
geosurvey.co.id – Transfer ibukota Indonesia ke ibukota Nusantara (IKN) adalah salah satu fokus utama pada program kerja Presiden Joko Widodo. Menurutnya, transfer ini bukan hanya relokasi alami bangunan atau bangunan pemerintah, tetapi juga merupakan upaya untuk mengubah budaya kerja baru dan mentalitas. Ini disertai dengan persiapan sistem matang dan sumber daya manusia.
“Oleh karena itu, kami berharap bahwa nanti bab baru ini akan benar -benar menjadi modal yang bukan milik negara lain,” kata Presiden Jokowi.
Presiden percaya bahwa proyek IKN akan selesai dalam 15 hingga 20 tahun ke depan dan IKN akan menjadi pemerintah modern.
Presiden Joko Widodo (Jokowi), sementara di ibukota Nusantara (IKN) juga menekankan pentingnya transformasi Ikn sebagai simbol kemajuan dan masa depan Indonesia. Presiden Jokowi mengatakan pembangunan IKN tidak hanya berfokus pada transportasi fisik bangunan pemerintah, tetapi juga mencerminkan perubahan dalam mentalitas, budaya kerja dan antusiasme untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya peran IKN ke arah Indonesia untuk keberlanjutan.
“Di sini bangunan itu harus merupakan bangunan hijau, transportasi harus berupa transportasi hijau dan penggunaan listrik saat ini juga berasal dari energi hijau. Ini adalah masa depan dunia, kemudian semuanya berjalan di sana. Kami juga akan pergi ke sana, tetapi pertama -tama dari yang lain,” kata Presiden Jokowi.
Bangunan hijau yang terkandung dalam buku Transfer Pocket IKN, di mana kantor pemerintah IKN akan memprioritaskan tata letak terbuka. Ini adalah konsep desain ruangan yang minimal di partisi interior dalam batas bangunan bangunan atau bagian bangunan.
Kamar yang tidak memiliki batasan alami atau visual yang signifikan untuk menggambarkan berbagai area fungsional, seperti tempat kerja, dapur atau ruang baca.
Sementara masalah Green Transport, Direktur Aktif (Aktif) Direktorat Umum Tanah, Kementerian Transportasi (Kemenhub) Muhammad Fahmi, mengatakan pemerintah telah mulai menerapkan transportasi umum ke IKN.
“Jadi sudah mulai memprioritaskan area IKN berdasarkan kendaraan yang tidak memiliki emisi. Ya, itu telah dinyatakan dan telah mulai berjalan,” kata Fahmi kepada Jakarta, Kamis (9/26/2024).
Akibatnya, Fahmi melanjutkan, pemerintah mendorong setiap ekosistem di IKN, termasuk masalah transportasi yang menggunakan energi ramah lingkungan.
“Memang, di setiap ekosistem harus mendukung energi hijau atau transportasi hijau. Kementerian transportasi sangat mendukung iklim IKN,” kata Fahmi.
Untuk dicatat, Calimantan Timur (Calimantan Timur) memiliki luas 16,7 juta dan 65 % atau 8,1 juta hektar adalah area hutan dan area pemeliharaan. Sementara itu, populasi di Kalimantan timur adalah 3,9 juta dengan berbagai etnis, seni dan keragaman budaya.
Ekonomi Calimantan Timur masih didominasi oleh sektor yang tidak dapat diakses, yaitu 68 %. Oleh karena itu, pembelaan provinsi berupaya mendorong percepatan transformasi ekonomi ke ekonomi hijau.
Dalam kasus lain, Presiden Jokowi mengungkapkan, IKN dibangun di atas Kabupaten Penajam Paser Utara, di Provinsi Kalimantan Timur (Kalimantan Timur) akan berlangsung sebagai kota yang cerdas. Untuk mencapai tujuan ini, transformasi pusat pemerintah baru dalam arti ekonomi hijau memberikan perubahan signifikan dalam kualitas udara menjadi lebih baik.
Selain itu, ini juga akan dikombinasikan dengan konsep teknologi berkelanjutan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan peluang investasi baru, yaitu menjadi kota masa depan.
IKN adalah proyek yang ambisius untuk menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau berkelanjutan (SDG), yang disebabkan oleh negara -negara yang berkumpul di PBB (PBB) untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan bagi semua orang.
Pada tahun 2024, fase pertama pertumbuhan di IKN akan selesai. Luas 256.142 secara resmi akan menjadi area yang dimaksudkan sebagai bagian baru, pusat pemerintah negara bagian.
Tahap pertama berlangsung selama periode dua tahun, yang dimulai dari tahun 2002 hingga 2024. Sedangkan untuk fase kedua, itu akan merancang konstruksi IKN sebagai area inti yang keras dan akan dari tahun 2025 hingga 2029.
Pada tahun 2030 hingga 2034, pemerintah akan bertujuan untuk pengembangan IKN dengan progresif yang lebih cepat untuk mengembangkan semua infrastruktur. Sementara pada tahun 2035 hingga 2039, akan ada konstruksi dari tiga kota ekosistem di provinsi Kalimantan yang termasuk dalam fase keempat.
Untuk tahap terakhir, akan berlangsung dari tahun 2040 hingga 2045 untuk mendirikan IKN sebagai kota dunia atau sebagai kota yang semarak, tidak hanya sebagai kota di mana ia akan bekerja yang kemudian akan diam di malam hari.
Untuk menyadari semuanya, salah satu strategi yang diterapkan adalah membatasi area IKN sehingga tidak dekat dengan kota -kota lain dan tidak menjadi kota yang telah dibangun, tetapi kemudian gagal. Oleh karena itu, IKN dirancang untuk menghindari menjadi kota yang tenang sebelum senja seperti ibukota Malaysia yang baru, Putra Jaya, karena sangat dekat dengan Kuala Lumpur.
Menanggapi hal ini, kurator Ikn Ridwan Kamil menggambarkan rencana pengembangan dan transportasi yang dijadwalkan secara bertahap ke tujuan menjadi kota global pada tahun 2045. Menurut Ridwan Kamil, kota global bukan hanya pusat pemerintah, tetapi akan dilengkapi dengan berbagai pusat kegiatan masyarakat lainnya. Termasuk keberadaan fasilitas pendidikan yang lengkap dengan asrama mereka, serta infrastruktur lainnya untuk menjadi kota yang heterogen, tidak homogen.
Hibah dana dari USTDA untuk membangun kota pintar di IKN
Kekuatan modal kepulauan (Oikn) tentu akan menerima dana hibah $ 7,6 juta atau setara dengan RP115,2 miliar (transaksi RP15.160) dari Layanan Perdagangan dan Pengembangan Amerika Serikat (USTDA). Dana diketahui digunakan untuk membiayai bukti persiapan pusat komando di IKN.
Momentum ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian hibah antara kepala Oikn Basuki Hadimuljono, yang ditemani oleh Duta Besar AS untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir dengan USTDA, Jumat (9/2024).
USTDA adalah lembaga independen pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi dan kepentingan perdagangan AS di negara -negara berkembang.
Kepala Otoritas Hadimuljono IKN Basuki menghargai dukungan pemerintah negara bagian Paman Sam dalam pengembangan kota pintar di IKN.
“Kami sangat menghargai dukungan dari pemerintah Amerika Serikat dalam mendukung pengembangan IKN. Sebagai kota dunia, tentu saja kami mengundang partisipasi internasional untuk bekerja sama dalam proyek ini,” kata Basuki, Minggu (9/22/2024).
Rencana tersebut, Oikn akan bekerja dengan tujuh perusahaan teknologi dunia dari Amerika Serikat, seperti Amazon Web Service, Autodesk, Cisco, Esri, IBM, Honeywell dan Motorola dalam penerapan Pusat Manajemen Kepulauan.
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir mengatakan hibah ini adalah bentuk komitmen untuk mendukung pemerintah AS dalam pengembangan kota pintar IKN.
“Hibah ini adalah proyek percontohan yang membuktikan berbagai keuntungan teknologi dalam pengelolaan kota pintar,” Kamala menjelaskan.
Sebelumnya, Wakil Transformasi dan Otoritas Digital Ikn Mohammed Ali Berawi, bersama dengan Direktur Ustda Enoh T. Ebong, juga menandatangani perjanjian hibah $ 2,49 juta di Los Angeles pada hari Kamis (2/5/2024).
Bab hibah digunakan untuk bantuan teknis dalam menerapkan teknologi dan solusi cerdas kota ke IKN. Akibatnya, hingga saat ini, total hibah yang diterima oleh Oikn dari USTDA berjumlah $ 10,09 juta atau RP152,9 miliar.
Sihir Bandara VVIP di IKN menjadi bandara komersial
Untuk mendukung penerbangan internasional yang sedang berlangsung, Menhub (Menhub) Budi Karya Sumadi mengkonfirmasi bahwa itu akan mengonversi VVIP ke ibukota (IKN) sehingga dapat digunakan untuk penerbangan haji dan umrah.
Dijelaskan, panjang landasan pacu VVIP di bandara IKN akan mencapai 3.000 meter pada bulan Desember 2024.
“Kemudian, jika orang -orang yang pergi ke Umrah atau haji tidak perlu lewat ke bandara lain, tetapi dapat terbang langsung ke negara tujuan dengan pesawat besar dan besar,” kata Menteri Transportasi Buni pada hari Sabtu (5/10/2024).
Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri Transportasi Budi untuk segera mengubah definisi bandara IKN dari awal hanya untuk VVIP dalam iklan.
“Bandara Nusantara, sering kali dikirimkan secara luas, adalah Bandara VVIP. Saya telah memerintahkan Menteri Transportasi Budi untuk segera mengubahnya menjadi bandara komersial,” kata Presiden Jokowi ketika ia tiba di Bandara Ikn, East Calimandan, Selasa (9/24).
Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pemikirannya ingin mengubah definisi bandara Ikn menjadi komersial, yaitu, lebih bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya, bandara dapat digunakan untuk berangkat dan mengembalikan peziarah dan peziarah.
“Agar lebih berguna, bukan hanya untuk VVIP. Lebih berguna bagi mereka yang menginginkan Umrah, Haji, dan mereka yang ingin terbang ke IKN. Saya pikir ini lebih berguna,” kata Presiden Jokowi.
Untuk mengubah Bandara VVIP menjadi bandara komersial, dilanjutkan oleh Menteri Transportasi Budi, partainya terus melakukan dana kreatif yang berasal dari investor dengan Program Kerjasama Entitas Pengusaha Pemerintah (PPP). Sayangnya, Menteri Transportasi Budi enggan menjelaskan secara lebih rinci tentang masalah ini.
“Kami melakukan program pendanaan kreatif untuk dua kegiatan ini. Jadi akan ada investor untuk membangun terminal, mengelola (Bandara VVIP), meningkatkan Balikpapan sampai ada kerja sama,” Menteri Transportasi Budi menjelaskan.
Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan bandara IKN diharapkan akan selesai pada bulan Desember 2024. Setelah pembangunan bandara IKN menjadi iklan, bandara akan memiliki kapasitas hingga 7 juta penumpang.
“Pertumbuhan ini dapat tiba pada bulan Desember. Di muka, yang hanya memiliki kapasitas 200.000 (penumpang), tetapi setelah komersial itu bisa menjadi kapasitas hingga 7 juta penumpang per tahun,” katanya.
“Lalu, Bandara Ikn akan secara resmi menjadi bandara komersial setelah penandatanganan dan versi Peraturan Presiden (Perpres),” pungkasnya.
Sementara itu, Menteri Pupr Basuki Hadimuljono telah memastikan bahwa beberapa jalan tol yang terhubung ke Kalimantan Timur Ikn akan selesai pada Juni 2025.
Dia juga mengatakan bahwa kemajuan pengembangan proyek baik dan rapi. Akibatnya, partainya membahas percepatan implementasi pembangunan jalan tol sehingga dapat segera digunakan.
“Itu bagus dan rapi. Target selesai pada Juni 2025,” kata Bekuus.
Basuki juga beralih ke bagian IKN 6B hingga 6C jalan tol menjadi hijau untuk mengendalikan erosi bumi. Untuk informasi, secara keseluruhan, total panjang jalan tol yang dibangun di atas Ikn memanjang sepanjang 88,54 kilometer. Sejauh ini, apa yang dibangun adalah 67,65 kilometer.
Perkembangan terbaru dalam infrastruktur Kalimantan IKN Timur (Calimandan Timur)
Tol bawah air 1,82 km terkait dengan Balikpapan, Kalimantan Timur. Sudah diketahui bahwa Ikn Underwater Road dirancang di sepanjang 1,82 kilometer Sungai Sepaku yang melintasi area Ikn Center (KIPP) dengan Balikpapan. Namun, pembangunan jalan bawah air masih dalam proses desain sejauh ini.
Pemerintah Jokowi memiliki impian besar untuk dapat mewujudkan jalan tol kapal selam pertama (IMT) di Indonesia. Kemudian, pengembangan BMI ini akan berlangsung di IKN dan merupakan bagian dari jaringan konektivitas tol IKN 4A dan 4B.
Manajer Umum (Dirjen) dari Bina Marga dari PUPR, PUPR Rachman Arief Dieputra mengatakan, imt Ikn akan menghubungkan KIPP ke Kota Balikpapan, Calimantan Timur.
“Bagian Sungai Sepaku Ikn dirancang dengan rencana panjang sekitar 1,82 kilometer,” kata Araf Rabu (2/10/2024).
Strukturnya terdiri dari bagian ikonik sepanjang 1,08 kilometer dengan pendekatan 0,74 km, yang mencakup potongan 0,340 kilometer dan penutup 0,4 km. Ide desain IKN dirancang untuk menggunakan satu kotak dengan total lintas -bagian 40,8 meter dibagi menjadi dua kamar.
Kamar ini bertindak sebagai jalur lalu lintas, masing -masing mencakup 3 strip dengan lebar 2 arah 16,25 meter. Setiap rute dipisahkan dari galeri Escape/Service dengan kecepatan 100 kilometer per jam.
Arief menambahkan bahwa proses konstruksi dilakukan dengan menenggelamkan bagian -bagian terowongan prefabrikasi di sungai sungai dan kemudian distabilkan dengan penguncian dan pengisian ulang.
“Kemudian gunakan penutup Perlindungan Batu untuk melindungi struktur IMT. Pada prinsipnya, IKN IKN mengadopsi teknologi serupa yang diterapkan pada Korea Selatan (Korea Selatan) dan Turkiye,” tambah Arief.
Namun, IMT IKN memiliki hak istimewa. Pertama, ini adalah bagian dari jaringan akses yang dirancang untuk mendukung konektivitas dan mobilitas IKN sebagai bab baru, serta dukungan dari pembangunan ekonomi dan sosial di wilayah tersebut.
Kedua, IMT IKN dirancang dengan mengurangi risiko kerusakan lingkungan dan habitat hewan, mempertahankan aliran pengiriman yang ada, mengurangi sedimentasi dan pertumbuhan teknologi konstruksi, serta OM. Selain itu, IMT IKN adalah aplikasi pertama teknologi konstruksi IMT di Indonesia.
Implementasi teknologi ini diharapkan dapat mendukung implementasi konstruksi berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan untuk implementasinya.
Pengembangan IKN IKN, Arie melanjutkan, akan bekerja dengan para ahli internasional, sehingga diharapkan untuk menciptakan pengetahuan atau transfer pengetahuan kepada insinyur Indonesia.
“Langkah ini diharapkan memiliki dampak positif pada pengembangan pengembangan infrastruktur sesuai dengan kondisi koreografi Indonesia, di mana ada banyak sungai dan pulau,” kata Arief.
Arief mengatakan pembangunan IKN BMI telah diusulkan untuk mendanai melalui pinjaman asing dengan perkiraan persyaratan pendanaan total sekitar Rp11,3 triliun. Saat ini, ia memasuki Bluebook 2020-2024 dan telah diusulkan untuk memasuki Greenbook 2024.
Dengan asumsi proses persiapan untuk pinjaman asing dan lelang selama 1-2 tahun, perkiraan konstruksi akan dimulai pada 2026-2027.
Jika IMT IKN akan diproduksi dan seluruh jalan tol IKN akan terhubung, maka langkah selanjutnya adalah pelelangan untuk implementasi manajemen operasi (manajemen).
“Rencana PPP dapat diimplementasikan untuk manajemen Jaringan Konektivitas Jalan Toll IKN jika semua ini selesai,” Araf menyimpulkan.