geosurvey.co.id – Berikut kunci jawaban topik Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP/MTS halaman 117 dan 118 Silabus Mandiri.
Pada materi pembahasan topik Pendidikan Pancasila K-9 halaman 117 dan 118 siswa akan membahas contoh tradisi, kearifan lokal dan budaya yang ada di Indonesia.
Sebelum mengerjakan soal latihan pada halaman 117 dan 118, sebaiknya siswa membaca terlebih dahulu materi yang tersedia pada halaman 113 hingga 116.
Merujuk pada teks tersebut, siswa akan menyelesaikan soal latihan pada halaman 117 dan 118 pada kolom Ayo Amati.
Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP Halaman 117 dan 118 Kurikulum Merdeka :
Filosofi alam Takampang menjadi seorang guru
Yosnita Eva (2021), akademisi Indiana University Imam Bunyul Padang mengatakan, filosofi yang ada di benak masyarakat Minangkabau berperan dalam membangun masyarakat menuju tujuan kebahagiaan bersama.
Dalam filosofi ini, rantai mengacu pada aturan yang mengatur bagaimana masyarakat berinteraksi dengan individu, serta interaksi antara individu dan satu sama lain.
Berdasarkan falsafah alam takampang menjadi guru, masyarakat Minangkabau hidup berbaur dengan kelompok besar dengan tetap menjaga jati diri.
Sedangkan menurut Satria dan Sahayu (2022), makna filosofi tersebut tidak hanya menjadikan alam sebagai tempat hidup manusia, tetapi juga sumber belajar yang tidak terbatas bagi mereka yang ingin membaca dan belajar.
Berdasarkan filosofi tersebut, hendaknya masyarakat selalu membaca, meneliti dan mempelajari segala sesuatu yang ada di alam sebagai tempat belajar. Apalagi seseorang harus mempunyai hikmah dan hikmah dalam mempelajari segala sesuatu yang ada di alam semesta.
Dalam konteks saat ini, filosofi tersebut dapat menjadi acuan dalam mempelajari berbagai fenomena yang ada di alam dan masyarakat.
Hendaknya seseorang mengkaji untuk mengetahui berbagai permasalahan yang ada di alam dan di masyarakat.
Dengan mengacu pada filosofi tersebut, Anda dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan dan memperoleh pemahaman utuh tentang kehidupan.
Belajar membuat kita rendah hati, dan segala sesuatu yang kita ketahui sangatlah terbatas.
Beberapa contoh yang disebutkan di atas adalah sejumlah tradisi, kearifan, dan budaya lokal yang terdapat pada kelompok masyarakat di Indonesia.
Contoh yang diberikan tidak mewakili seluruh suku dan wilayah di Indonesia.
Selain contoh di atas, masih banyak nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman masyarakat di setiap daerah Indonesia dalam mengamalkan kehidupannya.
Ayo, perhatikan
Setelah mempelajari contoh tradisi, kearifan, dan budaya lokal di Indonesia, jawablah pertanyaan berikut di buku catatan Anda.
1. Tradisi, kearifan dan budaya lokal apa saja yang ada di Indonesia?
2. Apakah tradisi ini masih lestari di masyarakat khususnya generasi muda?
3. Bagaimana cara melestarikan tradisi, kearifan lokal, dan budaya rakyat di Indonesia?
Menjawab:
1. Tradisi meliputi adat istiadat, upacara, ritual, dan upacara yang menjadi bagian penting dalam identitas budaya suatu kelompok.
Contoh tradisi yang ada di Indonesia antara lain ritual Tewa di Kalimantan Tengah, Vahumbu di Pulau Nias, dan Probusan di Jawa.
Kearifan lokal mencakup pemahaman cara bertani tradisional, jamu, dan konservasi sumber daya alam.
Contoh kearifan lokal yang ada di Indonesia antara lain Te Aru Nyuk Laku dari Papua, Chilako Kumali dari Serawai, dan Bengkulu.
Pada saat yang sama, kebudayaan mencakup seluruh sistem nilai, kepercayaan, adat istiadat, bahasa, seni, musik, makanan, pakaian, agama, dan praktik lain yang merupakan identitas suatu kelompok atau masyarakat.
Contoh kebudayaan yang ada di Indonesia antara lain tari saman dari Aceh, gamelan dari Jawa Barat, dan bambu anglong dari Jawa Barat.
2. Namun kelangsungan tradisi dalam masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda, dapat berbeda-beda tergantung tradisi, letak geografis, dan perubahan sosial yang terjadi di suatu wilayah tertentu.
Beberapa tradisi masih bertahan dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat.
3. Salah satu cara untuk melestarikan tradisi, kearifan dan budaya lokal, yang utama dilakukan adalah edukasi dan penyadaran masyarakat.
Kemudian, masyarakat dapat mengadakan festival atau acara budaya untuk membantu mempromosikan dan memelihara tradisi.
*) Penafian:
-Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar siswa.
– Siswa diharapkan berlatih soal terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawabannya.
(geosurvey.co.id/gabriella)