geosurvey.co.id – Lihat contoh demonstrasi kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Manajemen Sumber Daya untuk Guru Penggerak Masa Depan (CGP).
Modul 3.2 Tugas Demonstrasi Kontekstual merupakan prasyarat untuk menyelesaikan tugas calon guru penggerak (CGP) selama mengikuti kegiatan pelatihan penggerak guru (PGP).
Tugas demonstrasi kontekstual dirancang untuk mengetahui seberapa baik CGP memahami Modul 3.2 tentang Manajer dalam Manajemen Sumber Daya.
Calon Instruktur Mengemudi (CGP) diminta untuk mengidentifikasi tayangan video praktik baik yang menggambarkan BAGJA.
Guru yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Manajer Manajemen Sumber Daya dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai referensi.
Untuk lebih jelasnya berikut contoh tugas demonstrasi kontekstual Modul 3.2 Manajer Pengelolaan Sumber Daya dari akun YouTube Siti Jumrotun Sobayarun. Modul Demonstrasi Kontekstual 3.2 Manajer dalam Manajemen Sumber Daya Tujuan Pembelajaran Khusus CGP dapat menganalisis visi dan mengubah inisiatif dari tayangan video praktik baik yang ada. CGP dapat mengidentifikasi aktivitas yang berkaitan dengan setiap fase B-A-G-J-A berdasarkan layar video yang ada. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dengan menonton video. CGP dapat menganalisis modal mana yang digunakan melalui video contoh praktik yang baik. Pertanyaan tentang analisis video Apa visi sekolah tempat guru dalam video tersebut bekerja? Langkah-langkah perubahan apa yang akan diterapkan guru dalam siaran video? Apa pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan guru dalam video tersebut? Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan guru dalam video tayangan B-A-G-J-A? Peran apa yang digambarkan oleh manajer dalam video tersebut? Apa saja aset utama yang dimanfaatkan oleh para pemimpin pembelajaran ketika menonton video? Lalu bagaimana cara penggunaannya?
Menjawab:
1. Apa visi sekolah tempat guru dalam video tersebut bekerja?
VISI : Mengembangkan peserta didik yang aktif, kreatif dan lingkungan belajar yang menyenangkan.
2. Inisiatif perubahan apa yang akan diterapkan guru dalam tayangan video?
Dengan bekerja sama kita menciptakan suatu pelajaran yang menyenangkan dan menyenangkan untuk kita pelajari.
3. Apa pokok bahasan kegiatan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
Bagaimana membuat pelajaran menyenangkan dan menyenangkan untuk dipelajari.
4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan guru dalam video tayangan B-A-G-J-A
B (Pertanyaan rendah) Guru menuliskan kata ‘Semangat belajar’ yang merangsang rasa ingin tahu siswa. Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan kata-kata yang tertulis di papan tulis, yaitu: ‘Apa yang terlintas di benak Anda ketika membaca teks di papan tulis?’ ? Guru menggali informasi, memberikan pengalaman kepada siswa tentang pelajaran yang menyenangkan untuk dipelajari. Guru bertanya kepada siswa apa yang mereka sukai dari kelas kami.
A (Mengajar) Guru meminta seluruh kelas untuk mengunjungi kelas lain pada waktu istirahat. Guru meminta siswa mencari informasi dari kunjungan kelas lain untuk mendapatkan inspirasi mewujudkan kelas impiannya (nyaman dan menyenangkan). Guru memandu percakapan untuk menciptakan kelas impian bersama siswa. Guru dan siswa mengidentifikasi apa yang disukai siswa untuk menciptakan kelas impian mereka.
G (Gali Mimpi) Guru mempersiapkan bahan diskusi dengan menyiapkan alat dan bahan untuk berdiskusi oleh siswa. Guru meminta siswa memejamkan mata dan membayangkan suatu pelajaran yang menyenangkan dan menghibur serta menjadi penyemangat belajar. Siswa dalam kelompoknya mendeskripsikan kelas impiannya sesuai imajinasi siswa. Setiap kelompok (siswa) mempresentasikan hasil kelompoknya mengenai kelas impiannya.
J (Jelaskan rencananya) Siswa diajak bekerja sama menentukan kebutuhan untuk mewujudkan kelas impiannya. Siswa menyebutkan kelas impiannya berdasarkan gaya bahasa siswa.
A (Penataan pelaksanaan) Guru dan siswa berdiskusi dan bekerja sama dalam pelaksanaan penataan ruang kelas impian. Siswa menyiapkan alat dan bahan sesuai tugas dan perannya masing-masing. Semua siswa bekerja sama untuk menciptakan ruang kelas impian yang merangsang pembelajaran. Guru selalu membimbing dan mengarahkan siswa untuk mengekspresikan diri dalam mewujudkan kelas impiannya.
5. Peran apa yang digambarkan oleh manajer dalam video tersebut? Pemimpin pembelajar yang fokus berpikir berdasarkan kekuatan/asetnya. Pemimpin yang mampu mengembangkan dirinya dan orang lain. Guru dapat berperan dalam mengembangkan diri dan mengajak siswa berkolaborasi. Pemimpin yang berkompeten sebagai pemimpin dalam mengelola potensi peserta didik. Pemimpin yang sebagai pemimpin terampil mengelola potensi yang ada di lingkungan sekolah.
6. Apa alat utama yang digunakan pemimpin pembelajaran ketika menonton video? Lalu bagaimana cara penggunaannya?
Sumber daya manusia Direktur mendukung terciptanya kelas impian. Rekan kerja (guru lain) mendukung kegiatan impian kelas. Guru mempunyai kreativitas dan strategi dalam memetakan sumber daya (resources) yang dimilikinya sehingga dapat mewujudkan kelas impian untuk berkolaborasi, berkreasi dan bertanggung jawab.
Modal Sosial Rekan kerja (guru lain) mendukung kegiatan impian di kelas yaitu guru kelas 2 dan guru kelas 6 Kolaborasi antar siswa kelas 2 dan 6 untuk memberikan informasi Kolaborasi siswa dan guru untuk mewujudkan kelas impian
Modal fisik Ruang kelas dirancang sesuai kreativitas yang disepakati bersama siswa. Hiasan dinding dibuat untuk menutupi bagian dinding yang rusak. Siswa mempunyai kreativitas dan strategi dalam mengatur tempat duduknya untuk mewujudkan pembelajaran kelas impiannya di kelas impiannya.
Lingkungan/Modal Alam Gunakan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mendekorasi ruang kelas untuk menciptakan ruang kelas impian
Modal finansial dana BOS yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran siswa. Biaya kelas digunakan untuk membeli alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian Anda
Modal politik Peran politik kepala sekolah yang siap mendukung setiap kegiatan positif di sekolah, ruang kelas, atau lingkungan sekolah demi pembelajaran bermutu yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi siswa.
Modal Agama dan Budaya Kolaborasi antara pelajar dan mahasiswa untuk mewujudkan kelas impian mereka. Sikap sopan siswa terhadap guru dengan berjabat tangan sebelum berangkat ke sekolah
Menurut Green dan Haines (2002), terdapat tujuh aset atau modal penting dalam pengembangan masyarakat berbasis aset, yaitu: (1) Modal manusia, (2) Modal sosial, (3) Modal fisik, (4) Modal lingkungan/alam . modal, (5) modal finansial, (6) modal politik, dan (7) modal agama dan budaya.
Sekolah yang menggunakan hasil pemetaan sumber daya akan memiliki program yang memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan sekolah untuk dijadikan aset dan kekuatan sebagai landasan dalam mengembangkan sekolahnya, tanpa selalu memikirkan kekurangannya.
*) Penafian: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya untuk referensi bagi calon guru yang aktif melakukan tugas kontekstual untuk Manajer Modul 3.2 Manajemen Sumber Daya.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)