geosurvey.co.id – Dalam cerita Aldi dan Pak Budi, kenapa Pak Budi tidak langsung memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan tersebut? Perhatikan contoh respon Platform Merdeka Mengajar (PMM) berikut ini.
Guru yang Terhormat, Guru akan menemukan pertanyaan-pertanyaan di atas ketika menjawab pertanyaan tentang PMM.
Jawaban soal-soal PMM pada artikel ini dimaksudkan hanya sebagai pedoman bagi guru-guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut di PMM.
Harap perhatikan cerita di bawah ini sebelum menjawab pertanyaan di artikel ini! Kisah Aldi dan Pak Budi
“Berapa banyak orang dalam ketiga kelompok ini?” tanya Pak Budi sambil menunjuk gambar di papan dan memberi waktu pada Aldi untuk menjawab. “24 pak,” jawab Aldi. “Jadi apa, apakah ini benar-benar 24?” Pak Budi bertanya kepada seluruh siswa di kelas. “Ya, Tuan,” kata mereka. “Baiklah Aldi, untuk menghitung lebih teliti. “Terima kasih semuanya atas bantuannya,” puji Pak Budi. “Anak-anak ingat bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang. “Kalau begitu cobalah latihan perkalian lagi, karena kita akan banyak menggunakan perkalian dalam kehidupan sehari-hari,” Pak Budi mengingatkan sebelum melanjutkan penjelasannya. Dalam cerita Aldi dan Pak Budi, mengapa Pak Budi tidak langsung memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk menjawab pertanyaan tersebut?
A. Ia ingin mengembalikan keyakinan Aldi bahwa ia bisa melakukannya jika ia berpikir lebih matang. Ia ingin membuktikan kecurigaannya bahwa Aldi perlu lebih banyak berlatih perkalian. Ia mencoba meyakinkan semua siswa bahwa soal-soal ini mudah. Ia ingin mendapat kesempatan memuji Aldi di depan teman-teman sekelasnya
Jawaban: A
*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Guru/Kepala Sekolah menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Guru yang Terhormat, Guru/Kepala Sekolah dapat menjawab pertanyaan serupa dengan jawaban tergantung kondisi masing-masing.
(geosurvey.co.id/Yunita Rahmayanti)
Artikel lain terkait Mobilisasi pendidikan guru