geosurvey.co.id – Demikian tanggapan cerita refleksi pada Modul 1 Topik 2 Perencanaan Keberagaman Pembelajaran di PPG 2024.
Modul 1, Judul 2; Pada PPG 2024, guru diminta menyelesaikan cerita refleksi tentang perencanaan pembelajaran yang berbeda dalam mengajar tidak kurang dari 50 kata.
Soal Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2 PPG 2024 : Sebelum menutup sesi tentang topik ini, Jelaskan pengalaman Anda sebagai guru dalam menciptakan pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan cerita reflektif. Diskusikan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang tepat di kelas Anda sehingga Anda dapat mempertimbangkan penerapan tujuan pembelajaran.
Cerita reflektif Modul 1 Topik 2 muncul di platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru mengikuti pelatihan PPG untuk guru yang ditetapkan pada tahun 2024.
Guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini untuk merujuk pada refleksi cerita pada Modul 1 Topik 2 PPG 2024.
Untuk lebih jelasnya, Berikut contoh tanggapan cerita reflektif Modul 1 Topik 2 Perencanaan Pembelajaran Diferensiasi. Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2: Mengembangkan Soal Pembelajaran Diferensiasi:
Jelaskan pengalaman Anda sebagai guru dalam menciptakan pembelajaran yang berbeda melalui narasi reflektif sebelum mengakhiri sesi Anda mengenai topik ini. Diskusikan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang tepat di kelas Anda sehingga Anda dapat mempertimbangkan penerapan tujuan pembelajaran. Referensi Jawaban:
Setelah mempelajari diferensiasi dan UbD, konten pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda; Menyadari pentingnya mengadaptasi proses dan produk. Mengintegrasikan diferensiasi dan UbD memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan efektif. Namun, saya perlu memperdalam pemahaman saya tentang penerapan praktis di kelas.
Setelah membaca dan menonton video tersebut, Pemikiran saya tentang topik ini adalah bagaimana merencanakan program pembelajaran yang berbeda yang penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tantangan ini membuat saya berpikir tentang bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan seluruh siswa, namun juga mendorong mereka untuk mencapai tujuan pembelajarannya.
Namun, Untuk mencapai tujuan ini, kemampuan Saya juga menyadari perlunya mengakomodasi perbedaan individu di kelas saya berdasarkan minat dan gaya belajar.
Langkah 1: Kumpulkan informasi Anda.
Studi, Saya mengumpulkan informasi melalui diskusi dan tes diagnostik awal.
Langkah 2: Tentukan strategi diferensiasi.
Berdasarkan pengertian tersebut, pembelajaran adalah isi, Diputuskan untuk membaginya menjadi tiga bagian: proses dan produk.
Langkah 3: Integrasikan penilaian formatif.
Saya membuat jurnal reflektif, Umpan balik langsung digunakan untuk memantau diskusi kelas dan kemajuannya. Penilaian ini tidak hanya membantu siswa menilai kemajuan mereka, namun juga memberikan kesempatan untuk meninjau pembelajaran mereka dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
Langkah 4: Refleksi dan Penyesuaian
Setelah menyelesaikan satuan studi; Saya meninjau efektivitas strategi diferensiasi yang saya terapkan. Jawaban alternatif:
Dalam pengajaran yang berbeda, guru merencanakan pelajaran untuk memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.
Saat kita mengatasi kebutuhan pembelajaran yang berbeda; Tujuan pembelajaran dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.
Perbaikan proses; Produk akhir dan konten, dll. dapat dipelajari secara berbeda dengan 3 modifikasi alternatif.
Dalam diferensiasi proses; Berbagai aktivitas dan strategi untuk mempelajari setiap topik dapat dieksplorasi bersama siswa.
Misalnya, Membuat kelompok berdasarkan tujuan belajar masing-masing siswa.
Dalam diferensiasi produk akhir; Setiap siswa dapat menyajikan hasil belajarnya sesuai dengan minatnya.
Misalnya, video teks, lagu, Presentasi Gambar dll. Dalam keragaman konten; Kita dapat memodifikasi konten pembelajaran untuk setiap siswa. Jawaban alternatif:
Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas melibatkan beberapa langkah penting.
Pertama, kesiapan mengamati dan berinteraksi dengan kebutuhan belajar siswa. Dengan melakukan pemetaan berdasarkan minat dan profil pembelajaran;
Kedua, Isi Hasil pemetaan dijadikan dasar untuk merancang pembelajaran fleksibel yang memenuhi kebutuhan setiap siswa, termasuk perbedaan proses dan produk pembelajaran.
Selain itu, Perlu juga dipertimbangkan bahwa lingkungan pembelajaran inklusif diciptakan untuk mendukung siswa berkebutuhan khusus.
Selain itu, Ada juga penilaian dan refleksi berkala untuk memastikan efektivitas strategi pembelajaran yang dibedakan.
Penyesuaian dilakukan seperlunya untuk memastikan pembelajaran tetap relevan dan memaksimalkan potensi setiap siswa. memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilannya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing; lebih aktif Mereka menjadi antusias. Jawaban alternatif:
Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas melibatkan beberapa langkah penting; Artinya:
Pertama, Pemetaan kebutuhan belajar siswa berdasarkan kesiapan minat dan profil belajar dilakukan melalui observasi dan interaksi.
Kedua, Hasil pemetaan ini menjadi dasar untuk merancang pembelajaran adaptif yang memenuhi kebutuhan setiap siswa. Ini mencakup konten, Hal ini termasuk memastikan keragaman dalam proses dan produk pembelajaran. Kami juga telah menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif untuk mendukung siswa berkebutuhan khusus.
Ketiga, Penilaian dan refleksi rutin dilakukan untuk memastikan efektivitas berbagai strategi pembelajaran. Penyesuaian dilakukan seperlunya untuk memastikan pembelajaran tetap relevan dan memaksimalkan potensi setiap siswa. Jawaban alternatif:
Sebelum pelajaran Profil siswa; minat belajar; Penilaian awal dilakukan untuk mengetahui gaya belajar dan kemampuan awal.
Mengetahui data ini memungkinkan kami membedakan antara konten/proses dan produk yang disesuaikan dengan keberagaman siswa.
*) Disclaimer: Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Topik 2: Perencanaan Pembelajaran Diferensiasi Artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru uji coba PPG Guru 2024 untuk mengerjakan PMM.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)