geosurvey.co.id – Cek Contoh Dokumen Refleksi Kepatuhan Guru oleh Kepala Sekolah di Merdeka Teaching Platform (PMM).
Setelah guru menyelesaikan makalah berpikir lanjutan. Sekarang giliran kepala sekolah yang menilai makalahnya.
Makalah pemikiran selanjutnya terdiri dari dua bagian; Yaitu 1. nilai usaha berpikir guru dan 2. nilai usaha belajar guru.
Tanggung jawab kepala sekolah adalah mengevaluasi upaya dan refleksi berdasarkan jawaban guru terhadap pertanyaan kunci: “Bagaimana guru mengamati ketika melakukan refleksi?”
Ada tiga jawaban yang bisa dipilih. Setelah memilih jawaban yang sesuai, kepala sekolah bertanggung jawab menjelaskan penilaian.
Kepala sekolah yang merasa kesulitan dalam melengkapi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada dokumen refleksi tindak lanjut dapat menggunakan kunci jawaban berikut sebagai acuan. Dokumen Refleksi Tambahan 1. Mengevaluasi upaya refleksi guru.
Bagaimana guru mengetahui kapan harus melakukan refleksi? Identifikasi tantangan dan penyebabnya di luar kendali seseorang (menjelaskan penyebab tantangan yang timbul dari faktor eksternal (infrastruktur, anggaran, koneksi, sinyal, dll.) penyebab di luar kendali seseorang dan dampak internalnya (menjelaskan penyebab tantangan yang timbul dari kekuatan atau keterbatasan; menggambarkan dampak pembelajaran, bukan berdasarkan faktor eksternal, bukti lapangan, penelitian atau laporan kualitas pendidikan siswa yang terlibat);
Apa penjelasan Anda mengenai penilaian ini?
Menjawab:
– Jika Anda memilih jawaban “Kesadaran akan tantangan dan penyebab di luar kendali seseorang.” Penjelasan untuk penilaian:
Guru mengajukan tiga tantangan terhadap pertumbuhannya dan penyebab tantangan tersebut berasal dari luar dirinya.
Misalnya: Kesulitan melibatkan siswa dalam pembelajaran jika bangunan dan infrastruktur sekolah tidak lengkap dan tidak didukung.
Atau
Guru menjelaskan penyebab tantangan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Seringkali kita cenderung menyalahkan faktor internal atau kurangnya kemampuan pribadi sebagai penyebab utama kesulitan yang kita hadapi dalam belajar.
Namun, penting untuk menyadari bahwa ada faktor eksternal yang berperan besar dalam menciptakan tantangan bagi kita di kelas. Dengan meningkatkan kesadaran kita terhadap tantangan-tantangan yang berasal dari faktor-faktor eksternal ini, kita dapat menjadi lebih tangguh dan lebih mampu menghadapinya.
– Jika memilih jawaban “Waspadalah terhadap tantangan dan alasannya adalah pengendalian diri.” Penjelasan untuk penilaian:
Guru memaparkan 3 tantangan perkembangannya beserta alasannya sendiri, namun tidak menjelaskan dampak dari tantangan tersebut, misalnya: Kesulitan dalam mengaktifkan siswa karena guru tidak menggunakan media yang berbeda.
Atau
Para guru menjelaskan bahwa penyebab tantangan bukan karena faktor eksternal tetapi karena kemampuan atau keterbatasan yang dimiliki. Penting untuk menyadari bahwa setiap guru memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing.
Tantangan yang kita hadapi dalam mengajar tidak selalu berkaitan dengan kemampuan atau keterbatasan kita. Bahkan guru yang paling berpengalaman pun menghadapi banyak tantangan pembelajaran di kelas.
Dengan meningkatkan kesadaran akan kekuatan dan keterbatasan diri; Kita bisa menjadi guru yang lebih efektif dan tangguh ketika dihadapkan pada berbagai tantangan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Terima kasih atas semangat dan antusiasme Anda dalam memberikan pendidikan yang unggul kepada siswa kami.
– Jika Anda memilih jawaban “Waspadai tantangan dan penyebab yang berada dalam kendali dan pengaruh seseorang.” Penjelasan untuk penilaian:
Guru menjelaskan bahwa alasan tantangan tersebut adalah kekuatan atau keterbatasan mereka dan kualitas pembelajaran tercermin dalam rapor akademik. Namun perlu diingat bahwa tidak semua hambatan berasal dari faktor eksternal.
Terkadang keterbatasan atau ketidakmampuan kita sendiri dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi menjadi penyebab utama berbagai kesulitan yang kita hadapi. Dengan menyadari keterbatasan kami dan berkomitmen untuk pembelajaran dan pengembangan berkelanjutan, kami dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan efektif kepada siswa kami.
Terima kasih atas dedikasi dan komitmennya dalam meningkatkan pendidikan di sekolah ini.
Atau
Guru menyadari tantangan perkembangannya karena sulit melibatkan siswa dalam pembelajaran. Karena guru tidak menggunakan media yang berbeda-beda, maka tujuan pembelajaran siswa tidak dapat tercapai sepenuhnya. 2. Mengevaluasi upaya belajar guru.
Berdasarkan penilaian pemantauan praktik kinerja dan hasil refleksi, bagaimana guru mempelajari dan menguasai keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja? Melakukan upaya tindak lanjut Latih motivasi melalui upaya tindak lanjut Bagikan praktik terbaik dari motivasi hingga upaya tindak lanjut
Menjawab:
– Jika memilih jawaban “Upaya Tindak Lanjut” Penjelasan penilaian: Guru melakukan langkah konkrit untuk melakukan refleksi dan menindaklanjuti hasil penilaian kinerja. Guru mengidentifikasi bidang-bidang yang memerlukan peningkatan kinerja. Guru kemudian merencanakan tindakan untuk mengatasi tantangan atau membangun kekuatan. Pelatihan tambahan pada tingkat ini; Hal ini mencakup pengembangan bahan ajar baru dan penyesuaian strategi pembelajaran.
– Jika Anda memilih jawaban “Pelatihan motivasi pasca usaha” untuk penilaian Penjelasan:
Guru mendapat inspirasi dan melaksanakan upaya tindak lanjut yang dilakukan.
– Jika memilih jawaban “Berbagi amalan yang baik sebagai hasil motivasi dari usaha selanjutnya”. Penjelasan untuk penilaian:
Guru tidak hanya meningkatkan kinerja gurunya sendiri, namun juga berbagi pengalaman dan praktik terbaik dengan sesama guru di sekolah dan/atau di luar komunitas belajar.
Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, guru memperkuat kapasitas kolektif dan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan profesional bagi seluruh anggota komunitas akademik.
*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi Kepala Sekolah untuk menangani pertanyaan terkait pada platform Mardeka Menager.
(geosurvey.co.id/Pak Giuliati)