TRIBUNNEVS.COM – PT. Bank Rakiat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus melaksanakan program pemberdayaan untuk terus meningkatkan jumlah wirausaha muda di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk mendukung visi pemerintah Indonesia Emas 2045.
Salah satu program BIS yang bertujuan untuk memberdayakan wirausaha muda adalah program Pengusaha Muda Cemerlang (PMB) yang kembali hadir. Tahun ini merupakan program Wirausaha Muda Hebat edisi keempat dan tahun ini ada 2.196 usaha kecil dan menengah (UKM) yang mendaftar. Angka tersebut menunjukkan respon positif dari para pengusaha UKM Indonesia, jumlahnya meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
Amam Sukriianto, Direktur Komersial Usaha Kecil dan Menengah BRI, mengatakan program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan luas terhadap kemajuan dan pengembangan kapasitas dan kualitas UKM khususnya bagi wirausaha muda di Indonesia.
Sebagai informasi, PMB 2024 akan digelar di 10 kota, termasuk dua kota tuan rumah baru, yakni Palembang dan Balikpapan.
Kota tuan rumah Palembang meliputi wilayah Sumatera Barat dan kota tuan rumah Balikpapan meliputi wilayah Kalimantan karena letaknya yang dekat dengan wilayah IKN dan potensi pengembangan ekonominya.
“BIS meyakini semangat UKM di Indonesia khususnya di 10 kota wilayah implementasi harus terus didukung oleh kapasitas BRI sebagai lembaga keuangan yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan UKM melalui program pemberdayaan. ,” kata Amam. .
Kategori Wirausaha Muda Cemerlang juga bertambah menjadi 5 kategori (dari sebelumnya 4 kategori), yaitu Food & Beverages, Fashion & Literature, Accessories & Beauty, Home Decor & Crafts untuk rumah dan health care/wellness.
Nantinya akan dipilih lima besar di setiap kategori sebagai pemenang dan 1 pemenang favorit yang akan memperoleh suara terbanyak melalui website PMB dengan total hadiah Rp 390 juta dan pinjaman bersubsidi bunga 0 per seratus (syarat aplikasi). Selain itu, pemenang juga akan mencari pasar seperti kerjasama dengan pasar retail.
Contoh pengusaha muda yang cerdas dan sukses adalah Orlenalicious asal Bali yang mengalami peningkatan omzet sebesar 20-30% setelah mengikuti PMB. Hal ini memberikan dampak positif, terutama dalam hal kesadaran, peluang kolaborasi, dan interaksi dengan merek besar atau pemilik bisnis lainnya.
Kami berharap kisah inspiratif ini dapat memotivasi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa.