geosurvey.co.id, JAKARTA – Komunitas otomotif bereaksi terhadap kehadiran tim Pertamina Nataru yang bekerja saat Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Menurut mereka, tim Pertamina Nataru memiliki peran dalam menekan angka kecelakaan selain menjamin akses energi selama musim liburan.
“Berbagai layanan diberikan kepada pengemudi untuk menjaga keseimbangan dan mengurangi kelelahan. Layanan konseling kesehatan juga tersedia. “Saya yakin layanan ini dapat menekan angka kecelakaan,” kata Adjie Sambogo, Humas Ayla Indonesia (CAI), kepada media hari ini.
Sebagai informasi, layanan yang dilayani tim Nataru meliputi jalan tol, jalur wisata, dan jalur lalu lintas utama. Sedangkan fasilitas yang dimiliki antara lain SPBU Siaga, Agen LPG Siaga, Agen Siaga Mitani, Kios Pertamina Siaga, Driver, Tabung Gas dan Veranda MyPertamina.
Adjie menjelaskan, dalam perjalanan jauh, pengemudi sebaiknya istirahat setiap empat jam. Selain itu, cuaca akhir-akhir ini kurang mendukung.
“Mata juga sering lelah. Karena lampu di malam hari. Bosan dengan terik matahari di siang hari, apalagi saat perjalanan melawan arah matahari. Itu berbahaya. Makanya layanan ini sangat membantu pemulihan kondisi, ujarnya.
Bukan hanya untuk pengemudi. Adjie pun memuji MyPertamina Veranda sebagai tempat yang nyaman bagi anggota keluarga lainnya. Karena dilengkapi pula dengan musala, ruang anak, konsultasi kesehatan dan relaksasi.
Dengan cara ini, menurutnya, masyarakat bisa bersantai semaksimal mungkin sebelum melanjutkan perjalanan.
“Selain itu, anggota CAI juga sering bertukar pengalaman tentang manfaat layanan tim Nataru.” Ada juga yang terbantu karena ada ruang menyusui dan tempat bermain anak, ”jelas Adjie.
Serta layanan lainnya seperti menunggu SPBU, menunggu agen LPG dan tangki bahan bakar.
Menurut Adjie, hal ini tentunya akan menunjang kemudahan dan kelancaran distribusi BBM ke konsumen.
“Pertamina sudah berkali-kali melakukan hal ini. Saya pribadi merasakan manfaatnya tahun ini, ketika saya mudik lebaran, saya harus segera mengganti lendir saya. Alhamdulillah lebih mudah bagi saya untuk mendapatkan Fasron, ”ujarnya.
Secara terpisah, pendiri Fortuner Owner Club Indonesia (Forci), Wisnu Sambhoro, juga memuji tenaga kerja Nataru, serta layanan lainnya, termasuk pengemudi dan tanker, yang menunggu 24/7.
“Sopir misalnya, saya yakin armada akan sangat berguna jika ada pengemudi darurat. Wisnu berkata: “Tentunya sangat membantu.
Yang penting, armadanya mudah berkomunikasi dan cepat tanggap. Sehingga, menurutnya permasalahan darurat bagi pengemudi bisa segera teratasi.
Menanggapi keberadaan tim tersebut, Nataru, Ketua Pengurus Harian Dana Konsumen Indonesia (YLKI), menilai hal tersebut merupakan upaya positif bagi masyarakat.
Selain penyaluran tenaganya terjamin, juga bisa digunakan untuk bersantai saat lelah bepergian.
“Ini merupakan kesempatan positif bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan berbayar, untuk bersantai atau melakukan pemeriksaan kesehatan. “Hal ini penting untuk menjamin keselamatan berkendara, terutama dalam perjalanan jauh,” kata Tulus.