TRIBUNNEVS.COM – Demikian tanggapan cover story Modul 1 Topik 1 tentang penerapan prinsip Understanding by Design (Ubd) pada PPG 2024.
Pada Modul 1 Topik 2 PPG 2024, guru diminta menyelesaikan cerita yang menerapkan prinsip konsep desain dengan minimal 50 karakter.
Pertanyaan dalam cerita refleksi Modul 1 Topik 1 PPG 2024 adalah: Bapak/Ibu Guru, Sebelum melanjutkan mempelajari Topik II, pikirkan dulu apa yang dipelajari Bapak/Ibu Guru pada Topik I. Ceritakan kepada kami bagaimana prinsip-prinsip UbD dapat membantu Bapak/Ibu Guru merancang pembelajaran yang efektif dan tantangan apa yang dihadapinya?
Pada saat guru mengikuti pelatihan PPG untuk guru tertentu pada postingan tahun 2024, muncullah soal-soal Cerita Reflektif Modul 1 Topik 1 di platform Merdeka Mengajar (PMM).
Guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai acuan untuk menjawab cerita pemikiran pada Modul 1 Topik 1 PPG 2024.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh tanggapan terhadap cerita tentang penerapan prinsip-prinsip pemahaman secara desain di Modul 1, Topik 1. Tanggapan terhadap cerita reflektif Modul 1 Topik 1: Menerapkan Prinsip Konseptual melalui Perancangan Pertanyaan: Bapak/Ibu Guru, pikirkan apa yang telah Anda pelajari pada Topik I sebelum melanjutkan mempelajari Topik II. Pak Prof menyampaikan kepada kami prinsip-prinsip UbD. / Tantangan apa yang dihadapi guru dalam merancang pengajaran yang efektif? Contoh jawaban:
Setelah mempelajari UbD, saya merasa (UbD) memberi saya wawasan baru tentang pentingnya merancang pembelajaran dengan tujuan akhir yang jelas. Dengan begitu, mulai dari tujuan pembelajaran, saya bisa membuat kegiatan pembelajaran lebih fokus dan memastikan siswa benar-benar memahami konsep inti materi serta penilaiannya.
Namun dalam praktiknya saya menemui kesulitan dalam beradaptasi dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda. Memastikan seluruh siswa dapat mencapai pemahaman yang sama memerlukan perencanaan yang matang dan fleksibilitas dalam pelaksanaannya.
Namun, pendekatan UbD membantu saya fokus pada ide-ide kunci dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Jawaban alternatif:
Setelah mempelajari materi “Menerapkan Prinsip Pemahaman Secara Desain” pada Modul 1, saya akan mencoba memberikan pengalaman belajar kepada siswa yang tidak hanya informatif, tetapi juga bermakna. Namun seringkali saya merasa meskipun siswa melalui berbagai kegiatan pembelajaran, pemahaman mereka terhadap materi seringkali dangkal. Hal ini membuat saya memikirkan kembali pendekatan yang saya gunakan untuk mempelajari desain.
Saya merasa lebih percaya diri dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan memahami berbagai jenis penilaian. Dengan menggunakan pendekatan Understanding by Design, saya menyadari pentingnya merancang pembelajaran yang terstruktur dan bermakna. Saya berkomitmen untuk terus mempelajari dan menerapkan konsep-konsep ini dalam pengajaran saya sehari-hari.
Pemikiran ini menyadarkan saya betapa pentingnya merancang pembelajaran dengan pemahaman mendalam sebagai tujuan utama. Dengan pendekatan UbD, saya merasa lebih mampu membimbing siswa menuju pemahaman yang lebih kaya dan bermakna. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah merumuskan tujuan pembelajaran, merancang penilaian pembelajaran, menentukan metode penilaian, dan memilih format penilaian.
Penerapan prinsip-prinsip UbD telah mengubah cara saya memandang peran saya sebagai seorang pendidik. Saya bukan lagi sekadar penyaji materi, tapi fasilitator pemahaman lebih dalam. Dan yang terpenting, saya merasa siswa saya lebih terlibat dan mampu menerapkan apa yang mereka pelajari dalam konteks yang lebih luas. Jawaban alternatif:
Setelah mempelajari Topik 1, saya memahami bahwa prinsip Design with Understanding (UbD) sangat berguna dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif. Pendekatan ini menekankan pentingnya memulai perencanaan dengan tujuan akhir yang jelas, sehingga setiap langkah pembelajaran mempunyai arah yang memungkinkan siswa memahami konsep-konsep kunci secara mendalam.
UbD membantu saya untuk lebih sistematis dalam mengatur kegiatan pembelajaran dan menyelaraskannya dengan tujuan pembelajaran. Hal ini tidak hanya mempermudah merancang penilaian yang tepat, namun juga memudahkan dalam memprioritaskan pembelajaran, seperti konsep-konsep kunci yang perlu dipahami siswa.
Namun tantangan yang saya hadapi adalah beradaptasi dengan perbedaan kemampuan siswa. Merancang pembelajaran yang dapat melibatkan semua peserta didik, terutama mereka yang memiliki tingkat pemahaman dan persiapan berbeda, memerlukan fleksibilitas yang besar. Penyesuaian metode, media, dan pendekatan pembelajaran diperlukan agar setiap siswa dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan kemampuannya. Jawaban alternatif:
Prinsip UbD adalah merancang tujuan pembelajaran, merancang penilaian dan merancang kegiatan pembelajaran. Yang pertama berkaitan dengan tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran dapat dikembangkan berdasarkan CP dan disesuaikan dengan keadaan siswa. Kemudian, setelah menyusun tujuan pembelajaran, guru hendaknya merancang penilaian sebagai tolak ukur tujuan pembelajaran yang telah diidentifikasi.
Untuk memenuhi tujuan dan penilaian, guru harus merencanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa secara tepat. Tantangan yang dihadapinya adalah merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan memenuhi beragam kebutuhan siswa. Jawaban alternatif:
Prinsip-prinsip UbD dapat membantu saya sebagai guru untuk merancang pembelajaran yang efektif.
UbD merupakan suatu kerangka yang fokus pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Prinsip utamanya adalah desain mundur, dimana guru memulai dengan mengidentifikasi tujuan akhir yang ingin dicapai siswa, kemudian merancang penilaian untuk mengukur pencapaian tersebut, dan baru kemudian merancang kegiatan pembelajaran.
Berikut beberapa cara UbD membantu:
A. Fokus pada pemahaman: UbD mendorong guru untuk merancang pembelajaran yang fokus tidak hanya pada menghafal fakta, tetapi juga pada pemahaman konsep yang mendalam. Siswa diajak untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan apa yang telah dimilikinya.
B. Relevansi: Dengan menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan relevan dengan kehidupan nyata siswa, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menarik.
C. Penilaian yang Bermakna: Penilaian dirancang untuk mengukur pemahaman siswa secara keseluruhan, bukan hanya hafalan. Hal ini memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik yang lebih baik kepada siswa.
D. Kegiatan pembelajaran terfokus: Setiap kegiatan pembelajaran dirancang dengan tujuan yang jelas dan terukur agar tidak ada kegiatan yang sia-sia.
E. Partisipasi Mahasiswa: UbD mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif baik dalam mencari jawaban maupun mengevaluasi hasil pembelajaran.
*) Disclaimer: Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Topik 1 PPG 2024: Menerapkan Prinsip Pemahaman Desain dalam Pembelajaran Artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang mengambil PPG Daljab 2024 untuk mengerjakan PMM.
(Tribunevs.com/Sri Juliati)