geosurvey.co.id – “Bagaimana guru mempelajari dan menguasai keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja berdasarkan penilaian observasi praktik kinerja dan hasil reflektif?” Ini adalah jawabannya
Pertanyaan ini muncul ketika kepala sekolah hendak mengevaluasi dokumen tindak lanjut refleksi guru di platform Merdeka Mengajar (PMM), Nilai Upaya Pembelajaran Guru Bagian 2.
Tersedia tiga pilihan jawaban. Setelah memilih salah satu jawaban tersebut, kepala sekolah diminta untuk menuliskan penjelasan jawabannya.
“Bagaimana upaya guru untuk mempelajari dan menguasai keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja berdasarkan penilaian pemantauan praktik kinerja dan hasil reflektif?” Manajer merasa sulit menjawab pertanyaan ini. Anda dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai referensi. 2. Nilai Upaya Pembelajaran Guru Bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja berdasarkan penilaian observasional terhadap praktik kinerja dan hasil reflektif? Lakukan upaya tindak lanjut Berlatih terinspirasi oleh upaya tindak lanjut Terinspirasi oleh upaya tindak lanjut Bagikan praktik yang baik Apa interpretasi Anda terhadap evaluasi?
1. Jika kepala sekolah memilih jawabannya: Berusaha lebih keras
Penjelasan evaluasinya adalah sebagai berikut:
Guru mengambil langkah nyata untuk melacak hasil refleksi dan mengevaluasi kinerja.
Guru mengidentifikasi area di mana kinerja perlu ditingkatkan.
Guru kemudian merencanakan tindakan untuk mengatasi tantangan atau meningkatkan kekuatan.
Langkah-langkah ini dapat mencakup pelatihan tambahan, pengembangan bahan ajar baru, dan modifikasi strategi pembelajaran.
2. Jika manajer memilih jawabannya: Latihan tindak lanjut yang menginspirasi
Penjelasan evaluasinya adalah sebagai berikut:
Para guru telah terinspirasi dan mulai bertindak setelah pekerjaan lanjutan selesai.
Anda juga bisa menjawab:
Guru tidak hanya mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja, tetapi juga menerapkannya dalam praktik sehari-hari di kelas atau lingkungan pendidikan.
Guru menggunakan inspirasi yang diperoleh dari upaya tindak lanjut untuk mengubah metode pengajaran mereka, berkomunikasi dengan siswa, dan mencoba pendekatan baru dalam mengajar.
3. Jika manajer memilih untuk menjawab: Bagikan praktik baik yang terinspirasi oleh upaya tindak lanjut
Penjelasan evaluasinya adalah sebagai berikut:
Guru tidak hanya fokus pada peningkatan kinerja mengajarnya, namun juga berbagi pengalaman dan praktik terbaik dengan sesama guru di komunitas belajar di dalam dan/atau di luar sekolah.
Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, guru membantu memperkuat kapasitas kolektif dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan profesional seluruh anggota komunitas pendidikan.
Anda juga bisa menjawab:
Saya melihat para guru berusaha berbuat lebih baik sesuai harapan saya.
Guru menerapkan/mempraktikkan inspirasi dari tindakan tindak lanjut yang dilakukan.
Calon guru diharapkan terus melakukan refleksi terhadap kinerjanya guna mencapai tujuan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
*) Disclaimer: Model jawaban dalam artikel ini hanyalah sebagai referensi bagi kepala sekolah untuk menghadapi pertanyaan terkait di platform Merdeka Mengajar.
(geosurvey.co.id/sri goliati)