langkah selanjutnya: Mengadakan kontes atau tantangan membuat peta digital atau memvisualisasikan data geografis menggunakan teknologi terkini.
Kerjasama internasional
Langkah selanjutnya: Melakukan debat atau perbandingan peran PBB terkait konflik regional antar negara atau kerja sama antar negara di bidang lain.
*) Penafian:
– Kunci jawaban di atas hanya diperuntukkan bagi orang tua atau wali sebagai pedoman belajar siswa.
– Siswa diharapkan menjawab soal latihan terlebih dahulu sebelum mencari kunci jawabannya.
(geosurvey.co.id/Gabriella)