Laporan reporter geosurvey.co.id Lita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – Pendatang baru di pasar ponsel pintar Indonesia, HONOR, ingin bersaing di bidang yang sama dengan Apple dan Samsung di Indonesia dengan menawarkan produk-produk kelas atas.
Presiden HONOR Pasifik Selatan Justin Li mengatakan pasar menengah terbesar di Indonesia adalah sekitar 15 persen, terutama merek Samsung dan iPhone.
“Kami ingin fokus pada pasar ini, bersaing dengan Apple dan Samsung, serta memberikan pilihan baru kepada pengguna,” kata Li kepada geosurvey.co.id, Senin (1 Juni 2025).
Di Malaysia, seri andalan HONOR Magic yang dapat dilipat menunjukkan kinerja terbaik dalam mengkonversi pengguna Apple dan Samsung, dengan 53 persen basis pengguna berasal dari Apple dan Samsung.
Dengan produk dan teknologi unggulan, HONOR memperkirakan pasar Indonesia saat ini belum memiliki merek lengkap yang mampu bersaing dengan Apple dan Samsung.
“Sepanjang tahun ini, HONOR akan meluncurkan 20-30 produk ekosistem di pasar Indonesia, mencakup berbagai bidang seperti ponsel, tablet, komputer, perangkat wearable, dan produk audio, dengan tujuan untuk membedakan dirinya di pasar menengah ke atas,” kata Li.
Produk HONOR tahap pertama akan resmi diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2025. Model andalannya akan mengusung layar lipat yang menjadi yang pertama di Indonesia.
Dalam hal jaringan penjualan, HONOR akan menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan Indonesia Erajaya Group, yang memiliki lebih dari 2.000 toko di seluruh negeri, dan 600-800 di antaranya menjual produk-produk papan atas.
“Kami akan fokus pada toko kelas menengah dan berencana menjangkau 200-300 toko di tahun pertama. Pada saat yang sama, kami juga berencana membuka 10 toko merek pribadi Honor pada tahun pertama,” kata Li.