geosurvey.co.id, JAKARTA – Sekitar 2.000 anak muda mengikuti kegiatan NextGen Fest dalam rangka memperingati Bulan Inklusi Keuangan dan Hari Janji Pemuda di Jakarta pada Rabu (30/10/2024).
Acara ini penuh dengan para warga Roma inspiratif dari berbagai profesi seperti wirausaha, pemodal, dan psikiater yang berbagi cerita dan pengalaman serta nasihat praktis yang relevan dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak muda, khususnya bagi mereka yang ingin menjadi wirausaha muda.
Diselenggarakan oleh Prudential Indonesia dan Prudential Syariah, kegiatan ini juga menjadi peluang membangun jaringan untuk membuka berbagai peluang lain di masa depan.
Menurut Rusli Chan, Kepala Badan Prudential Indonesia, pemuda Indonesia sebagai bola perubahan memiliki potensi besar dan berperan sangat penting dalam pembangunan perekonomian negara.
“NextGen Fest kami hadirkan sebagai wadah untuk memberdayakan generasi muda dan melahirkan wirausaha muda Indonesia yang menjanjikan dan memiliki tantangan secara ekonomi dan moral,” ujarnya.
Chief Strategy Officer Syariah Mayang Ekaputri mengatakan peserta antusias mengikuti acara tersebut. Generasi Z dan Milenial mendominasi di antara mereka.
Acara ini juga dihadiri oleh mereka yang ingin menjadi wirausaha sesuai prinsip syariah.
“Kami berharap melalui kegiatan ini semakin banyak generasi muda yang belajar tentang pentingnya literasi keuangan dan kewirausahaan sehingga mereka berani keluar dari zona nyaman, meraih potensi diri sekaligus menjalani kehidupan yang lebih berkah. katanya.
Wirausahawan memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wirausaha di Indonesia akan mencapai lebih dari 56 juta pada pertengahan tahun 2023.
Rasio antara jumlah wirausaha dengan jumlah penduduk Indonesia hanya mencapai 3,47 persen, atau masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga, yakni Singapura (8,76 persen) dan Malaysia (4,7 persen).
Dari seluruh wirausahawan yang ada, jumlah wirausaha muda berusia 20-29 tahun di Indonesia masih cukup rendah, yaitu 6,1 juta jiwa (atau 11 persen dari total wirausaha di Indonesia). Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan jumlah wirausaha berusia 50 tahun ke atas yang berjumlah 23,9 juta orang (42 persen dari seluruh wirausaha di Indonesia).
Generasi Z dan Milenial di Indonesia saat ini mencakup lebih dari separuh penduduk Indonesia, dengan generasi Z mencapai 74,93 juta orang dan generasi milenial mencapai 69,38 juta orang.
Untuk mewujudkan Indonesia yang berdaya saing dan maju secara ekonomi, diperlukan pemanfaatan kelompok usia produktif yang jumlahnya besar dan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan, salah satunya adalah kewirausahaan.
NextGen Fest juga menampilkan komunitas wirausaha muda GenPRU. Dalam komunitas ini, mereka dipersiapkan menjadi wirausaha muda dengan menjadi agen pemasaran asuransi melalui serangkaian standar internasional di bidang pengelolaan keuangan, pelatihan bisnis, dan kepemimpinan.
Dengan cara ini mereka dapat meningkatkan kualitas hidup dan stabilitas ekonomi.
Sumber: Uang Tunai