geosurvey.co.id – Ini adalah contoh modul pengajaran Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka.
Contoh modul pengajaran Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka pada artikel ini dilengkapi RPP guru.
Guru dapat menjadikan contoh program belajar mandiri Pancasila kelas 4 ini sebagai referensi dalam menyusun bahan ajar.
Program belajar mandiri Pancasila kelas 4 dapat digunakan untuk membantu memandu proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar (LP). Contoh Pengajaran Pancasila Kelas 4 Kurikulum Umum Merdeka A. ID Modul Penyusun : Muhammad Syaharawardi S.Pd. Kelas: B / 4 Bab / Topik: 5 / Gaya Hidup Belajar Kolaborasi Alat: Saling membantu memenuhi kebutuhannya secara individu atau bersama-sama. Alokasi waktu: Sesi 1/2 x 35 menit B. Keterampilan dasar > Siswa dapat mengidentifikasi kebutuhannya secara individu atau bersama-sama. > Siswa dapat memberikan contoh kebutuhan secara individu atau bersama-sama
1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak baik.
2. Keberagaman global.
3. Bekerja sama.
4. Jadilah mandiri
5. Penalaran kritis, dan
6. Kreatif D. Peralatan dan Prasarana
Sumber Kajian : (Kemendikbud Ristek RI, Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD IV Tahun 2021
Penulis : Yusnawan Lubis, Dwi Nanta Priharto dan Internet), Makalah Mahasiswa E. Ditujukan untuk Mahasiswa
Siswa kelas 4 tingkat B berjumlah 6 orang dengan 2 tujuan : > Siswa normal : umum, tanpa kesulitan dalam mencerna makanan dan memahami materi ajar. > Siswa yang berprestasi: cepat mencerna dan memahami, mampu mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki kemampuan kepemimpinan. A.Model pembelajaran
Ciri-ciri Utama Pembelajaran Tatap Muka A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran > Siswa dapat mengidentifikasi kebutuhan satu sama lain dan kebutuhan satu sama lain. > Siswa dapat memberikan contoh kebutuhan individu atau kebutuhan bersama. B. Pemahaman yang bermakna
Meningkatkan keterampilan siswa dalam mempelajari materi, saling membantu dalam hal yang diperlukannya, baik secara individu maupun bersama-sama. T. Pertanyaan yang Muncul Apa yang akan terjadi jika masyarakat tidak bekerja sama? Mengapa kita diminta untuk saling membantu dalam hal yang baik dan tidak saling membantu dalam hal yang buruk? Mengapa orang perlu saling membantu dalam hidup? Mengapa manusia perlu saling membantu? D.Pekerjaan akademis
– Tindakan lanjutan
Proses pengajaran a. Persiapan mengajar
Sebelum guru melaksanakan tugas pembelajaran, guru harus melakukan persiapan yang semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan bersama siswa baik dan bermakna. Hal-hal yang harus dipersiapkan guru antara lain:
1) Materi pembelajaran Bahan pembelajaran lain yang harus disiapkan guru sebelum kegiatan pembelajaran dimulai pada kegiatan pembelajaran 2 antara lain:
A) komputer laptop, b) perlengkapan audio (speaker), c) proyektor, d) papan tulis, dan e) perlengkapan tulis, misalnya spidol atau kapur tulis.
2) Guru menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan penyampaian pesan pembelajaran kepada siswa.
Bahan ajar yang dipilih harus sesuai dengan materi yang disajikan pada kegiatan pembelajaran 2.
Media lain yang dipilih oleh guru antara lain:
A) Video terkait saling melengkapi kebutuhannya, baik secara individu maupun bersama-sama. Video-video ini dapat ditemukan di berbagai penyedia video online.
(b) Gambar atau gambar yang berkaitan dengan kerjasama dalam kegiatan.
C) Cerita atau legenda tentang kerjasama dalam suatu kegiatan.
Materi pembelajaran ini merupakan cara lain bagi guru. Dengan kata lain, guru dapat memilih salah satu pilihan tersebut sesuai dengan kondisi dan sumber daya yang tersedia bagi guru dan sekolah b. Kegiatan mengajar di kelas
1) Tugas awal Guru memberi salam dan secara acak memberikan siswa lain untuk memimpin doa menurut agama dan kepercayaannya sebelum tugas pembelajaran dimulai. Guru mengajak siswa untuk memberikan yel-yel penyemangat yang diikuti oleh siswa lainnya untuk membangkitkan semangat siswa sebelum pembelajaran. Guru memandu kehadiran dengan tema “Pagi Berbagi” : “Siswa diminta mengungkapkan kalimat singkat tentang hal-hal yang membahagiakan pada hari ini.” Guru memberi kredit pada jawaban siswa. Guru: Sebelum kita memulai pelajaran, hari ini kita akan melihat bagaimana kelas kita bekerja. Mari kita ingat, perjanjian kelas apa yang kita miliki? Siswa : (Jawaban) Kesepakatan kita misalnya saling menghormati, tidak menyela ketika guru sedang berbicara, dan bekerja sama dengan baik. Guru: Benar! Sekarang, mari kita lihat bagaimana perjanjian kelas diikuti di masa lalu. Menurut Anda apa yang berjalan baik menurut kesepakatan kelas? Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan gagasan siswa tentang dinamika kelas; Siswa : (Jawab) Ada yang sukses, suka hormat dan kerjasama. Guru: Itu bagus! Namun, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Apakah ada pengalaman atau situasi tertentu yang membuat Anda berpikir bahwa perjanjian kelompok tidak diikuti dengan baik? Siswa : (Jawab) Terkadang ada teman yang masih suka menyela ketika guru sedang berbicara sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak nyaman. Guru beradaptasi dan siap mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan: Guru : Terima kasih atas kejujuran anda. Mari kita pertimbangkan bersama apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap perjanjian kelas. Ada ide atau saran dari teman-teman: (Jawab) Mungkin kesepakatan kelasnya bisa diingat dan ditempel di papan agar bisa dilihat. Guru : Iya, itu ide yang bagus, bagaimana dengan jadwal Jumat depan? Siswa : (menanggapi) Setuju pak! Guru: Baiklah, mari kita coba kedua gagasan ini. Bersiaplah untuk menciptakan lingkungan positif di kelas. Terima kasih atas partisipasi dan masukannya, teman-teman! Mari kita mulai pelajaran hari ini…
Detail lengkap contoh modul pengajaran Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka dapat dilihat pada link berikut: KLIK
*) Disclaimer: Contoh modul pengajaran Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka pada artikel ini hanya mewakili hasil karya guru.
Guru dapat mengubah format modul pengajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelas.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)