Wartawan geosurvey.co.id Eko Sutriyanto menceritakan hal itu
geosurvey.co.id, JAKARTA – Sektor ekonomi nasional dan keuangan syariah menyumbang hampir 47 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia selama lima tahun terakhir.
Pangsa pasar keuangan syariah terus meningkat hingga kini sebesar 11,04 persen. Indonesia menempati peringkat ketiga dalam Indeks Ekonomi Islam Global dan Indeks Pengembangan Keuangan Islam 2023.
Menariknya, perkembangan industri halal saat ini nampaknya didorong oleh generasi milenial Muslim dan Generasi Z yang jumlahnya hampir 30 persen.
Menurut BPS, komposisi Generasi Z mencapai 27,94 persen penduduk atau sekitar 74,93 juta jiwa dan harus siap mengelola potensi tersebut.
Agung Paramata, CEO Mumtaz Creative, mengatakan generasi milenial dan June Z tidak hanya menjadi pasar potensial, namun juga menjadi kekuatan pendorong perubahan bagi mereka.
Kesadaran terhadap ekonomi halal yang awalnya berfokus pada pangan, kini telah berkembang menjadi pemahaman yang lebih mendalam terhadap nilai-nilai Islam dan kemungkinan-kemungkinan yang dimilikinya.
“Ini merupakan peluang dan tantangan besar bagi Mumtaz Creative untuk memperkenalkan Halal Kulture Market Indonesia (HaKa) dalam sebuah paket yang memberikan lebih banyak pengalaman dan update bagi generasi muda di bidang keagamaan, kreativitas dan kolaborasi,” ujarnya di acara Gen Z Kulture. Acara bincang-bincang. Jakarta baru-baru ini.
Kulture Talk gen Z merupakan rangkaian pra-acara Halal Kulture Marke (HaKa) yang membahas topik Hijrah Tak Takut’ bersama narasumber Ustadz Abdurrahman Zahier, BBA, untuk memaknai kembali hijrah dalam konteks era saat ini.
“Dinamika perubahan yang cepat di era teknologi tentunya dapat memberikan culture shock bagi generasi muda Islam dalam menyikapinya, sehingga diperlukan pemahaman yang mendalam tentang makna hijrah di kalangan generasi muda Islam,” tuturnya.
Ustadz Abdurrahman mengatakan, olahraga tidak hanya mengubah penampilan, tapi juga sikap, mental, dan gaya hidup.
“Hijrah memiliki proses yang berharga dan konsistensi yang pada akhirnya berdampak. Proses hijrah membutuhkan lingkaran atau komunitas yang saling memberdayakan,” ujarnya.
Diselenggarakan bekerja sama dengan Khadijah Center, Deen Academy dan Moeslem Journey, acara ini diharapkan dapat memicu semangat Islam dan amal sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW.
Acara yang digelar di ICE BSD Tangerang pada 1-3 November 2024 ini menyuguhkan program kreatif menampilkan gaya hidup halal, memperkuat jaringan ekosistem ekonomi halal calon generasi muda muslim, dan menggelar lahan seluas 15.000 m2. 160 peserta pameran. sebuah bilik kecil
Diantaranya adalah Fashion, Jamu & Obat-obatan, Kosmetik Halal, Travel Halal, Pendidikan, Makanan & Minuman Halal, Keuangan Syariah, Pernikahan Syariah dan berbagai segmen produk.