geosurvey.co.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berupaya memberikan layanan terbaik yang diwujudkan melalui adopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) pada produk dan layanan digitalnya. Salah satunya adalah pengenalan kecerdasan buatan di OCA Indonesia, produk andalan Leap Telkom Digital.
Teknologi AI akan diimplementasikan pada chatbot OCA Indonesia yang diberi nama OCA Automated Interaction (OCA AI). Teknologi AI OCA yang canggih mampu membalas obrolan secara cerdas dan otomatis, sehingga mengurangi campur tangan manusia saat membalas pesan atau menyelesaikan keluhan secara manual. Kehadiran AI Chatbot di OCA dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha agar pemanfaatan karyawan menjadi lebih efisien. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat lebih memfokuskan karyawannya pada penyelesaian isu-isu yang lebih strategis, sehingga memberikan manfaat lebih bagi perusahaan dan organisasi yang menggunakan OCA Indonesia.
Memiliki OCA AI akan membantu bisnis mengembangkan chatbot mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan dukungan penuh omni-channel, OCA AI memudahkan pengguna untuk menerapkan chatbot di berbagai saluran komunikasi. Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat lebih meningkatkan layanan pelanggan dan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Selain itu, OCA AI dapat digunakan untuk mengotomatisasi komunikasi di banyak bidang, salah satunya adalah pendidikan.
“Di Telkom, kami berupaya memberikan solusi terbaik melalui produk dan layanan digital kami. Seperti dimasukkannya AI pada chatbot OCA yang kami sebut OCA AI. EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa, “Kemudian OCA AI akan membantu mengoptimalkan proses kerja perusahaan yang akan digunakan sehingga memberikan manfaat yang lebih besar.”
AI Chatbot OCA memfasilitasi Civitas Akademika ITS untuk menyelesaikan berbagai permintaan dan keluhan.
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merasakan manfaat chatbot AI yang dikembangkan oleh OCA Indonesia. Penggunaan sistem chatbot OCA secara dramatis mengubah proses komunikasi ITS dengan mengaktifkan otomatisasi. Chatbot OCA kini dapat menangani berbagai keluhan, permintaan, dan pertanyaan dari civitas akademika ITS. Selain itu, chatbots OCA Indonesia akan menjadi lebih cerdas dan ramah pengguna ketika OCA AI yang didukung kecerdasan buatan diluncurkan.
Sebelumnya, civitas akademika ITS harus melakukan query web secara manual dan memilih entitas target yang tepat. Cara ini seringkali bermasalah karena terkadang pengguna salah memilih satuan, sehingga proses penyelesaian masalah memakan waktu lama atau tidak terproses sama sekali.
Setelah menggunakan chatbot OCA yang terhubung ke WhatsApp, kini setiap pertanyaan umum dapat dikategorikan dan siswa, guru, dan dosen dapat memilih berdasarkan kategori pertanyaan. Misalnya, mahasiswa baru tingkat sarjana (sarjana) akan mempunyai pilihan soal yang berbeda dibandingkan mahasiswa tingkat pascasarjana (master). Layanan chatbot OCA dapat menghilangkan kebingungan yang sebelumnya ada dalam proses komunikasi ITS dan memberikan respon terhadap keluhan yang lebih efisien. Setelah OCA AI diluncurkan secara resmi, chatbot OCA akan dapat belajar sendiri dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu tanpa perlu mengonfigurasi kategori.
Dengan menggunakan layanan chatbot OCA, ITS dapat mengirimkan hingga 30.000 pesan kepada mahasiswa baru setiap tahunnya. Berkat teknologi yang ada di OCA Indonesia, ITS dapat meningkatkan dan meningkatkan kualitas interaksi kampus dengan mahasiswa, orang tua, dan alumni melalui chatbot otomatis.
“Chatbot OCA terbukti lebih mudah dan bermanfaat bagi tim layanan kami dalam menjawab pertanyaan calon mahasiswa luar kampus, mahasiswa, dosen, alumni, dan pengunjung pesta secara efisien dan cepat,” ujar Manajer Hubungan Pelanggan ITS. Jurusan Perencanaan Bisnis Dini Adni Navastara.
Langkah OCA Indonesia yang memasukkan AI ke dalam layanan chatbotnya merupakan upaya tulus OCA Indonesia untuk terus mengedepankan inovasi solusi digital yang membantu mengoptimalkan kinerja pelanggan. Penerapan OCA Indonesia terbukti berperan penting dalam mengelola dan mengefektifkan proses komunikasi digital ITS.
Berkat OCA Indonesia, komunikasi digital ITS menjadi lebih efektif, efisien dan penyebaran informasi permasalahan civitas akademika tepat waktu. Tidak hanya OCA Indonesia, Leap Telkom Digital juga mencakup berbagai produk dan layanan digital Telkom untuk mengatasi berbagai permasalahan di semua industri.
#Tingkatkan masa depan Anda