geosurvey.co.id – Baca Modul 1 Topik 2 Kunci Jawaban: Merancang Pembelajaran Diferensiasi dalam PPG 2024.
Kunci jawaban Modul 1 Topik 2 diperuntukkan bagi guru yang melakukan latihan pemahaman bacaan pada platform Merdeka Mengajar (PMM).
Modul 1 berisi 10 soal pemahaman. Topik 2: Merancang pembelajaran yang berdiferensiasi.
Pertanyaan-pertanyaan yang muncul adalah sebagai berikut: Salah satu prinsip dasar pembelajaran kurikulum mandiri adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan sedemikian rupa sehingga membentuk siswa untuk belajar sepanjang hayat. Berdasarkan prinsip tersebut, pernyataan berikut merupakan kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh guru…
Guru yang telah menerima PPG Pendidikan Profesi Guru (PTE) (Daljab) Pelayanan 2024 untuk guru tertentu dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini untuk menjawab pertanyaan.
Selengkapnya lihat kunci jawaban Modul 1 Topik 2: Merancang Pembelajaran Diferensiasi dalam Latihan Pemahaman Membaca di PPG Daljab 2024. Modul 1 topik 2 PPG 2024: Kunci jawaban perencanaan pembelajaran berdiferensiasi
1. Salah satu prinsip dasar pembelajaran dalam kurikulum mandiri adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan sedemikian rupa sehingga membentuk peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat. Berdasarkan prinsip tersebut, pernyataan berikut merupakan kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh guru…
A. Guru memastikan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran selalu disertai dengan tugas-tugas yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Guru mendorong siswa untuk berpikir guna memahami kelebihan dan peluang yang perlu dikembangkan. Guru selalu memberikan umpan balik secara langsung sehingga mendorong siswa untuk terus belajar dan mendalami ilmu pengetahuan. Guru memberikan proyek yang mendorong pembelajaran mandiri dan penemuan ilmiah. Guru memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi siswa dengan kesiapan belajar yang berbeda.
2. Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru Hafiz melakukan survei pendahuluan untuk mengetahui profil pembelajaran siswanya. Hasil survei pendahuluan menunjukkan bahwa 45 persen siswa mempunyai gaya belajar visual, 15 persen gaya belajar kinestetik, dan 40 persen gaya belajar auditori. Pak Hafiz juga mengetahui bahwa minat murid-muridnya biasanya sesuai dengan gaya belajar mereka.
Berdasarkan informasi ini, Pak Hafiz merencanakan pelatihan yang berbeda pada elemen proses berikut.
A. Guru membekali siswa dengan sumber belajar berupa modul digital interaktif. Siswa bebas berkreasi dalam laporan observasi seperti laporan tertulis, power point, video, poster atau bentuk lainnya sesuai dengan bakat dan minatnya. Siswa diharuskan mengamati dan mendiskusikan isi video untuk mendapatkan pengetahuan baru. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih bermain peran agar lebih memahami penjelasan guru. Guru membuat beberapa sudut kerja atau pajangan yang dipasang di tempat yang berbeda-beda agar siswa dapat bergerak sambil memperoleh informasi: B. Siswa bebas berkreasi membuat laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point. , video, poster, atau bentuk bakat dan minat lainnya
3. Penerapan kurikulum mandiri bukan berarti memperkenalkan konsep dan prinsip pembelajaran yang benar-benar baru, namun lebih mengutamakan paradigma baru dalam pembelajaran untuk menjamin terciptanya pengalaman belajar yang lebih berpusat pada siswa.
Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran diuraikan pada kegiatan berikut ini, kecuali…
A. Pada awal tahun ajaran, guru mencoba mencari tahu kesiapan belajar siswa dan hasil sebelumnya.B. Guru selalu memberikan umpan balik secara langsung sehingga mendorong siswa untuk terus belajar dan mendalami ilmu pengetahuan. Guru menggunakan wewenang sebagai pedoman pembelajaran utama untuk memecahkan masalah tanpa melibatkan orang tua atau guru lainnya. Guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk membantu siswa mengembangkan kompetensinya.E. Guru hendaknya mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan tingkah laku siswa dan mendengarkan keluh kesahnya untuk mengidentifikasi kebutuhan belajarnya. Kunci Jawaban : C. Guru menggunakan pemberdayaan sebagai pedoman utama pembelajaran dalam memecahkan masalah tanpa melibatkan orang tua. atau guru lainnya
4. Peran guru dalam pelaksanaan pelatihan sesuai dengan prinsip pelatihan yang dibedakan….
A. Guru adalah sumber belajar yang utama dan siswa mengikuti apa yang telah ditentukan.B. Guru bukanlah sumber belajar yang utama, siswa dapat belajar dari berbagai sumber.C. Guru berperan sebagai mediator antar siswa sehingga terjadi transfer ilmu dalam proses pembelajaran.D. Guru menjadi motivator yang mengamati siswa dari jarak jauh dalam proses pembelajaran.E. Guru merupakan penggerak utama dalam proses pembelajaran Kunci Jawaban : B. Guru bukanlah sumber belajar yang utama, siswa dapat belajar dari banyak sumber.
5. Ibu Farida menggunakan pengajaran yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Oleh karena itu, beliau membagi siswanya menjadi beberapa kelompok belajar. Ternyata Bu Farida masih kesulitan untuk bertanya. Jadi proses pembelajaran masih bergantung pada guru. Apa yang mbak Farida ketahui…
Ibu V. Farida dapat melakukan pembebasan tanggung jawab secara bertahap. Ia mengajak siswa untuk mandiri, bekerja kelompok tanpa pengawasan guru. Tanggung jawab guru lebih besar dibandingkan tanggung jawab siswa. Ibu Farida mungkin akan mengalami pelepasan tanggung jawab secara bertahap. Beliau mengajak para siswa untuk bekerja secara individu dalam kelompok, dengan hasil kerja yang spesifik dan tidak dapat diubah. Siswa tidak perlu bekerja sama untuk memahami konsep.C. Ibu Farida mungkin akan mengalami pelepasan tanggung jawab secara bertahap. Meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok pada suatu konsep yang dipelajari. Siswa bekerja sama untuk memahami konsep. Guru lebih bertanggung jawab dibandingkan siswa.D. Ibu Farida mungkin akan mengalami pelepasan tanggung jawab secara bertahap. Meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok pada suatu konsep yang dipelajari. Siswa bekerja sama untuk memahami konsep dengan lebih baik karena mereka mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan guru. Agar siswa dapat menerapkan ilmunya secara mandiri. Selama proses pelatihan, guru dan siswa mempunyai tugas yang sama.E. Kunci Jawaban Salah : Ibu D. Farida lambat laun bisa lepas dari tanggung jawab. Meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok pada suatu konsep yang dipelajari. Siswa bekerja sama untuk memahami konsep dengan lebih baik karena mereka mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan guru. Agar siswa dapat menerapkan ilmunya secara mandiri. Selama proses pengajaran, guru dan siswa mempunyai tugas yang sama.
6. Guru menerapkan unsur pembedaan pada saat pelaksanaan pembelajaran, misalnya dengan menggunakan bahan bacaan yang berbeda untuk siswa yang mempunyai kemampuan membaca berbeda.
Namun masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan mencapai tujuan pembelajarannya. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini…
A. Bertanya kepada siswa yang kesulitan untuk belajar lebih banyak. Mengurangi tingkat kerumitan tugasC. Meminta siswa bekerja sendiri D. Kelanjutan kurikulum yang telah direncanakan E. Mengkaji Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Kunci Jawaban : E. Mengkaji Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
7. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Siswa menentukan tujuan yang ingin dicapai dan apa yang ingin diketahui dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai bersama.
Proses/langkah-langkah yang harus diikuti guru dan siswa untuk merumuskan tujuan pembelajaran……
A.1-2-3-4B. 1-3-2-4C. 4-3-2-1D. 4-2-3-1E. 3-2-1-4 Kunci Jawaban : C. 4-3-2-1
8. Guru mengadakan pelatihan tentang topik tertentu. Ia mengetahui bahwa para siswa belum pernah mempelajari mata pelajaran tersebut. Apa yang harus dilakukan guru pada awal kegiatan pelatihannya…
A. Katakan kepada saya bahwa materi ini sulit dan memerlukan pembelajaran yang konsisten. Jelaskan bahwa materi ini memerlukan banyak latihan, sehingga siswa harus terbiasa dengan semua peralatan laboratorium sebelum kelas dimulai. Penjelasan umum tentang materi pelajaran yang akan diajarkan, perluasan pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran, menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman hidup siswa sehari-hari.D. Menjelaskan materi secara langsung agar siswa paham. Mengajukan pertanyaan pre-test tentang materi untuk meningkatkan motivasi siswa.
9. Ibu Tina menemukan beberapa siswa yang tidak mencapai tujuan belajarnya dan memerlukan perhatian medis. Tindakan terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah …….
A. Merancang kegiatan pendidikan yang berbeda proses dan isinya bagi siswa yang memerlukan perbaikan. B. Memberikan banyak pekerjaan rumah agar siswa dapat belajar sendiri di rumah. Hubungi orang tua anak dan beri tahu mereka bahwa anak tidak mengikuti proses belajar dengan baik. Mintalah setiap siswa untuk memberikan tugas pada setiap akhir pelajaran. Mintalah setiap siswa untuk meninjau kembali pelajaran tersebut. Kunci Jawaban : A. Merancang kegiatan pembelajaran yang membedakan proses dan isi untuk peserta didik remedial
10. Beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan berdiferensiasi: Kebutuhan siswa yang beragam Lingkungan kelas Kebutuhan guru dan kepala sekolah Lingkungan sekolah
Di bawah ini adalah beberapa elemen yang harus dipertimbangkan guru ketika membuat perubahan pembelajaran…
A.1. dan 2B. 2. dan 3C. 3 dan 4D. 1. dan 3E. 1. dan 4. Jawaban: A. 1. dan 2
*) Disclaimer: Kunci Jawaban Modul 1 Topik 2: Merancang Pembelajaran Diferensiasi Artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru peserta pilot program PPG Guru 2024 untuk mengerjakan PMM.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)