geosurvey.co.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendistribusikan air bersih dan sanitasi yang baik kepada 17 komunitas di 53 lokasi di seluruh Indonesia. Diantaranya wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Lampung, dan Riau.
Tak hanya itu, wilayah Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Aceh, Jambi, D. I. Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan juga mendapat manfaat.
Air bersih dan sanitasi yang baik merupakan kebutuhan dasar manusia. Salah satu poin dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di bidang lingkungan hidup adalah memastikan masyarakat dapat dengan mudah mengakses air minum dan sanitasi yang memadai.
Mengutip data Lembaga PUPR, ia menyebutkan pada tahun 2022 akan ada 35,3 juta orang di Indonesia yang tidak memiliki akses terhadap air bersih dan cukup. Kebanyakan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap air bersih dan aman tinggal di daerah pedesaan.
Kegiatan penyaluran bantuan ini telah dilakukan sepanjang tahun 2024 dan telah memberikan manfaat bagi ribuan kepala keluarga di seluruh Indonesia.
Program pendistribusian air bersih dan sanitasi yang baik merupakan bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Telkom. Rencana ini juga merupakan implementasi dari tujuan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Menengah Nasional (RPJMN), untuk mewujudkan sembilan puluh persen akses terhadap fasilitas sanitasi yang layak, serta memberikan 100 persen akses terhadap air minum yang layak dan 15 persen akses terhadap air minum yang aman pada tahun 2024.
CEO Center for Social Development Telkom, Hery Susanto, mengatakan: “Dengan mendukung proyek untuk mencapai pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030, Telkom bermaksud mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. kebutuhan sosial akan air bersih dan sanitasi “Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan, khususnya bagi masyarakat di pedesaan.”
Pada kesempatan lain, Andri selaku perwakilan penerima manfaat menyampaikan apresiasinya terhadap program ini.
“Terima kasih Telkom Indonesia atas program bantuan ini. Saya dan warga desa lainnya sangat berterima kasih dan sangat membantu. Sekarang kami tidak kesulitan mengakses air bersih.”
Telkom berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui distribusi air bersih dan sanitasi yang baik. Kami juga berharap sistem ini dapat diterapkan secara stabil dan tepat sasaran, khususnya di bidang 3T (masalah, batas, skala).
Program ini juga sejalan dengan 6 tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu menjamin ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi berkelanjutan untuk semua.