geosurvey.co.id – Dalam upaya mendukung pemulihan pariwisata Bali yang menunjukkan tren positif, Finet berkoordinasi dengan CIMB Niaga sebagai anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak di bidang gateway pembayaran. Memperkenalkan FinPay Link, solusi pembayaran digital terbaru.
Di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi digital, kemudahan bertransaksi dan keamanan menjadi prioritas utama, terutama bagi para pelaku industri perhotelan.
Lebih dari 100 pelaku industri perhotelan di Bali diperkenalkan dengan sistem pembayaran yang cepat, aman, dan andal bertajuk “Satu Klik Di Mana Saja Kapan Saja: Menjadikan Transaksi Tanpa Batas dengan Kartu Kredit Virtual”.
Pasca pandemi Covid-19, pariwisata Bali perlahan pulih. Berdasarkan statistik BPS, jumlah wisatawan asing akan mencapai 14 juta pada tahun 2024, meningkat 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Sejalan dengan tren positif tersebut, para pelaku industri perhotelan di Bali menghadapi kebutuhan untuk beradaptasi dengan teknologi baru, khususnya di bidang pembayaran digital.
Di sinilah Finnet hadir dengan solusi modern yang menyederhanakan transaksi, namun juga memberikan tingkat keamanan tinggi melalui platform FinPay Link.
Di era ekonomi digital saat ini, penting bagi para pelaku industri perhotelan untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi, khususnya teknologi pembayaran digital menggunakan kartu.
Namun para pelaku bisnis perhotelan harus mewaspadai timbulnya kejahatan. Senior Vice President Merchant Business Head CIMB Niaga Tamtomo Awansatrio mengenang bahaya penggunaan kunci manual pada mesin EDC.
“Catatan kami, pada tahun 2023 hingga 2024 kerugian merchant hotel CIMB Naiga mencapai miliaran akibat chargeback yang timbul dari kunci manual selama menggunakan EDC, tentunya kami ingin hal tersebut tidak terjadi,” ujarnya.
TomTomo menjelaskan bahwa pengetikan manual pada fasilitas layanan kartu menjadi semakin tidak relevan dari sudut pandang keamanan. Oleh karena itu, CIMB Niaga akan membatasi dan menutup fasilitas di EDC ini pada awal tahun 2025.
Ia optimis solusi kolaborasi CIMB Niaga dan Finnet akan mampu memberikan pengalaman baru berupa kemudahan dan keamanan bagi 740 merchant CIMB di seluruh Indonesia, “Kami yakin solusi Finpay Link akan menjadi solusi transaksi tanpa kartu yang aman dan nyaman. baik transaksi domestik maupun internasional,” imbuhnya. TomTomo.
Kemitraan antara CIMB Niaga dan Finnet yang telah berjalan selama 12 tahun membuat Aziz Siddiqui, Direktur Bisnis Finnet Enterprises, bersemangat meluncurkan layanan Finpay Link. Ditegaskannya, FinPay Link mampu memberikan solusi pengelolaan tagihan yang sederhana, cepat, dan aman.
“Dulu pembayaran digital mengharuskan pihak merchant menyiapkan sistem dan mengintegrasikannya, tapi FinPay Link, hanya dengan link web, layanannya bisa langsung digunakan, jadi mudah kan,” kata Aziz. .
Finpay Link adalah link web atau URL unik yang dibuat oleh sistem Finpay untuk memudahkan transaksi pembayaran. Keunggulan Finpay Link Invoice dan Virtual Credit Card (VCC) dibandingkan EDC yaitu fleksibilitas transaksi, biaya operasional rendah, tidak memerlukan peralatan fisik, kecepatan dan efisiensi, keamanan tinggi dan ramah lingkungan.
CIMB Niaga dan Finnet berkomitmen untuk mengintegrasikan 740 pedagang CIMB Niaga dengan memprioritaskan hasil panen pada tahap pertama. Sebanyak 400 merchant CIMB Niaga ditargetkan sudah dapat menggunakan fasilitas FinPay Link pada awal tahun 2025, dilanjutkan dengan integrasi bertahap dengan 340 merchant lainnya di seluruh Indonesia pada tahap berikutnya.
“Atas nama manajemen, Finette mengucapkan terima kasih kepada CIMB Niaga dan CIMB Niaga atas kerja sama yang baik dengan para pedagang.” Semoga hal ini dapat memberikan manfaat bagi para merchant khususnya CIMB Niaga dan Finnet sehingga kedepannya akan ada inisiatif-inisiatif yang lebih dahsyat lagi,” tutup Aziz Siddaqui.
Dengan hadirnya solusi FinPay Link, Finnet mengajak para pelaku industri perhotelan dan merchant lainnya untuk segera beralih ke sistem pembayaran digital yang lebih modern, aman, dan efisien. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mengurangi risiko kerusakan berkat fitur manual di EDC.