Laporan tersebut disampaikan reporter geosurvey.co.id Lita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – Merek ponsel pintar internasional HONOR akan resmi diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2025. Bermodalkan kesuksesan operasional di pasar Malaysia, merek ponsel pintar ini memiliki prospek bagus untuk beroperasi di pasar Indonesia.
Di Indonesia, HONOR akan menyasar konsumen pecinta smartphone dengan teknologi dan desain terkini.
HONOR South Pacific Justin Li mengatakan basis pelanggannya hampir sama dengan Malaysia, segmen atas berpeluang berkembang besar di Indonesia.
“Honor menargetkan segmen atas dengan memasuki Indonesia. Indonesia mirip dengan Malaysia dalam hal budaya dan bahasa yang kuat, dan sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia sedang mengembangkan kelas menengah baru,” kata Li kepada Tribunnews .com, Senin. . (1.6.2025).
Seiring dengan terus berkembangnya pasar, HONOR optimistis permintaan ponsel pintar kelas menengah dan atas akan terus meningkat.
“Kami percaya bahwa laju pembangunan di Indonesia akan terus meningkat dalam lima tahun ke depan, dan pertumbuhan kelas menengah dalam jangka panjang juga akan meningkatkan permintaan ponsel di kelas menengah dalam lima tahun ke depan,” Li dikatakan.
Secara global, HONOR telah mencapai kemajuan signifikan dengan peningkatan perdagangan luar negeri sebanyak dua kali lipat.
Indonesia adalah salah satu dari sedikit pasar besar yang belum dimasuki dan perlu dijajaki oleh HONOR.
Dalam tiga tahun pertamanya di Malaysia, HONOR telah meletakkan landasan, khususnya dalam pengembangan kelas atas.
Menurut laporan GFK pada bulan September 2024, kini merek tersebut menjadi merek terbesar ketiga dalam nilai pangsa pasar di belakang Apple dan Samsung, dengan landasan yang baik untuk perluasan pasar Asia Tenggara.
Selain itu, GFK melaporkan pada bulan September bahwa pangsa pasar nilai Samsung di Malaysia dalam 12 bulan terakhir adalah 33,6 persen, Apple 22,2 persen, dan Honor 10,9 persen.
HONOR adalah satu-satunya merek di Tiongkok yang menguasai lebih dari 10% pasar dalam beberapa tahun terakhir, dan trennya terus meningkat.
Menyasar pasar konsumen kelas menengah dan atas, HONOR telah menyiapkan strategi yang fokus dan berjangka panjang. Fokus pada pengenalan produk kelas atas dan mempertahankan investasi jangka panjang yang stabil.
“Saat ini pasar menengah atas di Indonesia sekitar 15%, sebagian besar dikuasai oleh Samsung dan iPhone. Tujuan kami menyasar pasar ini agar dapat bersaing dengan Apple dan Samsung serta memberikan pilihan baru bagi pengguna,” kata Li.
Di Malaysia, seri andalan HONOR yang dapat dilipat menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengkonversi pengguna Apple dan Samsung, dengan 53 persen basis pengguna berasal dari Apple dan Samsung.