geosurvey.co.id – Di bawah ini adalah jawaban utama dari pertanyaan “Sikap guru dan respon siswa seperti apa yang mendukung penilaian Anda?” Tentang isu Forum Merdeka Mengajar (PMM).
Pertanyaan ini berkaitan dengan pemahaman implementasi model PMM.
Latihan Eksplorasi Ulangi materi pelacakan refleksi bersama kepala sekolah pada bagan observasi.
Guru akan menemukan pertanyaan-pertanyaan di atas ketika menjawab pertanyaan di PMM. Sikap guru dan tanggapan siswa apa yang mendukung penilaian Anda?
Menjawab:
Pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru berhasil mencapai tujuannya secara efektif.
Hal ini terlihat pada penerapan berbagai perangkat pembelajaran dan respon positif yang ditunjukkan siswa terhadap proses pembelajaran.
Berikut beberapa perilaku guru dan respon siswa yang mendukung proses penilaian yang efektif dalam pembelajaran:
1. Sikap guru: umpan balik yang membangun
Guru yang memberikan umpan balik yang jelas, spesifik, dan konstruktif membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Umpan balik ini membantu siswa memperbaiki kesalahan dan mengembangkan keterampilan yang lebih baik. Menggunakan metode evaluasi yang berbeda
Dengan berbagai metode, seperti tes menulis, penugasan, observasi, dan diskusi, guru dapat menilai kemampuan siswa secara keseluruhan. Hal ini juga membantu siswa merasa nyaman dalam mengekspresikan kemampuannya. Menciptakan lingkungan evaluasi yang mendukung
Guru yang menciptakan lingkungan kelas yang positif dan bebas stres serta menghargai upaya siswa menjadikan proses penilaian sebagai pengalaman yang mendidik, bukan pengalaman yang menakutkan. Siswa lebih terbuka untuk memamerkan kemampuannya. Berikan penjelasan tentang kriteria evaluasi
Ketika guru menetapkan kriteria penilaian terlebih dahulu, siswa memahami standar yang harus mereka penuhi dan merasa lebih siap. Hal ini juga mendorong transparansi dalam evaluasi. Keterlibatan Siswa dalam Penilaian Diri
Guru yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menilai diri sendiri menjadikan mereka lebih bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Hal ini juga melatih siswa untuk jujur pada diri sendiri dan mengembangkan refleksi diri.
2. Respon Siswa: Meminta umpan balik Siswa yang aktif meminta umpan balik menunjukkan bahwa mereka mempunyai keinginan untuk berkembang. Hal ini juga membantu guru mengidentifikasi bidang mana yang memerlukan pengembangan lebih lanjut. Menerima umpan balik secara terbuka Siswa yang menerima umpan balik positif dan tidak merasa tidak puas akan lebih mampu memperbaiki diri. Respons ini juga membantu mereka terus belajar dari kesalahan. Berpartisipasi aktif dalam diskusi penilaian. Siswa yang bertanya atau memberikan saran dalam diskusi penilaian menunjukkan minat dan pemahaman dalam pembelajaran. Hal ini akan membantu guru dalam memahami tingkat pemahamannya. Melakukan penilaian diri yang jujur Ketika diberi kesempatan menilai diri sendiri, siswa yang melakukannya dengan jujur akan mampu mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan. Hal ini meningkatkan kesadaran diri dan motivasi untuk belajar lebih baik. Mengikuti kriteria penilaian yang ditetapkan Siswa yang mengikuti kriteria evaluasi dan berusaha keras untuk mencapainya menunjukkan upaya mereka untuk memenuhi standar yang diharapkan. Hal ini menjadikan proses evaluasi lebih adil dan terarah.
Sikap guru yang suportif dan tanggapan positif siswa dapat dinilai tidak hanya sebagai tolak ukur prestasi akademik, namun juga sebagai bagian integral dari proses pembelajaran itu sendiri.
*) Penafian:
Jawaban ini hanya digunakan sebagai contoh ketika Anda / guru / kepala sekolah.
Jawaban tersebut digunakan untuk menyelesaikan pertanyaan serupa di forum Merdeka Mengajar.
Guru/kepala sekolah dapat menjawab pertanyaan serupa dengan jawaban yang sesuai dengan keadaan spesifik Anda.
(geosurvey.co.id/Oktavia WW)