geosurvey.co.id – Berikut contoh tanggapan Platform Merdeka Mengajar (PMM) “Berdasarkan pengalaman Anda mengikuti penilaian pembelajaran PJOK, tahukah Anda bahwa penilaian tersebut asli?”.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda temukan pada Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Pada artikel ini, contoh jawaban hanya sebagai pedoman atau referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab. Berdasarkan pengalaman Anda melakukan penilaian pembelajaran PJOK, apakah Anda mengenal penilaian autentik? Contoh jawaban:
Berdasarkan pengalaman saya dalam melaksanakan penilaian pembelajaran PJOK, saya mengenal penilaian autentik sebagai penilaian siswa yang lebih menekankan pada kemampuan siswa itu sendiri dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.
Penilaian otentik tidak hanya mengukur hasil akhir tetapi juga proses belajar siswa secara keseluruhan. Diskusi:
Dalam konteks pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan), guru menggunakan penilaian autentik.
Penilaian autentik merupakan jenis penilaian yang menitikberatkan pada pengukuran kemampuan siswa dalam konteks kehidupan nyata atau relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Dalam pembelajaran PJOK, penilaian autentik dapat mencakup berbagai kegiatan yang memungkinkan siswa menunjukkan keterampilan fisik, pengambilan keputusan, atau kolaboratif dalam situasi yang mirip dengan kondisi kehidupan nyata, misalnya penilaian melalui permainan, latihan fisik, atau simulasi.
Dengan menggunakan penilaian otentik, kita dapat lebih memahami seberapa baik siswa benar-benar menguasai keterampilan yang diajarkan dalam konteks yang lebih relevan, tidak hanya terbatas pada tes teori atau kuis.
Oleh karena itu dalam melaksanakan penilaian pembelajaran PJOK sangat penting untuk mengetahui dan menerapkan penilaian autentik untuk melihat kemampuan siswa secara lebih komprehensif.
*) Penafian: Model jawaban dalam artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang menghadapi pertanyaan terkait di platform Merdeka Mengajar. Jawaban dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing kegiatan pembelajaran.
(geosurvey.co.id/Latifah)