BERITA TRIBUNE.
Hermawaty menyarankan agar komunikasi terkait QRIS dijelaskan secara lengkap kepada pelaku UMKM.
Misalnya saja tentang manfaat penggunaan QRIS bagi retailer dan konsumen.
Informasi edukasi tentang QRIS. Terus informasikan manfaatnya kepada pelanggan agar penjual dan pembeli mengetahui manfaatnya, kata Hermawaty dalam keterangannya, Senin (25/11/2024).
Hermawaty mengatakan kemitraan tersebut juga harus melibatkan berbagai pihak seperti perbankan, swasta, pemerintah, dan serikat pekerja. Melek huruf juga penting, agar UMKM juga terhindar dari penipuan.
“Kita perlu belajar tentang produknya sendiri. Kita harus melek huruf, makanya pendidikan dan literasi perlu ditingkatkan,” kata Hermawaty.
Soal sosialisasi dan edukasi, menurut Hermawaty, organisasi tersebut pasti akan membantu membekali anggotanya dengan literasi. Selain itu, Retailer’s Rate (MDR) juga disarankan direvisi, khususnya bagi pelaku UMKM.
Hermawaty mengatakan: “Rencana saya turunkan. Sebelumnya saya kasih 0,1 persen. Sehingga usaha kecil menengah tidak boleh.”
Direktur Utama PT TDC Indra menegaskan pembelajaran pemanfaatan teknologi digital harus dilakukan secara efektif oleh seluruh pemangku kepentingan. Ia menegaskan, pemasaran digital memungkinkan semua bisnis tercermin dan transparan dalam pencatatan keuangan.
Ia mencontohkan produk Posko Lite milik perusahaannya yang memiliki menu yang dirancang untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) beralih dari manual tulisan tangan ke sistem yang modern dan efisien.
“Dengan fokus pada kecepatan dan keakuratan penjualan suara. “Sejumlah fitur utama kami sediakan untuk menunjang operasional UMKM sehari-hari,” kata Indra.
Indra menjelaskan, Posku Lite dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan satu pengelolaan akun dapat digunakan atau digunakan oleh banyak pengguna.
Sehingga pemilik UMKM bisa berbagi pengelolaan akun pegawai dengan pegawai biasa atau bagian toko.
“Pemilik UMKM bisa melakukan semua aktivitas sesuai keinginannya. “Jadi bisa dilihat keuntungan atau permintaan di toko itu setiap hari, setiap minggu, dan seterusnya,” ujarnya.
Indra menambahkan, setiap transaksi akan menghasilkan invoice secara otomatis. Pembayaran dapat dimasukkan menggunakan printer Bluetooth.
Tidak hanya itu, invoice juga dapat dikirimkan ke WhatsApp atau email client yang terus diperbarui sesuai permintaan dan kebutuhan pasar.
“Metode pembayarannya berbeda-beda, QRIS, transfer bank, dan tunai. Sedangkan penarikan dilakukan setiap 24 jam sekali. “Iya, kami juga memberikan diskon,” kata Indra.