Kata Kunci : Periklanan, Pengertian Periklanan, Unsur Periklanan, Jenis-Jenis Periklanan
geosurvey.co.id – Iklan merupakan salah satu media promosi yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat luas.
Iklan juga dapat digunakan sebagai sarana memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen.
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian, aspek dan jenis periklanan.
Artikel ini akan membantu siswa untuk memahami apa itu periklanan dan apa saja jenis serta unsur periklanan.
Selain itu, esai ini juga dilengkapi dengan contoh soal untuk meningkatkan pemahaman siswa. Definisi periklanan
Iklan merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan.
Pesan yang dikomunikasikan berbentuk informasi tentang suatu produk atau tindakan.
Dengan melihat suatu iklan, masyarakat diharapkan mempunyai keinginan untuk memperoleh barang yang diiklankan atau melakukan tindakan yang disarankan.
Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Reynold Casali menjelaskan bahwa periklanan adalah suatu pesan yang menyajikan suatu produk atau jasa kepada masyarakat umum dengan menggunakan suatu media. Elemen Iklan Menulis Gambar Gerak Suara Jenis Iklan
Jenis iklan terbagi menjadi dua bagian yakni iklan komersil dan nonkomersial.
1. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.
Misalnya saja kios iklan kebutuhan pokok.
2. Tujuan iklan non-komersial adalah untuk memberitahukan sesuatu kepada orang-orang atau mengajak mereka untuk mengambil tindakan.
Misalnya saja iklan dan pengumuman layanan masyarakat. Jenis Iklan (Scola Online Video Learning) Iklan yang Efektif
Iklan yang efektif adalah iklan yang berhasil menarik perhatian konsumen.
Jadi, seperti apa bentuknya? Tampilan iklan harus sesuai dengan kondisi contoh query pengguna target
1. Item berikut tidak termasuk dalam iklan….
Satu gerakan
B. gambar
C. harga
D. suara
Kunci Jawaban: d
2. Iklan tentang bahaya merokok Jenis iklan…
Satu Iklan non-komersial
B. Iklan komersial
C. Tawarkan iklan
D. Pernyataan permintaan
Kunci Jawaban: A
3. Perhatikan pernyataan berikut! Pertanyaan Halaman 54 Pernyataan Tentang teks “Saya ingin hidup seribu tahun lagi”. (Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MT)
Jawablah pertanyaan berikut!
1) Produk apa yang dipromosikan teks tersebut?
2) Masalah apa yang ditimbulkannya?
3) Solusi apa yang ditawarkan iklan tersebut?
4) Apakah ada bukti bagi pemirsa untuk mempercayai hal ini?
5) Bagaimana cara iklan menarik perhatian khalayak sehubungan dengan harganya?
Kunci Jawaban:
1) Pengumuman ini merupakan iklan layanan masyarakat yang diterbitkan oleh PMI. Iklan merupakan ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya secara tidak langsung adalah dengan mendonorkan darah.
2) Menjaga kesehatan.
3) Masyarakat dapat menyelamatkan kesehatannya dengan mendonorkan darahnya.
4) Tidak ada.
5) Harga tidak termasuk dalam iklan karena tidak dipungut biaya untuk mendonor darah. Namun, ia berusaha merebut hati penonton dengan menggunakan slogan “Saya ingin hidup seribu tahun lagi”.
Anda dapat menemukan diskusi lebih lanjut tentang konten sistem emisi lainnya di aplikasi Scola.
Ada hal lain yang juga bisa Anda pelajari.
Klik app.skolla.online untuk mulai belajar!
(geosurvey.co.id/Latifah)