geosurvey.co.id, JAKARTA – Kondisi pasar kendaraan yang sulit pada tahun lalu tak mampu menghentikan pertumbuhan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Argumennya adalah perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar.
Pada tahun 2024, Isuzu memiliki pangsa pasar sebesar 30,5 persen, meningkat 2,8 persen dibandingkan tahun 2023.
Yusak Kristian, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengatakan Isuzu mampu mengembangkan pasar ketika pasar kendaraan niaga di Indonesia terpuruk pada tahun lalu.
“Hal ini didukung oleh tiga model utama kami yaitu Isuzu Elf, Isuzu Giga, dan Isuzu Traga,” kata Yusak dalam jumpa pers Isuzu di Jakarta Selatan, Rabu (22/01/2025).
Khususnya Isuzu Elf tahun 2024. akan mencapai 26,6 persen. dari seluruh penjualan perusahaan. Kontribusinya meningkat 0,7 persen dibandingkan tahun lalu sebesar 25,9 persen.
Dan Isuzu Giga pada tahun 2024. menyumbang 20,5 persen, dan pada tahun 2023 – hanya 17,0 persen. Peningkatan kontribusi penjualan Isuzu Traga terbesar pada tahun lalu sebesar 47,7 persen, dan pada 2023 hanya mencapai 41,1 persen.
Memasuki tahun 2025, Isuzu akan terus melanjutkan semangat yang sama, bahkan lebih dari tahun-tahun sebelumnya.
Yusak menambahkan bahwa “pada tahun 2025 Isuzu akan menerapkan beberapa rencana baru dan efektif. Selain itu, Isuzu juga akan berperan dalam memperkuat pembangunan perekonomian negara, khususnya industri kendaraan niaga di Indonesia.”