geosurvey.co.id – Kunci tanya jawab buku tematik topik 5 kelas 6 SD halaman 99, subtopik 2 toko disekitarku, belajar 4.
Pada buku topik topik 5 SD kelas 6 halaman 99 ini, bacaan berjudul ‘Kemasan Produk’ ditampilkan pada halaman 97-98.
Selanjutnya pada topik 5 kelas 6 SD halaman 99 siswa diminta menjawab tiga pertanyaan.
Yang kedua, apa sih peran pengemasan?
Namun sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik Topik 5 Kelas 6 SD Halaman 99, siswa diharapkan mengerjakan soal dan menjawabnya secara mandiri.
Kunci jawaban topik 5 kelas 6 SD halaman 99 dapat digunakan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan siswa. Kunci Jawaban Topik 5 Kelas 6 SD Halaman 99
Mari kita membaca
Kemasan produk
Selama berabad-abad, peran pengemasan hanya terbatas pada melindungi barang atau membuatnya lebih mudah untuk diangkut. Praktik yang efektif ditambahkan seiring berjalannya waktu. Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai kekuatan utama dalam persaingan pasar.
Pada Abad Pertengahan, bahan kemasan dibuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik, dan kaca. Saat itu, pengemasan masih terlihat sederhana dan berfungsi dengan baik untuk melindungi barang dari cuaca atau proses alami lainnya. Selain itu, kemasannya juga berfungsi sebagai wadah sehingga memudahkan barang dibawa selama perjalanan.
Baru pada tahun 1980-an persaingan dunia usaha semakin ketat. Produsen berlomba-lomba merebut perhatian calon pembeli. Gaya dan model kemasan dinilai sangat penting dalam strategi pemasaran. Di sini kemasan harus menarik perhatian, menggambarkan ciri-ciri produk dan “meyakinkan” pelanggan. Pada titik inilah kemasan mengambil alih fungsi pemasaran.
Fungsi Fungsi pengemasan Secara umum fungsi pengemasan adalah 1. Melindungi dan mengawetkan produk. Misalnya perlindungan terhadap sinar ultraviolet, panas, kelembapan, oksigen, kerusakan, serta polusi dari kotoran atau mikroba yang merusak dan menurunkan kualitas produk.2. Bagaimana produk tersebut diketahui. Dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan penyampaian pesan kepada pelanggan melalui teks di luar kemasan.3. Meningkatkan efisiensi. Ini termasuk: mudah dibaca, mudah dikirim dan mudah disimpan.
Kemasan juga dapat berfungsi sebagai cara mengkomunikasikan citra tertentu. Misalnya saja produk pangan. Dari kemasannya, orang sudah bisa mengenali rasanya. Sekalipun tidak ada pesan tertulis pada kemasannya, fitur-fitur pada kemasannya tetap memberikan citra positif.
Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, menciptakan kemasan yang menarik dan aman bagi konsumen merupakan tanggung jawab para pengusaha.
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa sih fungsi kemasannya?
Menjawab:
Pada awalnya, peran pengemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau memudahkan pengangkutannya.
Seiring waktu, metode kerja diperluas.
Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai kekuatan utama dalam persaingan pasar.
2. Sebutkan tiga fungsi utama pengemasan.
Menjawab:
Secara umum tugas penyortiran : 1. Memelihara dan melindungi produk.2. Sebagai identifikasi produk.3. Meningkatkan efisiensi.
3. Di tengah kesenjangan ekonomi yang ada di sekitar kita, menciptakan kemasan yang menarik dan aman bagi konsumen adalah tanggung jawab pengusaha.
Apa arti kata di atas?
Menjawab:
Kemasan merupakan identitas produk, sekaligus kualitas pelayanan untuk melindungi dan melestarikan produk. Karena keamanan produk sangat penting.
Maka konsumen akan melihat tanggung jawab pelaku usaha terhadap produknya.
*) Penafian:
Artikel ini hanya ditujukan bagi orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.
Sebelum mengecek kunci jawaban, siswa dapat menjawabnya sendiri, setelah itu teks ini dapat digunakan untuk mengoreksi pekerjaan siswa.
(geosurvey.co.id/Suci Bangun DS)