Laporan reporter geosurvey.co.id Lita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bermitra dengan PT Pos Indonesia menghadirkan layanan “Kirim Barang” melalui aplikasi BRImo.
Melalui fitur-fitur baru yang ada di BRImo, konsumen yang ingin mengirimkan produk dapat langsung melalui aplikasi BRI.
Direktur Pembiayaan dan Distribusi Ritel BRI Andrijanto menjelaskan peluncuran fitur tersebut merupakan langkah strategis BRI untuk terus menghadirkan layanan digital yang memenuhi kebutuhan umum kehidupan nasabahnya.
“Peluncuran fungsi pengiriman barang merupakan bagian dari strategi kami untuk menjadikan BRImo lebih dari sekedar aplikasi perbankan. Kami ingin memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaik, tidak hanya di bidang keuangan, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk pengiriman. barang,” kata Andrijanto. Kirim barang saat fungsi PosAja diluncurkan! Gedung BRI 1, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2024).
Fitur Kirim Barang memungkinkan nasabah BRI memanfaatkan layanan logistik Pos Indonesia untuk mengirim barang, mulai dari pengiriman dokumen hingga paket besar.
Selain itu, layanan Kirim Barang PosAja! memastikan nasabah dapat melakukan pengiriman ke BRImo dengan cepat, nyaman dan efisien.
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia, Tonggo Marbun, mengatakan kemitraan ini merupakan bukti nyata bahwa kedua BUMN dapat saling membantu untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat satu sama lain dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing.
“Kolaborasi ini menunjukkan kuatnya sinergi antar BUMN di bidang perbankan dan logistik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih efisien dan optimal. Dengan luasnya jaringan dan teknologi yang dimiliki Pos Indonesia dan BRI, kami menantikan Layanan Pengiriman Barang melalui PosAja yang akan mempercepat digitalisasi sektor logistik di Indonesia.
Sebagai informasi, PosAja! Pos Indonesia merupakan wujud transformasi digital layanan logistik pengiriman barang, memiliki jaringan terluas yang didukung oleh 4.000 Kantor Pos, 13.000 Agen Pos, 13.500 O-Rangers dan lebih dari 40.000 Drop Point di seluruh Indonesia.
Selain itu, sebagai pemimpin dalam sinergi dan integrasi klaster logistik BUMN, Pos Indonesia memastikan proses pengiriman akan efisien dan biaya pengiriman atau biasa disebut biaya pos akan kompetitif.
Melalui kemitraan dengan Pos Indonesia dan seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna BRImo yang saat ini telah mencapai lebih dari 37,14 juta pengguna aktif, segmen pengiriman ini dirancang untuk menjangkau berbagai segmen strategis.
Sasaran utamanya antara lain generasi muda yang mengutamakan kecepatan dan kenyamanan, serta para wirausaha yang membutuhkan solusi logistik efisien untuk menunjang bisnisnya.
Selain itu, segmen ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan layanan praktis dalam mengantarkan barang sehari-hari.
Kirim barang melalui fungsi PosAja! Selain memperluas peran BRImo sebagai mobile banking app, juga memperkuat posisinya sebagai super app terkait berbagai kebutuhan nasabah, sejalan dengan visi BRI untuk terus beradaptasi dengan perubahan kebutuhan era digital.
Staf Ahli Bidang Pengembangan UKM Kementerian Keuangan dan UKM BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan dengan hadirnya fitur baru ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital sektor logistik dan keuangan masyarakat.
“Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi perluasan dan kemudahan di seluruh wilayah, serta menjadi faktor berkembangnya masyarakat khususnya UKM yang menjadi pelanggan utama BRI dan Pos Indonesia,” kata Loto.
Andrijanto menambahkan, BRImo hadir tidak hanya untuk memfasilitasi transaksi finansial, namun juga menjadi solusi komprehensif terhadap kebutuhan nasabah.
“Inovasi ini menunjukkan komitmen kami untuk menjadikan BRI sebagai bank yang senantiasa adaptif dan relevan dalam menghadapi perubahan zaman,” tambah Andrijanto. Konten ini dikembangkan menggunakan Artificial Intelligence (AI).