geosurvey.co.id – Di bawah ini cara melengkapi Laporan Elektronik Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menggunakan Kurikulum dan Kurikulum Mandiri 2013.
Guru wajib menyiapkan laporan pembelajaran siswa atau rapor yang dikeluarkan setiap akhir semester.
Kini telah hadir laporan elektronik yang memudahkan guru memasukkan data seluruh siswa dan nilai per mata pelajaran.
Sebelum menyelesaikan e-Report, pastikan guru telah berkoordinasi dengan administrator sekolah yang mengelola aplikasi e-Report untuk mendapatkan username dan password setiap guru.
E-report ini nantinya dapat digunakan oleh siswa yang ingin melanjutkan studi pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2025 dan pihak sekolah akan mendapat tambahan kuota sebesar 5 persen untuk jalur SNBP. Cara mengisi laporan elektronik SMA Daftar sebagai guru. Buka browser Google Chrome atau Mozilla Firefox di laptop/PC atau smartphone anda. Pada kolom pencarian masukkan URL program e-Report milik administrator (biasanya berupa angka) Tunggu hingga muncul kolom login. Masukkan nama pengguna Anda (NIP atau nama dalam huruf kecil tanpa spasi) Masukkan kata sandi administrator (jika Anda belum pernah login dan tidak pernah mengubah kata sandi) Pilih semester Anda Klik “Login” atau login. Anda akan masuk ke panel kontrol guru. Memasukkan Tujuan Pembelajaran Pada Dashboard Guru, klik Menu Input Data Nilai Klik Memasuki Tujuan Pembelajaran Pilih Tambah Tujuan Pembelajaran Pilih jumlah Tujuan Pembelajaran (TP) yang ingin ditambahkan Klik Tampilkan Masukkan data pelajaran, kelas, kode dan Deskripsi Pembelajaran Tujuan Klik tombol Simpan. Input nilai (nilai laporan) Klik menu data dan nilai Klik input nilai Pilih kelas dan nama siswa Masukkan nilai berdasarkan mata pelajaran, capaian kompetensi yang dicapai dan pencapaian kompetensi yang perlu ditingkatkan Klik uraian proses Tulis keterangan pada kolom prestasi , dicapai dalam setiap mata pelajaran. Tuliskan uraian pada kolom prestasi untuk masing-masing topik. Jika semuanya sudah terisi, klik tombol “Simpan”. Masukkan Nilai-Nilai Proyek Pemantapan Pancasila Profil Siswa Klik “Data dan Nilai” Pilih “Masukkan Nilai Proyek” Pilih Nama Siswa dan Kelas Masukkan Kompetensi Siswa Berprestasi Masukkan catatan siswa selama mengerjakan proyek. Jika sudah terisi semua, klik Simpan. Input Prestasi (khusus guru) Klik menu Data dan Nilai Pilih Input Prestasi Pilih nama dan kelas siswa. Masukkan kinerja siswa dan klik Simpan. Cetak Laporan dan Leger Laporan (hanya guru kelas) Klik Cetak Laporan dan Laporan Pilih Laporan Nilai Siswa Pilih Kelas Klik Lihat Leger Klik Download Leger (Format Excel) Setelah Leger diunduh, unduh Rapor Klik Cetak Rapor Klik Terapkan Kertas Pilih Kelas Klik Laporan Lengkap Laporan Pilih Lihat / Download Pilih nomor laporan Klik “Lihat / Download” Pilih rapor. P5 (untuk mencetak rapor P5) File laporan elektronik yang diunduh dapat dicetak jika diperlukan.
(geosurvey.co.id/Unita Rahmayanti)