geosurvey.co.id – Modul 3.9 Kunci Jawaban Implementasi Kurikulum Madrasah SMART KMA 450/2024 Tingkat Madrasah Aliyah (MA) oleh Kementerian Agama.
Soal-soal Pembelajaran dan Penilaian Modul 3.9 Bagian 3 Kurikulum Merdeka merupakan bahan ajar implementasi Kurikulum Madrasah versi KMA 450/2024 pada platform PINTAR Kementerian Agama.
Sebelum mengerjakan soal praktikum modul PINTAR 3.9 pada platform PINTAR Kementerian Agama https://pintar.kemenag.go.id/, untuk bacaan dan penilaian pada bagian 3 kurikulum mandiri, guru diminta membaca yang pertama.
Mereka berkesempatan menjawab pertanyaan sebanyak 10 kali sebelum menjawab Modul 3.9 Pengajaran dan Penilaian Modul 3 Kurikulum Mandiri Kementerian Agama di PINTAR yang berbasis MOOC (Massive Open Online Course).
Untuk lebih jelasnya lihat modul Agama dan Asesmen Program Studi Mandiri MA Part 3 SMART 3.9 dibawah ini. Modul 3.9 Kunci Jawaban PINTAR Kementerian Agama Pengajaran dan Penilaian Unit Kurikulum Mandiri 3
1. Penyusunan kurikulum dapat dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu…
A. analisis hasil belajar, perkembangan tujuan pembelajaran dan jalannya, perencanaan dan evaluasi pembelajaran B. analisis hasil pembelajaran, pengembangan tujuan pembelajaran, perencanaan dan evaluasi pembelajaranC. menganalisis tujuan pembelajaran, merencanakan pembelajaran dan mempersiapkan penilaianD. analisis hasil belajar, rumusan tujuan pembelajaran dan penyusunan materi pembelajaran Kunci Jawaban : А
2. Contoh penilaian sumatif…
A. Untuk mengevaluasi hasil belajar, guru mengadakan ujian akhir semester. Guru melakukan tes mingguan untuk menilai pemahaman siswaC. Guru mengajukan pertanyaan singkat selama pelajaran. Siswa didorong untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Kunci Jawaban: A
3. Salah satu prinsip pengajaran bersifat interaktif, yaitu…
A. Ruang bagi semangat, kreativitas, kemandirian, minat, serta perkembangan fisik dan psikis siswa B. Guru merupakan sumber inspirasi bagi siswa dalam pengalaman belajarnya. Siswa mengalami proses belajar sebagai pengalaman yang menimbulkan emosi positif. Pelatih bertindak sebagai penggerak proses pembelajaran dan bukan sebagai satu-satunya sumber pengajaran. Kunci Jawaban : D
4. Petunjuk pelaksanaan program pelatihan RA, MI, MTS, MA dan MAK Menteri Agama No.
A. 5 tahun 2022 B. 450 tahun 2024C 3302 tahun 2024D. Kunci Jawaban:B
5. Penilaian formatif dilakukan dengan tujuan…
A. Evaluasi hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran selesai. Mengukur prestasi siswa dalam diskusi kelompok C. Mengetahui derajat partisipasi siswa dalam proses pembelajaranD. Berikan siswa umpan balik untuk meningkatkan pembelajaran. Kunci Jawaban : D
6. Integrasi pengajaran dan penilaian dapat dilihat pada perencanaan…
A. rencana pembelajaran, rencana evaluasi pada akhir pembelajaran B. kurikulum, rencana evaluasi dari awal hingga akhir pembelajaran C. kurikulum, rencana penilaian dari awal sampai akhir pengajaranD. Rencana Pembelajaran Dini dan Rencana Penilaian Pembelajaran Dini Kunci Jawaban : B
7. Beberapa tujuan harus dicapai selama penilaian formatif. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan tujuan penilaian formatif?
A. Memberikan umpan balik kepada siswa B. mengetahui kemajuan siswa C. mencapai tujuan pembelajaranD. mengetahui kesiapan siswa dalam belajar Kunci Jawaban : C
8. Pengamatan berikut harus diperhitungkan ketika siswa dikelompokkan untuk pengajaran yang berbeda. Apa yang salah dengan pernyataan berikut…
A. Siswa dapat memilih kegiatan yang berbeda untuk mengembangkan keterampilan mereka. siswa memerlukan bantuan sesuai dengan kebutuhannya. pembentukan kelompok tidak dilakukan secara rutin sepanjang tahunD. Pembentukan kelompok dilakukan sesuai dengan kemampuan siswa. Kunci Jawaban : D
9. Cara mengetahui prestasi pendidikan adalah…
A. proyek B. evaluasiC. judul D. portofolio Kunci Jawaban : B
10. Perumusan tujuan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Pernyataan berikut ini bukan merupakan cara merumuskan tujuan pembelajaran…
A. rumusan tujuan pembelajaran langsung dari hasil belajar B. rumusan tujuan pembelajaran dengan menganalisis banyaknya materi yang berhubungan dengan kompetensi dan hasil belajarC. perumusan tujuan pendidikan secara bertahapD. Artikulasi tujuan pembelajaran antar kelas SD Kunci Jawaban : C
Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai panduan guru dalam bekerja dengan Implementasi Kurikulum PINTAR Kementerian Agama Versi KMA 4150/2024 Magister Madrasah Tingkat 3.9 Modul 3.
Urutan pertanyaan dan jawaban bisa acak.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)