Laporan reporter geosurvey.co.id Lita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – Penjualan mobil secara grosir pada Januari hingga Oktober 2024 mencapai sekitar 710.406 unit atau turun 15% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 836.128 unit.
Sementara penjualan grosir Oktober mencapai 77.191 unit, turun 3,9% year-on-year (yoy) dibandingkan pencapaian Oktober 2023 sebanyak 80.350 unit.
Sementara penjualan mobil secara nasional mencapai sekitar 730.000 unit hingga Oktober 2024. Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 142.949 unit dengan pangsa pasar 19,6%.
Anak perusahaan Toyota ini membukukan peningkatan penjualan sebanyak 13.101 unit, naik 4,9% dibandingkan penjualan 12.490 unit pada September tahun lalu.
Penjualan Daihatsu pada Oktober 2024 ditopang tiga model, yakni Sigra sebanyak 4.077 unit dengan kontribusi 31%, disusul Gran Max Pick Up sebanyak 3.569 unit dengan kontribusi 27%, dan Ayla sebanyak 1.442 unit atau 11%.
Tri Mulyono, Direktur Pemasaran dan Hubungan Pelanggan PT Astra International Daihatsu International, mengatakan ada tiga model Daihatsu yang digandrungi masyarakat Indonesia di setiap segmennya.
Diantaranya, Astra Daihatsu Sigra sebanyak 46.858 unit atau menyumbang 59% penjualan minivan LCGC.
Setelahnya, Gran Max Pick Up mencapai 35.133 unit dengan kontribusi 57% di segmen Pick Up Low, dan Gran Max Mini Bus mencapai 11.892 unit dengan kontribusi 91% di segmen semi komersial.
“Kami menawarkan penjualan khusus hingga akhir tahun melalui DAIFEST untuk memudahkan pelanggan memiliki kendaraan baru Daihatsu. Selain itu, kehadiran Daihatsu pada pameran GJAW mendatang dapat berkontribusi pada peningkatan penjualan mobil nasional pada tahun 2024,” kata Tri Mulyono, Kamis (14/11/2024).