geosurvey.co.id, JAKARTA – Kasus kanker payudara di Indonesia terus menunjukkan angka yang mengkhawatirkan.
Menurut data World Cancer Observatory, akan terdapat lebih dari 66.000 kasus baru kanker payudara pada wanita Indonesia pada tahun 2022, dengan tingkat kejadian sebesar 30 persen.
Dibandingkan tren tahun-tahun sebelumnya, angka kejadiannya tidak mengalami penurunan yang signifikan sehingga jika tidak ditangani secara serius, ada kemungkinan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.
Mengingat hal tersebut, deteksi dini terhadap kasus ini sangat diperlukan untuk menekan angka kasus kanker payudara.
Salah satu yang sedang digalakkan adalah aksi SADARI (Periksa Payudara Sendiri).
Namun sayangnya, tidak semua wanita Indonesia memahami manfaat dan cara melakukan SADARI. Kapan hal itu harus dilakukan?
Dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K) menjelaskan, seperti penyakit lainnya, deteksi dini kanker payudara sangat penting. Karena bisa dideteksi pada waktunya.
Jadi, pertama-tama mari kita biasakan untuk rutin memeriksakan payudara kita setiap bulan, mulai 1 minggu hingga 10 hari setelah menstruasi,” ujarnya lebih lanjut saat edukasi SADARI. 400 wanita. siswa dari berbagai SMP dan SMA di Jakarta.
Dalam kegiatan edukasi yang digagas pembalut merek Charm PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ini, dokter mengenang slogan yang dicanangkan pada tahun 2022 “Ayo SADARI setelah haid”.
Dr. Iskandar mengingatkan, jika menemukan perubahan sekecil apa pun pada payudara atau nyeri, jangan diabaikan atau ditutup-tutupi, diskusikan dengan orang tua dan segera ke instansi kesehatan untuk diperiksa.
“Dan yang terakhir tentu saja yang tidak kalah penting untuk melindungi tubuh dari risiko kanker payudara dan penyakit lainnya adalah pola hidup sehat. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, dan berolahraga secara teratur, maka dapat timbul penyakit. .”
Syifa Hadju selaku brand ambasador Charm mengatakan, sebagai generasi muda perempuan Indonesia, dirinya selalu peduli terhadap berbagai permasalahan sosial, termasuk permasalahan kesehatan.
Kegiatan yang dilakukan Charm dan YKPI kali ini dinilai sangat bermanfaat bagi pecinta El Rumi karena memberikan wawasan baru bagi remaja putri tentang pentingnya menjaga payudara sendiri setelah menstruasi.
Kini Syifa Hadju mulai terbiasa rutin melakukan SADARI setelah menstruasi. “Saya sendiri mulai membiasakan rutin melakukannya, sesuai dengan slogan Charm dan YKPI ‘Mari Waspada Setelah Menstruasi’,” kata Stifa Hadju.
Ia berharap memeriksa payudara sendiri setelah menstruasi menjadi sebuah kebiasaan.
“Kepada para pelajar yang mengikuti kegiatan hari ini, mari berbagi ilmu yang kita peroleh kepada teman dan keluarga di sekitar kalian serta dukung perempuan Indonesia!” Ayo lindungi perempuan Indonesia, yuk waspada!
Melalui kegiatan ini, Charm dan YKPI berharap dapat memberikan pemahaman kepada remaja putri tentang pentingnya membiasakan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setelah menstruasi, pada hari ke 7 hingga 10 dari hari pertama menstruasi, sebagai salah satu cara mendeteksi kanker payudara. . . sejak dini, sehingga dapat membantu melindungi perempuan-perempuan yang diharapkan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.
Untuk membantu mengatasi masalah ini, Charm dan YKPI berkolaborasi dalam beberapa inisiatif.
Charm dan YKPI memulai kolaborasinya pada tahun 2021 berdasarkan visi yang sama: melindungi perempuan Indonesia segala usia dari risiko kanker payudara.
“Beberapa upaya telah dilakukan sejauh ini dan selama tahun ini kami melakukan skrining terhadap lebih dari 6.000 siswi dan guru mengenai kanker payudara, selain mengajari mereka cara memeriksa payudara sendiri. Dalam kegiatan ini, kami belajar tidak hanya cara memeriksa payudara saja. , namun kami juga menjawab pertanyaan siswa dari berbagai SMP dan SMA melalui program chatting, sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar tentang kanker payudara serta tips deteksi dini kanker payudara,” ujar Linda Agum Gumelar, pendiri dari YKPI, kata.
Sri Haryani, Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, mengatakan pihaknya berharap deteksi dini kanker payudara dapat berkontribusi pada upaya pemerintah dalam membangun dan melindungi generasi masa depan Indonesia.
Terkait upaya yang kami lakukan melalui produk kami, melanjutkan inisiatif yang telah dilakukan pada tahun lalu, pada tahun ini kami telah memasang logo Ayo BSE Setelah Menstruasi di seluruh kemasan produk. Tujuannya tentu untuk lebih mempromosikan Ayo BSE Setelah Menstruasi untuk menebarkan Menstruasi. slogan tersebut dan juga perlu diingat bahwa wanita hendaknya memeriksakan payudaranya sendiri setiap kali melihat kemasan produk Charm, terutama saat mengganti pembalut saat menstruasi.
“Harapannya dengan lebih banyak memanfaatkan produk-produk yang kami miliki untuk perempuan, kami dan YKPI dapat terus menggali lebih dalam pentingnya deteksi dini kanker payudara dan membantu perempuan Indonesia hidup sehat dan menjadi diri mereka sendiri.”