Laporan reporter geosurvey.co.id Dennis Destryawan
Berita Tribun.
Tugas tersebut melibatkan kereta api yang menawarkan tarif rendah kepada masyarakat untuk angkutan penumpang dan barang pada waktu-waktu tertentu.
Anne Purba, Vice President Public Relations, mengatakan sepanjang Januari hingga Oktober 2024, KAI Group melayani 344.328.157 penumpang KA PSO.
Terdiri dari 13.873.317 penumpang yang dioperasikan oleh KAI (JJ KA, KA Lokal, Perintis KA), 309.694.220 penumpang dioperasikan oleh KAI Commuter, 16.858.617 penumpang dioperasikan oleh LRT Jabodebek dan 3.902.003 penumpang dioperasikan oleh Bandara KAI.
“Jika dilihat dari jumlah penumpang KA JJ pada Januari-Oktober 2024, KA PSO jarak jauh mampu mengangkut 9.219.617 penumpang, meningkat 9,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023,” kata Anne dalam keterangannya, Kamis. 21/21/2024).
Anne mengatakan, selain layanan kereta penumpang, Dinas Perkeretaapian (DJKA Kemenhub) suatu saat akan mengelola program angkutan sepeda motor gratis (Motis) KA Motis Nataru (Pasar Senen – Lempuyangan PP) yang bekerja sama dengan KAI dan KAI Logistik. .
Kemudian Festival Motis di selatan (Madiun – Jakarta Gudang PP), Festival Motis di tengah (Kutoarjo – Jakarta Gudang PP) dan Festival Motis di utara (Semarang Tawang – Cilegon PP),” kata Anne.
Anne mengatakan misi PSO adalah memastikan akses transportasi yang lebih baik, serta mengurangi biaya transportasi umum dan mendorong moda transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. KAI juga berkomitmen untuk mematuhi kewajiban PSO berdasarkan prinsip Good Corporate Governance (GCG).
“Melalui layanan kereta api, PSO ingin mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum guna mengurangi kemacetan dan polusi,” kata Anne.