Laporan geosurvey.co.id wartawan Rita Febriani
geosurvey.co.id, Batavia – Pameran mobil akhir tahun “Gaikind Batavia Auto Week 2024” akan digelar mulai 22 November hingga Desember 2024 guna menggairahkan penjualan kendaraan roda empat yang saat ini sedang terpuruk.
Ketua Umum Gaikindo John Nangoi mengatakan, pihaknya antusias menggelar berbagai pameran, termasuk Jakarta Auto Week 2024 (GJAW 2024), untuk mendorong penjualan mobil di Indonesia.
“Kami ingin meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Kami berharap para peserta memberikan promosi dan diskon khusus pada pameran ini untuk meningkatkan penjualan mobil di Indonesia.” 7). November 2024).
Pak Nangoi mengatakan, pasar mobil dalam negeri memberikan kepercayaan dan keyakinan yang tinggi kepada investor, sehingga investor berani berinvestasi pada mobil Indonesia, memproduksi mobil baru di Indonesia, dan akhirnya mengekspornya ke luar negeri.
“Beberapa minggu lalu merek tersebut mulai mengekspor. Kita patut bangga bahwa tahun lalu kita mengekspor lebih dari 500.000 mobil ke 93 negara. Industri otomotif mempekerjakan 1,6 juta orang,” ujarnya.
Nangoi menambahkan, penjualan dalam negeri sangat sulit tahun ini karena beberapa alasan. Penjualan diperkirakan akan meningkat pada akhir tahun ini.
“Penjualan Oktober lalu meningkat cukup signifikan sebesar 6,6% dibandingkan September.”
Namun momentum tersebut belum cukup untuk mencapai target 1 juta unit pada tahun 2024, sehingga pada akhir bulan lalu Gaikindo sedikit merevisi angka tersebut dari tahun 2024 menjadi 850.000 unit.
Gaikind menjelaskan, target penjualan tahun depan sebanyak 1 juta unit. Promosi penjualan diharapkan dengan banyaknya model baru yang diperkenalkan.
“Pada tahun 2015, kami ingin penjualan mencapai 1 juta unit, dengan model-model baru dengan segala inovasi, teknologi hybrid baru, hadirnya mesin pembakaran PHEV dan listrik atau internal,” kata Nangoi.