geosurvey.co.id – Inilah jawaban dari pertanyaan: Bagaimana keterlibatan Anda dalam perencanaan kurikulum lembaga pendidikan selama ini?
Pertanyaan ini muncul ketika guru sedang mengerjakan cerita reflektif dengan topik “Perencanaan Peningkatan Satuan Pendidikan” pada modul Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data dalam Pembelajaran Mandiri pada platform Merdeka Mengajar (PMM).
Guru dapat menjelaskan pentingnya perencanaan berbasis data pada kolom Refleksi materi perencanaan yang tersedia.
Guru yang kesulitan menjawabnya dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai referensi. Pertanyaan:
Bagaimana Anda melakukan perencanaan kurikulum untuk departemen pendidikan sejauh ini? Menjawab:
Dalam merencanakan program suatu satuan pendidikan, saya sebagai guru mengadakan musyawarah atau diskusi dengan kepala sekolah, rekan-rekan dan seluruh pemangku kepentingan di sekolah. Hal ini diperlukan untuk menentukan program/kegiatan yang akan dilakukan dan dilaksanakan di sekolah.
Perencanaan melalui beberapa tahapan yaitu identifikasi masalah, analisis, perbaikan, pelaksanaan program, serta pemantauan dan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan program. Jawaban alternatif:
Selama ini saya membuat rencana hanya berdasarkan kebutuhan atau kondisi yang ada di sekolah. Tidak mengetahui apakah kegiatan perencanaan yang kami lakukan sudah benar atau belum. Praktekkan pemahaman
Selain mengerjakan cerita reflektif, guru juga perlu menjawab pertanyaan pemahaman.
Pertanyaan yang muncul pada materi refleksi latihan pemahaman perencanaan: Memiliki asumsi yang kuat akan membantu sekolah menentukan perencanaan yang tepat. Benar Salah
Jawabannya salah
*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai referensi, sehingga guru dapat menyelesaikan pertanyaan terkait di platform Merdeka Mengajar.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)