geosurvey.co.id – UMKM binaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. keberhasilannya adalah menembus pasar global. Menjadi global! BRI melalui perwakilan Bank Arab Saudi akan memamerkan produk lima UMKM binaan alumni Brilianpreneur yaitu Restu Mande, Arva, Matoh, Havilla Tea, Muniru Coffee pada pameran ‘Amazing Indonesia’ yang digelar pada 26 September- 28 2024 Hotel Al Mutlaq, Jalan Al Medina, Jeddah.
Acara ini diselenggarakan oleh KJRI Jeddah bekerja sama dengan ITPC Jeddah. Pesertanya berjumlah 26 orang, terdiri dari 8 perusahaan asal Arab Saudi sebagai importir barang konsumsi Indonesia, BPKH Limited, Koperasi Amphura, Dirjen Imigrasi, 2 perusahaan perbankan Indonesia (BRI dan BSI) serta peserta UMKM Indonesia lainnya.
Dalam acara tersebut, beberapa calon pembeli mengunjungi booth BRI, mulai dari artisan coffee shop di Arab Saudi, asosiasi hotel dan lain-lain. Keikutsertaan BRI dalam pameran tersebut merupakan bagian dari Road to BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang sebelumnya program ini dikenal dengan nama UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.
Perubahan nama tersebut juga merupakan langkah untuk memperkuat posisi BRI sebagai bank yang konsisten mendukung UMKM dengan menyelenggarakan BRI MICROFIANCE OUTLOOK secara serentak pada acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025.
BRI memiliki bank perwakilan di luar negeri yang aktif menjalin kerja sama dengan KJRI dan ITPC di luar negeri untuk ikut memperluas jaringan bisnis, membangun reputasi produk lokal yang berkualitas dan menjangkau peluang pasar yang lebih luas.
Direktur Komersial, Kecil dan Menengah BRI Amam Sukrianto mengatakan BRI UMKM EXPO (RT) merupakan langkah nyata yang dilakukan BRI sebagai wujud komitmen BRI mendukung UMKM agar siap bersaing di pasar global.
“ BRI UMKM EXPO(RT) merupakan momentum strategis bagi para UMKM, baik yang kini bermitra dengan BRI maupun yang baru berminat bergabung untuk memperluas jangkauan pasar dan mendekatkan diri dengan calon pembeli internasional guna memajukan UMKM, dan dalam hal pemberian pembiayaan, pendampingan usaha, program pemberdayaan dan cara mengakses pasar yang lebih luas bahkan pasar global,” kata Amam.
Berbagai kegiatan terkait pengembangan UMKM diharapkan dapat memberikan dampak positif dan luas bagi kemajuan dan pengembangan kapasitas dan kualitas pelaku usaha Indonesia. Upaya ini tidak hanya untuk meningkatkan omzet pelaku usaha kecil dan menengah saja, namun juga merupakan langkah BRI dalam hal pemberdayaan keuangan masyarakat dan peningkatan literasi keuangan yang akan menggerakkan kita menuju masyarakat Indonesia yang lebih inklusif dan maju secara ekonomi.