Berikut kunci jawaban Kelas 9 Indonesia halaman 104 geosurvey.co.id – Kurikulum Mandiri.
Konten kali ini membahas tentang Promosi Bisnis: Sopir Ojek Payung.
Pada soal kali ini kita akan mengulas materi membaca dan memahami teks ekspositori.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan baik dan detail.
Artikel ini dapat menjadi referensi atau panduan bagi siswa dalam mempelajari kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum kelas 9 SMP Merdeka. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Page 104 Kegiatan Kursus Mandiri 1 Membaca dan Pemahaman Teks Ekspositori
1. Mengapa penulis merasa perlu menjelaskan pengoperasian ojek bayangan kepada pembaca?
Menjawab:
Karena penulis ingin menampilkan profesi tukang ojek payung, agar siswa kelas 9 dapat mengetahui tentang profesi tersebut.
2. Bagaimana penulis memutuskan untuk bekerja sebagai tukang ojek payung?
Menjawab:
Karena tidak ada pilihan pekerjaan saat itu.
3. Menurut Anda di mana penulis tinggal? Di kota atau di kota? Nyatakan alasan Anda.
Menjawab:
Di kota, karena teks tersebut mengatakan bahwa penulis bekerja sebagai tukang ojek payung di stasiun kereta api sepulang sekolah.
4. Teks di atas tidak menyebutkan umur penulis saat ini. Coba tebak berapa umurnya sekarang dan apa alasan Anda.
Menjawab:
Kemungkinan penulisnya masih muda, sekitar 18-19 tahun.
5. Teks tidak memuat informasi tentang orang tua penulis. Jika ingin menambahkannya, di mana sebaiknya menambahkan informasi tentang orang tua penulis?
Menjawab:
Di tengah teks, setelah kalimat, “Saya tidak bisa meminta uang lebih kepada ayah saya yang bekerja dari pagi hingga malam agar keluarga kami bisa makan.”
6. Menurut Anda, apa tujuan penulis berbagi cerita masa lalu kepada pembaca?
Menjawab:
Tujuan penulis berbagi kisah masa lalunya agar pembaca tidak cepat mengeluh ketika dihadapkan pada kesulitan hidup di dunia nyata.
7. Apakah bacaan ini berhasil menyampaikan pesan bahwa penulisnya adalah orang yang mandiri? Informasi apa yang mendukung pernyataan tersebut?
Jawaban: Ya, penulis adalah seorang freelancer.
Diketahui dari keterangan penghasilan yang diperolehnya untuk sekolah dan keperluan lainnya, ia tidak mau meminta uang kepada orang tuanya dan ia berinisiatif mengembangkan hobi beternak ayam untuk menambah penghasilannya.
8. Apakah menurut Anda judul pelajaran ini menarik minat pembaca? Jika ya, jelaskan alasannya. Jika tidak, silakan berikan saran Anda.
Menjawab:
Menarik sekali, apalagi menggunakan bahasa yang dekat dengan pembaca dan dapat diterapkan dalam situasi sehari-hari.
Hal ini akan memudahkan pembaca memahami pesan yang tertulis dalam cerita.
9. Kini penulis telah menjadi pengusaha sukses karena hobinya. Jelaskan proses yang dia lalui.
Menjawab:
Bermula saat dia membeli dua ekor ayam murah.
Kemudian dapatkan persediaan makanan dari sisa warung makan yang ada di pasar.
Penulis dengan hati-hati merawat anak ayam.
Ketika ayam-ayam itu sudah tua, seseorang menawarkan untuk membelinya. Hasil penjualannya membeli beberapa anak ayam lagi.
Dan sebagainya. Kini, penulis memiliki lima kandang besar yang menyediakan ayam gratis ke puluhan warung dan restoran.
10. Ringkaslah kriteria menjadi wirausaha sukses setelah membaca teks “Sopir Taksi Motor Payung”.
Menjawab:
Pengusaha sukses adalah orang yang pantang menyerah, bekerja keras, tidak pernah malu, mandiri, tekun dan gigih dalam bekerja.
*) Penafian:
– Kunci jawaban hanya digunakan sebagai referensi pembelajaran anak.
– Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anaknya.
– Sebelum melihat kunci jawabannya, siswa harus mengerjakan sendiri soalnya.
(geosurvey.co.id/Oktavia WW)