geosurvey.co.id – JAWABAN KUNCI 3.5 Konsep Dasar Kompetisi Pendidikan – Bagian 2 Pendidikan di Madrasah PINTAR Kementerian Agama.
Kunci Tanya Jawab Modul 3.5 Dasar-Dasar Pendidikan Inklusif Bagian 2 Di bawah ini adalah dokumen pelatihan mandiri yang disetujui Kementerian Agama pada platform PINTAR Kementerian Agama.
Sebelum mengerjakan soal tugas Modul 3.5 Konsep dasar lomba pendidikan Bagian 2 Pelatihan pembelajaran di Madrasah Bagian 3: Kelompok kunci pada platform PINTAR Kemenag, https://pintar.kemenag.go.id/, guru bisa belajar. Pertama.
Artikel ini akan menyajikan jawaban dari 10 pertanyaan pada Modul 3.5 Konsep Dasar Pendidikan Terpadu Bagian 2 Pelatihan Ilmany di Madrasah Madrasah Pintar Kementerian Agama berbasis MOOC (Massive Open Online Course) yang dapat digunakan guru untuk membenahi hasil belajar.
Demikian 10 kata kunci tanya jawab Modul 3.5 Konsep Dasar Kompetisi Pendidikan Bagian 2 Pembelajaran Pendidikan di Madrasah Cerdas Agama Kementerian Agama. Kunci Jawaban 3.5 Konsep Dasar Kompetisi Pendidikan Bagian 2 Pelatihan Pembelajaran di Madrasah PINTAR Kementerian Agama
1. Ekspresi perilaku yang benar yang bercirikan pendidikan inklusif adalah…
A. Menyediakan kebutuhan pembelajaran bagi sebagian siswa saja.B. Diberikan kepada siswa non-disabilitas untuk mendukung siswa penyandang disabilitas.C. Menempatkan siswa di ruang kelas tanpa dukungan dan aktivitas yang diperlukan untuk berhasil belajar.D. Seluruh pintu madrasah, kelas, dan kegiatan madrasah terbuka untuk semua anak, dan mereka diberi kesempatan untuk berhubungan dengan teman-temannya setiap saat. Kunci Jawaban : D
2. Undang-undang tentang Penatalaksanaan Penyandang Disabilitas, yaitu…
A.UU No.5 Tahun 2014.B. UU Nomor 12 Tahun 2022 c. UU No 18 Tahun 2019D. UU No 8 Tahun 2016 Jawab : d
3. Tujuan pendidikan inklusif adalah….
A. Memastikan seluruh guru yang berpartisipasi mempunyai akses terhadap pendidikan yang layak, berkualitas, dan relevan.B. Memastikan seluruh peserta guru mempunyai akses terhadap pendidikan yang terjangkau, berkualitas, relevan dan relevan di wilayahnya.C. Memastikan seluruh guru yang berpartisipasi mempunyai akses terhadap pendidikan yang layak dan berkualitas.D. Memastikan semua guru yang berpartisipasi memiliki akses terhadap pendidikan yang terjangkau. Kunci Jawaban: A
4. Yang merupakan komitmen internasional terhadap pendidikan inklusif, kecuali…
A. Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, 1948 (Deklarasi Internasional Hak Asasi Manusia). Konvensi ILO 190 tentang Kekerasan dan Korupsi di Dunia Kerja Konferensi Dunia tentang Pendidikan untuk Semua, 1990 (Konferensi Dunia tentang Pendidikan untuk Semua).D. Deklarasi Salamanca tentang Pendidikan Inklusif, 1994 Kunci Jawaban: B
5. Dampak keberagaman pada anak yang tidak terasuh dengan baik akan mengakibatkan…
A. Pengasingan, pelabelan atau pelecehan dari kerabat, bahkan penolakan bersekolah B. Keterlambatan kehadiran C. Bermain dengan anak yang berlatar belakang sama.D. Pengaruh media sosial tidak sesuai dengan usia mereka. Kunci Jawaban: A
6. Guru, tenaga kependidikan, dan siswa lainnya mengenali dan menerima siswa berkebutuhan khusus. Pernyataan tersebut merupakan salah satu prinsip umum pendidikan, yaitu…
A.Kemenangan. Partisipasi (persiapan).C. Kehadiran (perilaku).D. diterima. Kunci Jawaban : D
7. Siswa berkebutuhan khusus di sekolah mendapat beasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas bersama siswa lain. Pernyataan tersebut merupakan salah satu prinsip umum pendidikan, yaitu…
A. Sebelumnya.B. Penerimaan (pengetahuan). menang (sukses).D. Bergabunglah (Bergabung). Kunci Jawaban : D
8. Pemberian akses terhadap fasilitas esensial baik berupa fasilitas yang sama, lift, dan/atau bentuk lainnya bagi peserta didik penyandang disabilitas fisik merupakan salah satu bentuk…
A. Memberikan dukungan anggaran dan/atau dukungan finansial.B. memberikan kurikulum.C. Penyediaan sarana dan prasarana.D. Persiapan dan pembekalan guru dan tenaga kependidikan. Kunci Jawaban: C
9. “Wahai manusia! Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan, dan Kami menciptakan kamu berbangsa-bangsa dan takun, diharapkan kalian saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling mulia di antara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengetahui.” Ayat ini merupakan landasan teologi pengetahuan universal yang terdapat dalam Al-Qur’an…
A. Al-Qur’an Suratul An-Nur ayat 61.B. Al-Quran Suratul Maidah ayat 3C. Al-Quran Surah Abasa ayat 1 – 11.D. Al-Quran Suratul Hujurat Ayat 13 Kunci Jawaban : D
10. Siswa berkebutuhan khusus mengembangkan kelebihannya agar dapat mencapai perkembangan akademik dan nonakademik setinggi-tingginya. Pernyataan tersebut merupakan salah satu prinsip umum pendidikan, yaitu…
A. Persetujuan B. Kehadiran (presentasi).C. menang (sukses).D. Bergabunglah (Bergabung). Kunci Jawaban: C
Pertanyaan lain yang mungkin muncul adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang tentang Organisasi Kementerian Agama yang memberikan perlindungan secukupnya bagi peserta didik penyandang disabilitas pada Departemen Pendidikan Kementerian Agama yaitu…
A. UU Agama 60 Tahun 2015.B. Undang-Undang Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2024. Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013.D. UU Kepegawaian Nomor 66 Tahun 2016. Jawabannya adalah : a
2. Siswa berkebutuhan khusus menjadi anggota dan bagian dari madrasah dan lingkungannya, baik secara individu maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan salah satu prinsip umum pendidikan, yaitu…
A. Partisipasi (persiapan).B. Menjadi anggota (member).C. muncul (memimpin). D.Penerimaan. Kunci Jawaban : b
3. Menyelenggarakan pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan guru dan tenaga kependidikan dalam memberikan pendidikan kepada setiap orang dalam bentuk yang sesuai…
A. Penyediaan sarana dan prasarana B. Penyiapan dan penyediaan guru dan tenaga teknis C. Penyediaan bantuan anggaran dan/atau keuangan.D. Menyediakan kurikulum. Kunci Jawaban : b
4. Aspek manajemen dalam menyediakan akomodasi yang memadai bagi siswa penyandang disabilitas di madrasah melalui…
A. Memberikan dukungan anggaran dan/atau dukungan finansial.B. Penyediaan sarana dan prasarana.C. Persiapan dan pembekalan guru dan tenaga kependidikan.D. Semua jawaban benar Kunci Jawaban : D
5. Di lembaga pendidikan akan terdapat perbedaan tingkah laku dan latar belakang anak.
A. Masalah guru dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar C. Nilai, kemampuan dan kebutuhannya di kelas D. Tujuan pendidikan ditetapkan oleh Departemen Pendidikan. Kunci Jawaban: C
6. Tujuan Madrasah yang memberikan dukungan terhadap pendidikan perorangan adalah…
A. Menempatkan siswa penyandang disabilitas di ruang sumber untuk memudahkan pembelajaran B. Mengakomodasi siswa baru penyandang disabilitas melalui screening C. Membuka kelas khusus bagi siswa penyandang disabilitas. Menyelenggarakan tes kepada seluruh mahasiswa yang masuk untuk menentukan kelulusan, termasuk bagi penyandang disabilitas. Kunci Jawaban : b
7. Keberagaman tingkah laku dan latar belakang anak menjadi kunci dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang meliputi…
A. Disabilitas, geografi, gaya hidup orang tua, akses terhadap teknologi, suku, bahasa, agama, dan korban perang dan/atau bencana.B. Gender, disabilitas, geografi, gaya hidup orang tua, akses terhadap teknologi, etnis, bahasa, agama, dan korban perang dan/atau bencana.C. Gender, geografi, gaya hidup orang tua, akses terhadap teknologi, suku, bahasa, agama, dan korban perang dan/atau bencana.D. Gender, disabilitas, geografi, gaya hidup orang tua, akses terhadap teknologi, etnis, bahasa dan agama. Kunci Jawaban: A
Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai pedoman guru dalam pelaksanaan pelatihan mengajar PINTAR Kemenag di Madrasah.
Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)